Tips

Tingkatkan Omzet dengan Analisis SWOT Usaha

06 Jun 2023, Ditulis oleh Alya

Tingkatkan Omzet dengan Analisis SWOT Usaha

Bagi kamu yang punya bisnis, tentunya tak akan berhenti untuk memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan profit. Omzet usaha bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, semisal meningkatkan efektivitas sistem, karyawan, pengelolaan bahan baku, memanfaatkan tren, dan lain sebagainya. Namun untuk mengetahui tepatnya cara meningkatkan omzet ini bisa dengan analisis SWOT usaha. Apa itu analisis SWOT usaha? Simak penjelasan singkat berikut ini yuk!

 

Apa itu Analisis SWOT Usaha?

Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Manfaat analisis SWOT usaha ini antara lain: mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu usaha. Tak terkecuali peluang juga ancaman.

 

Faktor-faktor Analisis SWOT Usaha

Pada dasarnya ada 4 point analisis SWOT usaha yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman. Namun keempat hal tersebut dibagi lagi menjadi dua:

 

Faktor Internal (Kekuatan dan Kelemahan)

Faktor internal analisis SWOT usaha ini menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangan internal suatu usaha. Bisa dilihat dari finansial, sumber daya yang dimiliki, serta sistem yang digunakan.

 

Faktor Eksternal (Peluang dan Ancaman)

Faktor eksternal yang mempengaruhi usaha bisa dijadikan peluang ataupun ancaman. Hal ini ditentukan dengan tren, kondisi lingkungan, budaya masyarakat, politik, hingga hukum setempat yang berlaku. Semua ini dianalisis dengan analisis SWOT usaha.

 

Cara Analisis SWOT Usaha

 

1. Diskusi dengan Anggota Tim

Sebagai owner, kita agak kesulitan mengurus keseluruhan aspek bisnis kita. Apalagi jika bisnis sudah berkembang, paling tidak kita menugaskan orang dan memantau dari jauh. Akan tetapi, kita bisa diskusi dengan anggota tim yang kita tugaskan.

Diskusi ini berguna untuk mengetahui hal-hal detail yang mereka kerjakan. Bisa dibilang, ini adalah tahap mencari data dalam analisis SWOT usaha.

 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Newsletter untuk Bisnis

 

2. Buat List Pertanyaan untuk Dijawab

Buat list pertanyaan analisis SWOT usaha. Kamu bisa melihat contoh pertanyaannya di bawah ini:

Analisis SWOT Usaha Kekuatan:

Apa hal yang paling menentukan yang menopang perusahaan?

Keunggulan kita dibanding kompetitor apa?

 

Analisis SWOT Usaha Kelemahan:

Apa kelemahan utama perusahaan ini?

Bagaimana mengatasi kelemahan tersebut?

 

Analisis SWOT Usaha Peluang:

Bagaimana menemukan peluang untuk mengembangkan bisnis?

Bagaimana cara mengeksekusi ide peluang tersebut agar berhasil?

 

Analisis SWOT Usaha Ancaman:

Apa yang dikerjakan kompetitor yang mengancam usaha kita?

Tren apa yang menghambat penjualan produk?

 

3. Menganalisis Data

Jika sudah melakukan diskusi, membuat list pertanyaan, maka tahapan analisis SWOT selanjutnya adalah mencari data tambahan untuk menjawab list pertanyaan. Kamu bisa menggunakan laporan transaksi penjualan maupun data-data lainnya.


Itulah cara analisis SWOT usaha yang bisa kalian coba terapkan. Jika sudah menemukan jawabannya, jangan lupa untuk langsung eksekusi. Jangan takut-takut. Karena manfaat analisis SWOT ini untuk mengatasi masalah, membuat inovasi, serta ujungnya untuk meningkatkan omzet penjualan.

Kamu juga bisa analisis SWOT usaha menggunakan aplikasi Qasir lho! Kamu bisa menarik dan menganalisis data melalui laporan penjualan lengkap yang ada di aplikasi kami. Semangat usahawan!

#Qasir

 

Share artikel ini