Tips

Tingkatkan Profit Usaha dengan Marketing Tools!

08 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

Tingkatkan Profit Usaha dengan Marketing Tools!

Era digital memudahkan pegiat usaha untuk berjualan. Mulai dari branding, marketing, kini semuanya bisa lebih mudah di zaman 'internet' ini. 

 

Tapi benarkah seperti itu? Tentu saja! Hal ini disokong dengan munculnya berbagai marketing tools yang bisa kalian gunakan. Marketing tools ini bisa membantumu untuk mengelola bisnis yang mana berujung pada peningkatan profit.

 

Apa itu Marketing Tools?

Marketing Tools merupakan teknologi berupa aplikasi yang digunakan untuk membantu mempermudah mengelola bisnis. Entah dalam mempromosikan produk atau jasa hingga menjangkau target pasar.

 

Perbedaan Marketing dan Branding

Pernah tidak sih kalian kebalik menggunakan dua istilah ini? Padahal marketing dan branding adalah dua hal yang berbeda.

 

Marketing adalah proses mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada target jualan kamu. Kamu membutuhkan preferensi pelanggan, menentukan harga, memasarkan produk, dan manajemen penjualan.

 

Sedangkan branding adalah proses pembentukan identitas perusahaan dari pesaing. Seperti pembuatan nama brand, logo, tagline, citra perusahaan. 

 

Manfaat Menggunakan Marketing Tools untuk Jualan

 

Kalau tadi sudah kita bahas mengenai kegunaan marketing tools secara garis besar, nah di sini akan dijabarkan lebih detail mengapa kalian harus menggunakannya!

 

1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Ketika kita menggunakan media sosial, email, ataupun iklan berbayar di internet, kita bisa menjangkau audiens yang lebih luas tanpa harus kenalan secara langsung. Sehingga jangkauan pasar kalian juga meluas.

 

2. Meningkatkan Tingkat Konversi

Maksudnya meningkatkan tingkat konversi tuh apa sih? Yaitu jumlah pengunjung yang masuk website kamu dan melakukan 'action' seperti membeli produk, mendaftar newsletter, hingga mengisi formulir. Jika semakin tinggi tingkat konversinya, maka usahamu semakin cuan.

 

3. Analisis Data

Marketing tools untuk analisis data pemasaran ini bisa kalian gunakan untuk memperbaiki strategi pemasaran, yang mana bisa meningkatkan profit juga lho!

 

4. Pemantauan dan Pengelolaan Konten

Menggunakan sosial media saja tidak cukup. Kita bisa memaksimalkannya dengan menggunakan social media marketing tools untuk memantau social media brand kita. 

 

5. Personalisasi Pemasaran

Konten promosi yang personal, mampu membuat pelanggan merasa spesial. Di sinilah marketing tools untuk membuat newsletter dengan tujuan membuat email personal untuk dikirimkan ke pelanggan kamu.

 

Jenis-jenis Marketing Tools untuk Bisnis

Ada beberapa jenis marketing tools yang bisa kalian manfaatkan.

 

1. Email Marketing Tools

Apakah bisnis kalian ingin membuat newsletter melalui email pelanggan? Gunakan email marketing tools seperti Mailchimp, Constant Contact, atau Aweber untuk mengirimkan email massal. Kalian juga bisa melacak hasilnya agar datanya bisa digunakan untuk strategi bisnis ke depannya lho!

 

2. Social Media Marketing Tools

Social media marketing tools ini adalah sebuah aplikasi yang bisa memantau, menganalisis, hingga memposting konten di media sosial kalian. Kalian juga bisa mengecek kompetitor. Contoh social media marketing tools yang bisa kalian gunakan adalah Hootsuite, Sprout Social, dan Buffer.

 

3. Analytics Tools

Ingin mengetahui interaksi pemasaran kalian di internet? Menganalisis lalu lintasnya? Cek dengan marketing tools seperti Google Analytics, Adobe Analytics, hingga Piwik!

 

4. Ad Management Tools

Ad management itu apa? Ketika kita ingin menjangkau lebih banyak orang, tentu saja kita akan memasang ads (iklan) di internet. Nah, cara membuat dan mengelola iklan berbayar ini bisa dengan marketing tools seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Bing Ads.

 

5. Content Marketing Tools

Sudah buat konten susah-susah, tapi kurang optimal di mesin pencarian? Gunakan content marketing tools seperti SEMrush, Moz, atau Ahrefs saja!

 

6. Landing Page Builders

Marketing tools yang satu ini digunakan untuk membuat dan memperbaiki landing page dalam website. Kalian bisa mengoptimalisasi konversi, membuat halaman dengan mudah, custom visual, analisis data, dan juga terintegrasi dengan aplikasi lain dengan landing page builders. Contoh aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Unbounce, Leadpages, dan Instapage.

 

Kini memasarkan produk ke audience yang lebih luas jadi mudah dengan berbagai marketing tools yang bisa kalian coba. Ada satu lagi nih aplikasi yang bisa mempermudah kalian dalam mengelola usaha, namanya Qasir aplikasi POS terlengkap dengan harga termurah di kelasnya.

 

Kalau kalian sudah pakai jangan lupa kasih review ya! ;)

 

#Qasir

Share artikel ini