Edukasi

15 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil dan Menjanjikan

09 May 2023, Ditulis oleh Alya

15 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil dan Menjanjikan

Sebagai ibu rumah tangga, tentunya tidak mudah mengatur waktu untuk mengurus anak, rumah, dan diri sendiri. Sehingga tidak sedikit para ibu rumah tangga yang memilih bekerja di rumah, agar bisa disambi dengan kerjaan lainnya.

Ada banyak sekali jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba. Hampir keseluruhan usaha untuk ibu rumah tangga ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Sebelum kita rangkum beberapa jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Simak terlebih dahulu cara agar ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang yuk!

 

Bagaimana Cara Ibu Rumah Tangga Menghasilkan Uang

Mencari pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga ini memang tricky. Namun akan selalu ada jalan agar kamu bisa terus berpenghasilan. Bisa dengan mencari pekerjaan yang fleksibel dan bisa dikerjakan di rumah, atau membuka usaha sampingan. Apalagi sekarang ada internet yang memudahkan kita mencari penghasilan tambahan, sehingga bisa mendapatkan pekerjaan atau menjalankan usaha secara online.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, bisa dengan membuka platform lowongan kerja seperti di Linkedin, freelancer.com, remote.co, dan lain sebagainya. Kalau berniat memulai sebuah usaha, bisa dengan dimulai menjualnya ke komunitas terdekat kamu seperti tetangga.

Nah untuk lebih lengkapnya, lihat usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok di bawah ini ya!

 

15 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

 

1. Freelance Writer (Penulis Lepas)

Saat ini ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang memungkinkan untuk dikerjakan di rumah. Salah satunya adalah freelancer writer. Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini sangat cocok untuk dicoba, apalagi untuk kamu yang gemar menulis. Kamu bisa mencoba beberapa platform untuk mencari pekerjaan menulis yang remote melalui google.

 

2. Content Creator

Tak hanya menulis, kamu bisa menjadi content creator di berbagai bidang yang kamu sukai. Seperti memasak misalnya. Content creator ini merupakan usaha untuk ibu rumah tangga yang tidak memerlukan waktu kerja yang khusus.

Kamu bisa memanfaatkan social media untuk terus konsisten meng-upload hasil karyamu. Pada awalnya memang sulit, namun jika sudah settle kamu akan mudah mendapatkan banyak brand yang membutuhkan jasamu lho!

 

3. Mengikuti Survei Online Berbayar

Kendati kedengaran tidak lazim, namun usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini lumayan menguntungkan. Apalagi jika sering kamu lakukan. Biasanya survei ini diadakan oleh akademisi, seperti mahasiswa yang sedang menjalani skripsi atau pemerintah. Namun pastikan kamu berhati-hati dalam mengisinya ya! Karena ada banyak sekali penipuan yang mengambil data pribadi kamu.

 

4. Guru Les Privat Online

Les privat merupakan jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang tidak perlu membutuhkan kehadiran 8 jam/hari. Kamu hanya perlu bekerja di jam-jam yang sudah ditentukan. Selain fleksibel, bisa memberikan dampak yang baik karena mengedukasi anak-anak Indonesia.

 

5. Jualan Baju Muslim

Baju muslim merupakan bisnis yang masih banyak sekali peminatnya. Tentu saja hal ini dipengaruhi dengan mayoritas penganut Islam yang ada di Indonesia. Usaha untuk ibu rumah tangga ini bisa kamu jalankan tanpa outlet offline. Kamu bisa menggunakan internet untuk berjualan online dari rumah kamu.

 

6. Jualan Aksesoris Wanita

Di kalangan ibu-ibu tentu saja punya anak perempuan, yang mana kebutuhan mereka ini bisa kita jadikan peluang usaha. Usaha untuk ibu rumah tangga ini juga bisa kamu kerjakan di rumah, dan memanfaatkan koneksi ibu-ibu sekitar. Seperti ibu-ibu PKK dan arisan.

 

7. Jual Hidangan ala Rumahan

Apakah kamu punya hobi dan bakat untuk memasak? Yuk manfaatkan keduanya untuk membuat bisnis! Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini bisa kamu atur menunya sesuai mood kamu.

Namun, ada baiknya menjual sesuatu yang konsisten dan simple, sehingga kamu tidak keteteran. Beberapa makanan yang bisa kamu jual adalah lauk pauk, catering, dan jajanan seperti brownies fudgy.

 

8. Jus dan Minuman Pop Ice

Usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan di rumah saja, adalah usaha jus dan minuman Pop Ice. Tak hanya anak-anak, minuman-minuman tersebut banyak peminatnya dari kalangan orang dewasa.

Pastikan lokasinya strategis dan bisa dilihat orang. Punya lokasi yang tidak strategis? Aman, gunakan saja platform jualan online seperti GoFood, GrabFood, hingga Shopee Food.

 

9. Jualan Frozen Food

Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini pernah booming saat musim pandemi. Tak disangka, ternyata meskipun pandemi sudah selesai, bisnis frozen food banyak peminatnya. Kamu bisa lho stock berbagai macam lauk, daging, steambot, untuk dijual kembali. Kalau mau cuan meningkat tajam, harus ada sedikit effort untuk mencari supplier yang murah dan berkualitas.

 

10. Jualan Jajanan Sekolah

Kalau rumah kamu dekat dengan sekolah, atau dilewati oleh anak-anak yang pulang sekolah, maka usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini cocok untuk kamu. Konon jualan jajanan sekolah ini merupakan bisnis yang perputaran modalnya cepat.

Selain bisa dikerjakan di rumah, kamu bisa cuan cepat juga! Apa aja sih jajanan yang bisa dijual? Kamu bisa menjual sosis-sosisan, makanan kemasan yang dijual eceran, gorengan, roti, pisang coklat dingin, es lilin, dan lain sebagainya.

 

11. Bisnis Pulsa

Kata siapa semua orang sudah bisa beli pulsa secara online? Ada banyak sekali orang yang masih membeli pulsa secara offline. Nah, kalau belum maka kamu harus mencobanya. Karena cocok untuk dijadikan usaha untuk ibu rumah tangga. Waktunya fleksibel, sedikit tenaga, dan bisa dikerjakan dari rumah saja.

 

12. Daster

Daster merupakan jenis baju yang sangat nyaman dan digemari oleh ibu-ibu. Bagaimana tidak, jenis baju ini praktis dan adem. Dari produknya saja sudah dijamin akan disukai ibu-ibu, kini saatnya kamu mencobanya menjalankan bisnisnya juga.

Apalagi usaha yang satu ini bisa kamu kerjakan dari rumah, asalkan sudah menemukan supplier daster yang mantap. Mantap dari segi harga dan kualitasnya. Manfaatkan ibu-ibu di sekitar kamu sebagai target pasar sekaligus media promosi dari mulut ke mulut.

 

13. Usaha Jasa Jahit

Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini membutuhkan bakat untuk menjahit. Jika kamu mempunyai bakat ataupun pengalaman menjahit, maka usaha ini harus kalian coba. Ada banyak sekali usaha untuk ibu rumah tangga dari jasa jahit ini.

Kamu bisa membuka jasa jahit untuk baju biasa, sarung bantal, kerudung, hingga baju boneka. Tentu saja bisa kamu kerjakan di rumah, dan deadlinenya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan kamu.

 

14. Reseller

Bisnis yang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan cocok untuk ibu-ibu. Yup, reseller merupakan usaha untuk ibu rumah tangga yang layak untuk kamu jalankan. Kamu dapat menjual produk dari brand terkenal hanya dari rumah. Tertarik untuk mencobanya?

 


15. Toko Kelontong

Ada banyak sekali alasan kenapa toko kelontong ini masih laris di tengah serbuan minimarket. Salah satunya adalah karena dekat dengan pemukiman, sehingga mudah dijangkau orang.

 

 

Rupanya ada banyak sekali usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di rumah ya. Apalagi waktunya fleksibel dan bisa dikerjakan sambil mengurus anak yang masih kecil. Kamu pernah atau mau mencoba bisnis yang mana nih?

#Qasir

 

Share artikel ini