Inspirasi

Kegiatan Seru Biar Nggak Mati Gaya Saat Social Distancing

03 Apr 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Kegiatan Seru Biar Nggak Mati Gaya Saat Social Distancing

 

Social distancing dan physical distancing (jaga jarak sosial dan jaga jarak fisik) mau tidak mau membuat kita harus tetap di rumah dan tidak bisa ke mana-mana. Bagi kamu yang terbiasa memiliki mobilitas tinggi dan sering bertemu banyak orang, ini tentu menjadi tantangan tersendiri buatmu. Minggu pertama sih masih oke, minggu-minggu selanjutnya, rasa bosan dan mati gaya mulai menghantui. Tapi kamu tidak sendiri.  Kondisi serupa juga terjadi pada para pemilik usaha dan orang-orang yang tetap harus bekerja di tokonya. 

Social distancing tidak dapat dipungkiri juga membuat para usahawan memiliki banyak waktu kosong karena jumlah kunjungan konsumen yang merosot tajam. Tapi jangan sedih ya, apa yang kamu lakukan itu bentuk kepedulian kamu pada dunia lho. Dengan mendukung social distancing, berarti kamu sudah membantu membatasi penyebaran virus corona COVID-19. Meski itu berarti kita semua akan menghabiskan banyak waktu di rumah. Nah, biar nggak mati gaya dan tetap bahagia, kamu bisa melakukan kegiatan yang ada di daftar ini:

1. Pelajari Keterampilan Baru

Sudah lama ingin belajar menggambar sketsa wajah atau belajar mewarna dengan cat air, tapi waktunya belum juga tesedia? Atau...ingin bisa menyulam, tapi gagal terus karena kegiatan ini membutuhkan banyak waktu--yang sangat susah didapatkan di sela-sela jadwal kerja. Kalau begitu, inilah waktunya! Pelajari keterampilan apa pun yang belum sempat kamu lakukan karena alasan waktu. Belajar main gitar juga bisa, lho. untuk keterampilan yang satu ini, kamu bisa kunjungi situs Guitar Tabs atau 911 Tabs

2. Maksimalkan Sosial Media

Dari pada hanya stalking kehidupan orang lain, akan lebih berfaedah jika kamu mulai membuat konten-koten yang bagus dan membangun di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Selain membantu orang lain, ini juga bisa membuat hatimu sedikit terobati dari rasa bosan. Terlebih kalau kamu punya usaha, ini saatnya merapikan media sosial bisnis kamu. Kamu bisa tinjau lagi cara marketing kamu selama ini. Masukkan foto-foto menarik produk dan layanan kamu agar medsos bisnis kamu jadi menarik dan menggugah pembeli. Jika perlu gunakan aplikasi tambahan agar feed kamu makin keren. Bisa jadi kunjungan ke toko memang berkurang, tapi justru pembelian secara online yang meningkat. 

3. Bersihkan Lebih Detail

Bersihkan di sini bukan hanya perkara menyapu, ngepel, atau membersihkan debu dengan kemoceng ya. Tapi lebih detail lagi: atur lemari pakaian kamu (atau lemari stok di toko), bersihkan kuas make-up, buang obat-obatan dan produk kadaluarsa yang masih ada di rak, dan sortir pakaian yang sudah jarang dipakai. Pisahkan barang yang masih kamu gunakan dan yang akan kamu buang ataupun donasikan. Tata barang-barang dengan lebih rapi seperti yang dilakukan Marie Kondo. Selain menghilangkan kebosanan, kegiatan ini juga membuat kondisi rumah (atau toko) jadi lebih bersih dan sehat. Setuju?

4. Pecahkan Teka Teki

Kapan terakhir kali kamu bermain puzzle atau teka-teki? Waktu masih sekolah dulu? Teka-teki memang membutuhkan waktu dan konsentrasi, itu mengapa orang yang sudah bekerja tak lagi punya banyak waktu untuk berain teka-teki ataupun puzzle. Tapi kamu kan punya banyak waktu sekarang, jadi mengapa tidak? Makin seru lagi, kalau kamu bermain puzzle dengan mengajak orang rumah. Waktu berjam-jam pun tidak akan terasa membosankan lagi. Kamu bisa mulai dengan puzzle sederhana dulu sebagai awalan.

5. Main Tik Tok

Tik Tok berhasil pada banyak orang, jadi apa kamu tidak penasaran untuk mencobanya juga? Kita semua tahu karya orang-orang di Tik Tok sangat lucu. Kami kasih tahu rahasia, awalnya memang kelihatan menggelikan, tetapi begitu kamu mulai, kamu tidak akan bisa berhenti, lho. Percaya deh, ini adalah cara yang asyik untuk menghabiskan waktu sekaligus cara membuat badanmu bergerak di siang hari, atau malam hari. Kapan saja ketika rasa bosan itu datang. Cari tahu cara membuat Tik Tok untuk pemula, kalau kamu masih bingung.

6. Eksperimen dengan Make Up

Banyak waktu di rumah sangat tepat untuk mengeluarkan semua alat make up kamu. Coba paduan warna eye-shadow baru atau mix warna lipstik yang ada. Kalau bingung, ikuti gaya make up selebriti favorit kamu. Siapa tahu setelah masa pandemi berakhir kamu bisa buka jasa Make Up Artist?

7. Olah Raga

Jangan kalah dengan kemalasan. Bayangkan jika tidak mulai berolah raga, begitu pandemi berakhir, badanmu akan jadi melar. Huhuhu sereeeem. Justru mulailah bergerilya membentuk bagian-bagian tubuh yang ingin kamu perbaiki. Mulai dengan yang mudah-mudah dulu sepeti push up, plank, jumping jack atau sit up. Kalau mau lebih terpola lagi, ikuti program olah raga yang banyak ada di YouTube. Lihat betapa kamu akan puas dengan hasil usahamu, yang penting konsisten.

8. Coba Menu Baru

Memasak itu menimbulkan rasa ketagihan. Bukan hanya bagi beberapa orang saja. Kamu juga, kalau kamu mencobanya. Sekarang banyak sekali resep dan tutorial memasak yang mudah  di internet. Kamu juga bisa lho, coba memasak makanan yang biasanya hanya bisa kamu beli di resto. Bisa jadi rasanya lebih enak. Dan siapa tahu, gara-gara mencoba resep baru, akhirnya melahirkan ide membuat usaha kulinermu sendiri. Yaaah, namanya juga usahawan, otaknya tetep bisnis ya. 

9. Memotret Hal Menarik di Sekitar Rumah

Kalau kamu punya hewan peliharaan di rumah, coba sesekali jadikan objek foto. Atau kalau ibumu hobi merawat tanaman, sesekali ambil gambar koleksi tanamannya. Manfaatkan suasana pencahayaan alami seperti di jam-jam golden hour di waktu sore yang tidak pernah kamu dapatkan di hari biasanya karena kesibukan kerja dan jalan-jalan di waktu weekend. Gunakan juga peralatan seadanya yang ada di rumah. Lihat saja, hasilnya akan sangat AMAZING.

10. Cari Ilmu dari YouTube

Puaskan rasa penasaran kamu akan satu ilmu pengetahuan ataupun bidang-bidang tertentu di waktu-waktu seperti ini. Orang-orang ada yang suka membaca, kalau kamu nggak suka, jangan sedih, kan ada YouTube. Berselancarlah sepuas-puasnya, tonton webinar ataupun talkshow yang memberi banyak masukan bagus untuk menambah wawasanmu. Temukan ilmu-ilmu baru di dalamnya, lalu sadarilah betapa dunia luas dan banyak sekali wawasan baru yang belum kamu ketahui. Seru!

11. Main Seolah-olah

Main “Seolah-olah” hanya membutuhkan sedikit properti namun banyak imajinasi. Misalnya, sementara belum bisa hiking bersama keluarga, buka tenda di teras depan rumah. Atau pasang hammock. Berdandanlah seolah kamu lagi jalan-jalan ke alam bebas. Ajak juga keluarga biar permainan ini semakin seru. Jangan lupa buat foto dan post di instagram kamu supaya orang lain bisa ikutan terilhami. 

12. Membaca

Buat para penggila buku, saat di rumah aja atau masa social distancing begini bikin mereka punya banyak kesempatahn untuk melahap buku-buku. Gimana buat yang tidak terlalu suka baca? Justru inilah poinnya: tantang dirimu untuk mulai membaca.  Pertama dipaksakan, kedua dibiasakan, lama-lama kegiatan membaca akan bisa kamu nikmati. Hobi ini sangat bermanfaat lho, jadi tidak ada salahnya dimulai sekarang juga.

13. Nonton TV dan Komentari

Sebelum ada internet, TV jadi semacam dewa penolong bagi siapa saja yang mati gaya. Sekarang ini orang-orang sudah mulai meninggalkan TV. Tapi sebenarnya TV kadang masi seru lho. Coba pilih acara TV yang jarang kamu simak, tapi banyak dibicarakan orang seperti ajang pencarian bakat atau talk show tertentu yang sedang ramai. Ajak keluarga ikut menonton dan jangan ragu untuk berkomentar. Rasakan keseruannya!

14. Permainan Non-Gadget

Ingatkan kembali memori kamu akan serunya bermain monopoli atau ular tangga. Atau permainan-permainan tradisional yang kamu mainkan waktu kecil bersama teman-teman SD kamu. Kalau tidak ada, alternatifnya kamu bisa bermain Uno, catur, atau permainan yang menggunakan kartu. Dijamin waktu akan terasa lebih cepat. Matamu juga beristirahat dari layar smartphone.

15. Maraton Film atau Series

Nontong streaming di rumah dengan Netflix, HOOQ, Viu, Iflix, atau apapun itu bisa menjadi pilihan tepat kamu di situasi sekarang ini. Kalau yang ini, sangat cocok untuk kamu yang sebatang kara di rumah, seperti anak kos atau yang sendirian jaga toko. Nikmati waktu kamu bersama film favoritmu. Biar makin seru, buat daftar film yang akan kamu tonton selama social distancing ini.

16. Conference Call dengan Teman-Teman

Kata siapa social distancing bikin kita jadi nggak bisa berinteraksi dengan teman? Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa tetap terhubung dan ngobrol sambil tertawa dan bercanda dengan teman-teman kamu. Makin kangen makin seru. Jangan lupa screenshot dengan pose konyol dan posting di media sosial sebagai kenang-kenangan masa social distancing. 

17. Mulai Membuat Jurnal

Berada di dalam situasi yang sama setiap hari, wajar saja jika sedikit membuat kamu bosan dan ujung-ujungnya jadi memikirkan banyak hal. Mulai dari kekhawatiran, berbagai rencana, daftar keinginan, dan lain-lain. Tuangkan semua yang kamu pikirkan itu di atas kertas dalam bentuk jurnal harian. Jurnal adalah cara yang bagus untuk tetap positif bahkan di saat-saat yang penuh ketidakjelasan dan agak menakutkan ini.

Apa pun kegiatan yang kamu pilih, pastikan diri kamu berbahagia. Hindari stress dan mengeluh karena kedua hal itu selain hanya menyusahkan hati, juga bisa menurunkan imunitas tubuh. Tetap sehat, tetap semangat, dan tetap produktif ya.

#Qasir

Share artikel ini