Studi Kasus

15 Ide Bisnis Usaha yang Diprediksi Laris Tahun 2023

17 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

15 Ide Bisnis Usaha yang Diprediksi Laris Tahun 2023


Mumpung masih terhitung awal tahun 2023, selain bikin resolusi yang belum tentu kita jalani, bisa nih kita buat usaha 2023. Ada beberapa jenis bisnis yang cocok baik untuk pemula maupun yang ingin menambah bidang bisnis lain. 

 

Nah, bagi kalian yang baru mau merencanakan usaha 2023, atau sudah membuatnya dan ingin mengecek apakah bisnis yang akan kalian jalankan masuk. Bisa mengecek ide usaha 2023 di bawah ini ya!

 

 

15 Ide Bisnis Usaha 2023

 

Ide bisnis usaha 2023 ini diprediksi akan laris karena melihat beberapa tren. Pertama pesatnya kemajuan teknologi, efek pasca pandemi, serta usaha yang settle yang akan terus laris ke depannya. Simak ide usaha 2023 ini yuk!

 

 

1. Bisnis Membuat Website

 

Di era digital seperti sekarang, ide bisnis tidak jauh-jauh dari internet. Salah satu usaha 2023 yang diprediksi akan laris adalah bisnis membuat website. 

 

Pergeseran tren dari belanja konvensional ke toko, mulai bergeser ke belanja online. Sehingga sebagai pengusaha, kita berusaha memfasilitasi pelanggan untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja online mereka. Salah satunya dengan membuat website.

 

2. Bisnis Katering

 

Bisnis katering merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak terikat oleh waktu. Permintaan akan layanan catering akan selalu ada.

 

Belum lagi jika ada tren rasa atau jenis masakan, bisa disesuaikan. Tak heran bisnis katering ini adalah salah satu ide usaha 2023 yang harus kalian coba!

 

3. Bisnis tour and travel

 

Selama pandemi, bisnis tour and travel sempat menurun. Namun, pasca pandemi berakhir orang seperti 'balas dendam' untuk berwisata atau pergi ke mana saja. Kalian bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ide usaha 2023 lho!

 

4. Bisnis kosmetik dan skincare

 

Semakin meleknya orang akan merawat kulit dan terlihat 'cakep', pastinya bisnis kosmetik dan skincare ini akan selalu laris manis. 

 

Hanya ide usaha 2023 yang satu ini, akan banyak persaingan baik dari brand-brand lokal maupun internasional. Karena itu, kalian harus membuat plan branding dan marketing yang matang sebelum eksekusi ya!

 

 

5. Bisnis Fashion

 

Ide bisnis yang akan good to go untuk usaha 2023 ini adalah fashion. Bisnis ini tidak jauh berbeda dengan catering, tidak terbatas oleh waktu dan fleksibel. 

 

6. Bisnis Jasa Desain

 

Ide usaha 2023 yang bisa kalian coba adalah bisnis desain. Tak hanya desain offline seperti baju, banner, brosur, dan sebagainya. Sekarang, imbas dari majunya teknologi, merambah ke desain untuk produk-produk online. Seperti desain gambar Instagram, desain website, desain ilustrasi ads.

 

7. Bisnis Toko Kelontong dan Sembako

 

Toko kelontong dan sembako memang selalu memiliki peluang dan juga tak terikat zaman. Bisnis ini bisa dijadikan ide usaha 2023, karena akan selalu ada peminatnya. 

 

8. Bisnis Fotografi

 

Kamu suka foto-foto? Bisnis fotografi ini bisa kalian coba sebagai ide usaha 2023! Karena bisnis ini memiliki peluang yang tinggi untuk berkembang di berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan sebagainya. 

 

9. Bisnis Penyewaan Peralatan Bayi

 

Berawal dari pemahaman bahwa bayi hanya butuh waktu sebentar untuk tumbuh besar, maka banyak orang tua yang merasa cukup menyewa peralatan bayi daripada membelinya. Kalian bisa menggunakannya sebagai ide usaha 2023. Karena tren ini akan semakin berkembang setiap tahunnya.

 

10. Bisnis Jasa Pengajaran Online 

 

Apakah kalian mahasiswa yang suka part time untuk mengajar bimbel di sela-sela kuliah? Pasca pandemi, orang-orang menyadari bahwa pengajaran online ternyata sangat praktis, sehingga demandnya tinggi. Kalian bisa menjadikan ini sebagai ide usaha 2023 lho!

 

 

11. Bisnis jasa titip

 

Suka jalan-jalan tapi ingin tetap cuan? Bisnis jasa titip ini kembali trending setelah sempat redup pasca pandemi, sehingga cocok untuk dijadikan ide usaha 2023.

 

Meningkatnya pariwisata, membuat orang lebih banyak posting mengenai produk A, B, atau C yang hanya ada di tempat tersebut. Kalian bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis jastip ini.

 

12. Bisnis Barang Bekas

 

Selain catering dan fashion, ide usaha 2023 yang diramal akan tetap laris karena tidak terkekang oleh zaman adalah bisnis barang bekas. Tertarik untuk mencoba bisnis preloved ini?

 

13. Bisnis Barbershop

 

Siapa sih yang tidak butuh 'cukur rambut'? Terutama di zaman modern, yang mana banyak sekali tren model rambut. Karena itulah, bisnis barbershop ini harus kalian jalankan karena memiliki peluang sebagai usaha 2023 yang diprediksi cuan!

 

14. Bisnis Wedding Organizer

 

Saat pandemi, wedding organizer sempat 'seret'. Namun pasca pandemi, banyak orang yang mulai merayakan pernikahannya besar-besaran. Melihat tren pasca pandemi ini, bisa dipastikan wedding organizer adalah ide usaha 2023 yang akan untung!

 

15. Bisnis Buket Bunga

 

Sama seperti wedding organizer dan bisnis tour and travel, bisnis buket bunga ini akan kembali berjaya. Apalagi sejak maraknya wisuda offline serta perayaan ulang tahun dan pernikahan. Pastikan kamu menjalankannya sebagai ide usaha 2023 ya.

 

16. Buah-buahan

 

Jualan buah-buahan akan selalu longlast hingga kapan pun. Apalagi buah ini bisa dibuat berbagai produk seperti selai dan jus.

 

17. Pet Shop

 

Tren untuk memelihara hewan sepertinya terus meningkat ya. Kalian bisa mencoba bisnis pet shop lho. Tapi pastikan yang manusiawi ya! 

 

18. Mainan Anak

 

Selama ada anak-anak, maka bisnis mainan anak ini menjadi ide usaha 2023 yang patut untuk dicoba!

 

19. Rental Mobil

 

Meningkatnya pariwisata membuat mobilitas orang dengan menggunakan transportasi pun meningkat juga. Kalian bisa nih mencoba rental mobil dengan harga bersaing.

 

20. MUA

 

Orang-orang sudah mulai menggelar pernikahan besar-besaran? Yuk yang suka dandan dan beauty enthusiast, bisa nyobain membuka bisnis MUA!

 

21. Dropshipper

 

Bisnis yang tidak butuh modal banyak dan cocok untuk jadi usaha 2023 yang worth to try. Yup, dropshipper! Dropshipper merupakan perantara antara pembeli dan penjual, yang mana pelanggan akan membeli di dropshipper, yang kemudian akan diserahkan ke produsen untuk diproses. 

 

22. Hampers

 

Hampers merupakan salah satu usaha 2023 yang harus kalian coba. Karena hampers akan selalu ada permintaan selama ada acara spesial. Orang kerap memberikan hampers untuk acara spesial seperti lebaran, natal, kerjasama perusahaan, dan lain-lain.

 

23. Frozen Food

 

Bisnis ini sempat berkembang pesat saat pandemi 2019 kemarin. Hal ini dikarenakan bisnis ini tinggi demand-nya, gampang distok, serta jenis makanan yang tahan lama. 

 

24. Fotocopy

 

Seringkali disuruh fotokopi dokumen, atau printing? Kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Bisnis fotocopy ini masih menjadi salah satu jenis bisnis yang layak untuk kalian coba sebagai ide usaha 2023.

 

25. Franchise

 

Brand besar yang sudah terkenal, bisa lho kita buat franchise outlet atau bahasa lainnya adalah waralaba. Kalian jadi tidak perlu usaha keras untuk meningkatkan brand awareness. Kalau brand awareness sudah ada, maka tidak sulit mencari pelanggan.

 

26. Reseller

 

Sama seperti franchise, reseller merupakan salah satu bisnis yang selain diprediksi cuan sebagai ide usaha 2023. Kamu juga tak perlu susah payah meningkatkan brand awareness. Karena hanya menjual kembali produk-produk dari brand yang sudah ada. 

 

27. Snack Ringan Kiloan 

 

Terdengar sederhana, tapi keuntungannya berlipat ganda. Di tahun 2023, bisnis ini masih memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan, snack kiloan biasanya memiliki harga yang lebih murah untuk jumlah yang banyak. 

 

28. Kaos PO

 

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian casual yang nyaman digunakan, baik saat berjalan-jalan santai maupun saat bersantai di rumah. Maka, tidak heran jika bisnis kaos PO ini masih jadi usaha 2023 yang oke buat dijalani!

 

29. Warung Kopi

 

Membuka bisnis warung kopi di dekat area yang padat pekerja, merupakan salah satu bisnis yang diprediksi cuan di tahun ini!

 

30. Penjahit

 

Ingin buat baju yang tidak mainstream, baju bolong, menjahitkan seragam? Orang masih membutuhkan penjahit!

 

31. Translator

 

Meskipun kemajuan teknologi bisa membantu kita menerjemahkan sesuatu dengan teknologi AI, tentu saja butuh orang yang bisa berbahasa asing dengan luwes, tidak kaku, dan tidak harfiah sekali seperti translator ini!

 

32. Videografer

 

Jago ngedit video? Maka kalian harus coba bisnis videografer ini! Kalian bisa membuat video untuk pernikahan, perjalanan, dan lain sebagainya. Jangan lupa kumpulkan portfolio ya!

 

33. Minuman Dingin Kekinian

 

Minuman dingin kekinian masih menjadi salah satu ide usaha 2023 yang banyak peminatnya lho!

 

34. Aksesoris

 

Selama fashion masih berjalan, maka berjualan aksesoris masih menjanjikan!

 

35. Cetak Foto Polaroid

 

Karena harga kamera polaroid cukup mahal, terutama dalam mengisi ulang kertasnya. Apalagi, jika fotonya gagal dan sudah terlanjur tercetak. Maka, banyak sekali orang yang memesan foto polaroid dengan foto yang sudah ditentukan.

 

 

Setelah membaca peluang ide usaha 2023 di atas, apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Pastikan kalian menggunakan Qasir untuk mempermudah usahanya ya! Good luck!

 

#Qasir

 

 

Share artikel ini