Tips

10 Cara Meningkatkan Pendapatan Bisnis Sablon

16 Jun 2023, Ditulis oleh Alya

10 Cara Meningkatkan Pendapatan Bisnis Sablon

Bisnis sablon merupakan salah satu bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Pasalnya bisnis ini selalu dibutuhkan kapan pun, selama orang ingin membuat ilustrasi ataupun pattern pada pakaian. Tak hanya itu, bisnis sablon juga seringkali digunakan untuk membuat seragam suatu komunitas ataupun momen besar. Seperti momen pemilu 2024 misalnya. Jika kamu baru mau atau sudah mempunyai bisnis sablon, maka kamu harus lihat 10 tips meningkatkan cuan berikut!

 

1. Buat Strategi Pemasaran sebelum Memulai Bisnis Sablon

Sebelum memulai bisnis apa pun, sebaiknya kamu memang sudah memetakan strategi. Tak terkecuali bisnis sablon. Kamu perlu mengetahui lokasi, distribusi, supplier, karyawan, target marketing, dan rencana penjualan ke depan. Pastikan rencananya matang dan sudah mempertimbangkan keseluruhan aspek. Tidak perlu terlalu sempurna, jika merasa sudah cukup langsung saja memulai bisnis sablon ini ya!

Baca juga: Tingkatkan Omzet dengan Analisis SWOT Usaha

 

2. Berikan Kualitas Terbaik

Meningkatkan loyalitas pelanggan itu bisa dari apa saja, salah satunya dengan memberikan kualitas terbaik. Jika kualitas produk bisnis sablon kamu bagus, tentu saja mau semahal apa pun orang akan kembali. Begitu juga sebaliknya.

 

3. Promosi Bisnis Sablon Online dan Offline

Melakukan promosi ini bahkan bisa dilakukan sebelum bisnis sablon kamu mulai lho! Misalkan dengan melakukan sounding, teaser bahwa bisnis kamu akan berjalan per tanggal sekian. Bisa juga kamu memberikan promo bagi orang yang menunggu bisnis kamu buka. Setelah jalan bisnis sablon kamu, maka kebutuhan promosi ini akan meningkat. Kamu bisa memasukan promosi online dan offline agar cuan yang didapat semakin maksimal.

 

4. Perluas Koneksi

Bisnis sablon memerlukan banyak sekali pihak yang terlibat. Jika kamu bisa memperluas koneksi, maka bisnis sablon kamu juga bisa berkembang pesat dan cuan. Sebagai contoh, memperluas koneksi bisa membuatmu menemukan kain untuk sablon termurah dengan kualitas yang oke, dan sebagainya.

 

5. Buat Bisnis Sablon Kamu Menonjol

Salah satu cara paling ampuh untuk membedakan kamu dengan kompetitor adalah dengan membuat bisnis sablon kamu menonjol. Apa yang beda dari sablonan kamu dibanding yang lain? Hasil sablonnya yang awet? Kain yang digunakan berkualitas? Bisa dikerjakan dalam waktu singkat? Buka 24 jam? Nah jika sudah menemukannya, jangan lupa untuk menaruh informasi tersebut di mana-mana. Seperti di social media, contact person, website, banner, dan juga pamflet. Inilah yang dinamakan branding.


6. Riset Kompetitor

Kalau tadi kita bahas bagaimana membedakan bisnis sablon kamu dengan kompetitor, agar eye catching. Maka sekarang saatnya kita mencari tahu 'celah' dari kompetitor yang bisa kita pelajari. Bukan semata-mata untuk bersaing, tapi untuk memaksimalkan usaha kamu dengan menerapkan cara-cara kompetitor yang sudah berhasil.

 

7. Efisiensi dengan Tools

Membuat bisnis sablon semakin cuan, sekarang bisa dengan tools marketing. Kamu bisa meningkatkan efisiensi dengan memanfaatkan otomatisasi dari kemajuan teknologi. Bisa dengan menggunakan copywriting dengan Chat GPT, hingga kelola bisnis sablon kamu dengan aplikasi Qasir yang bisa otomatis membuat pembukuan, transaksi penjualan, kelola outlet, hingga memantau karyawan. Keren kan!

Baca juga: Tingkatkan Profit Usaha dengan Marketing Tools!

 

8. Berikan Pelayanan Terbaik

Selain memberikan produk yang berkualitas, cara lainnya agar pelanggan mau kembali lagi adalah pelayanan yang baik untuk bisnis sablon kamu. Pelayanan yang baik itu apa sih? Seperti ramah, fast response, sigap, dan sebagainya.

 

9. Tawarkan Diskon atau Paket Harga

Cara ini memang selalu ampuh untuk menarik customer, tak terkecuali untuk bisnis sablon kamu. Selain potongan harga dan promo-promo lainnya, kamu juga bisa membuat paket harga yang lebih murah daripada beli produk satuan. Cara ini bisa membuat pelanggan berpikir ulang dan membeli banyak produk kamu dengan paket yang kamu tawarkan.

 

10. Aktif di Berbagai Acara

Terakhir, jangan lupa untuk eksis di berbagai acara untuk meningkatkan brand awareness. Bisa dengan sponsorship, untuk bisnis sablon yang sudah settle atau ikutan bazar dan event-event besar lainnya.

Itu dia kesepuluh tips untuk meningkatkan pendapatan bisnis sablon kamu. Adakah di antara tips di atas yang sudah pernah kamu coba?

#Qasir

 

Share artikel ini