Edukasi

Lebih dari Katalog Online, Ini Alasan Mengapa Usaha Kecil pun Perlu Memiliki Website

10 Nov 2021, Ditulis oleh Bentangku

Lebih dari Katalog Online, Ini Alasan Mengapa Usaha Kecil pun Perlu Memiliki Website

Website kini merupakan salah satu instrumen penting bagi usahawan di zaman sekarang ini. Memiliki website usaha sama seperti halnya mempunyai toko fisik di masa-masa sebelumnya.

Bedanya, website memungkinkanmu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tak hanya dalam kota, tapi juga luar pulau bahkan luar negeri. Terlebih, teknologi membuat perilaku konsumen berubah, termasuk dalam membuat keputusan saat akan membeli barang atau menggunakan sebuah layanan.

Survei Google seperti Qasir kutip, 53 persen orang di seluruh dunia melakukan riset online tentang produk dan layanan yang diinginkan. Hal ini untuk memastikan, mereka mengambil keputusan yang benar ketika membeli atau menggunakannya.

Namun, masih banyak yang bertanya-tanya, apakah usahawan kecil sudah memerlukan website? Haruskah usahawan berinvestasi lebih untuk membangun situs perusahaan?

CMO at Star Knowledge Technology Alliance Team, Sheetal Mehta, pernah membahas hal ini dalam artikelnya yang dilansir Linkedin, 27 Januari 2021 lalu.

Dia menyebut, terlepas dari jenis dan ukuran bisnis, kamu harus memiliki website untuk orang atau pelanggan yang menuntut kehadiran online bisnismu, sebelum mempertimbangkan bakal menggunakan layananmu atau tidak dan mengonversinya.

“Karena orang tidak akan menganggap Anda tanpa mengetahui tentang Anda dan perusahaan Anda,” tulis Mehta.

Kamu perlu ingat, kini, orang-orang selalu berpikir, "google it" sebelum membuat keputusan. Salah satunya dalam membuat keputusan dalam membeli barang. 

Jurnal Soreang grup Pikiran Rakyat menyebut ada 8 alasan mengapa bisnis memerlukan website. Kedelapan alasan itu yakni:

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Ketika usahamu masih kecil, jangan lah ragu membuat website perusahaan. Kenapa? Justru, usaha kecil seperti milikmu akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Sebab, mayoritas penduduk dunia sudah menggunakan internet. Internet menjadi instrumen penting dalam membuat keputusan. Oleh karena itu, mau tidak mau pemilik bisnis seperti kamu pun harus menggunakan internet.

Untuk bisnis rumahan, memiliki website usaha sangat menguntungkan, karena tidak harus membuka toko offline terlebih dahulu.

2. Menghemat Uang

Dengan memiliki website, kamu pun dapat menghemat pengeluaran. Sebab, kamu tidak perlu membuka toko offline.

Biaya membuat website usaha pun lebih murah ketimbang membangun toko fisik.

3. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Website mempermudah kinerja usahawan. Salah satunya, dalam memperbarui informasi tentang produk dan layanan yang lebih mudah dan cepat daripada dalam bentuk cetak.

Kemudahan dan kecepatan ini membuat kinerjamu lebih efisien dalam menginfokan kepada pelanggan tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang ditawarkan.

4. Mudah Diakses

Tak seperti pamflet, website dapat diakses di mana dan kapan saja oleh pelanggan atau konsumen potensial. Mereka tidak perlu datang ke toko offline hanya untuk melihat produk atau mencari tahu layanan terbaru dari usahamu. Mereka cukup menggerakkan jari ke telepon pintarnya untuk masuk ke laman usahamu.

Website usaha juga memungkinkan mereka mengakses tokomu di luar jam operasional.

5. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Toko online seperti website usaha adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk ke pasar lebih luas. Melalui website usaha, produk atau jasamu bisa diakses dan dilihat tak hanya di kotamu, tapi juga luar pulau, bahkan secara global.

6. Sarana Katalog Produk dan Jasa

Website usaha juga berfungsi layaknya etalase toko offline. Situs adalah tempat bagus untuk memperlihatkan produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Masukkan portofolio atau galeri foto produk serta testimonial tentangnya, kamu dapat menunjukkan apa yang membuat bisnismu unik dan berbeda dari yang lain.

7. Hemat Waktu

Memberikan informasi kepada pelanggan tentulah membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun email.

Keberadaan website usaha, membuatmu menghemat waktu. Kamu tak perlu repot menelepon pelangganmu untuk menawarkan produk atau layanan barumu. Mereka sendiri bisa mengaksesnya melalui website.

8. Meningkatkan Pelayanan

Jika kamu menambahkan halaman khusus untuk tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan, kamu dapat memperbaiki hal-hal yang menjadi kekurangan dalam pelayananmu di mata mereka.

Jangan lupa untuk selalu sabar dan introspeksi diri ketika menerima kritikan dan saran dari pelanggan agar bisnismu semakin maju.

Menilik 8 keuntungan website usaha di atas, Qasir yakin kamu semakin tertaruk untuk memiliki website untuk bisnismu. Tertarik tapi tidak punya waktu untuk membuatnya? Atau tidak tahu cara membuatnya?

Tidak perlu bingung. Qasir punya fitur yang bisa membantumu memiliki website untuk mempromosikan produk dan usaha. Caranya, cukup berlangganan Qasir Pro, karena di Qasir Pro, kamu bisa mendapatkan fasilitas Website Usaha tanpa menambah biaya lagi.

Qasir Pro adalah program berlangganan tahunan untuk pengguna Qasir yang bersifat opsional. Apabila kamu memutuskan untuk berlangganan Qasir Pro, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan yang tidak bisa didapatkan oleh pengguna Qasir Free. Jangan khawatir, pengguna Qasir Pro masih dapat mengakses semua fitur dasar Qasir seperti yang didapat Pengguna Free lho.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya, dengan berinvestasi Rp399.000 per tahun. Catat, per tahun, bukan perbulan ya.

Keuntungan berlangganan Qasir Pro yaitu:

  1. Sistem kasir/transaksi tanpa batasan
  2. Outlet sebanyak apa pun tanpa batasan tanpa biaya tambahan
  3. Input pegawai tanpa batasan maksimal
  4. Produk di katalog sebanyak-banyaknya tanpa batas maksimal
  5. Laporan tanpa maksimal batas waktu
  6. Laporan Penjualan lengkap dan detail
  7. Export Laporan Penjualan ke Excel
  8. Pembayaran digital QRIS dengan satu QR code
  9. Mengatur Tipe Order pada Transaksi
  10. Eksport Produk ke Excel
  11. Atur Pajak per produk tak terbatas
  12. Diskon harga untuk pembelian Fitur Premium
  13. Dapat mengakses Program Point Loyalty
  14. Laporan Penjualan Otomatis
  15. Absensi pegawai dan laporannya
  16. Atur hak akses dengan Otorisasi Pegawai
  17. Dapat mengakses Website Usaha
  18. Integrasi dengan GrabFood

Website Usaha Semakin Canggih

Khusus untuk Website Usaha, Qasir sudah melakukan pengembangan  fitur ini untuk memudahkan kamu jualan online, sekaligus memudahkan pelangganmu dalam melakukan pesanan ke tokomu.

Peningkatan ini mencakup integrasi sistem order management Website Usaha dengan aplikasi Qasir, penambahan data pembeli, dan perhitungan ongkos kirim lho.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah download aplikasi Qasir dan meng-update-nya ke versi terbaru. Lalu, mulailah berlangganan Qasir Pro.

Setelah itu, kamu bisa langsung klik di bagian Kanal Jualan Online dan dilanjut dengan memilih menu “Website Usaha”.

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman "Kelola Usaha". Isi empat bagian dalam pengaturan, Informasi Usaha, Media Sosial, Toko Online, dan Katalog Online. 

Pada bagian “Informasi Usaha”, masukkan logo usahamu berformat “jpg”, mengisi alamat website dengan nama tokomu, dan deskripsi tentang tokomu juga informasi tambahan seperti jam operasional toko.

Jika kamu memiliki lebih dari satu outlet, kamu bisa juga aktifkan tombol Tampilkan Semua Alamat Outlet. Ini bertujuan agar nantinya semua outlet akan muncul pada halaman website. Kemudian jangan lupa klik “Simpan”.

Pada bagian Media Sosial, Toko Online dan Kalatog Online, kamu juga tinggal mengikuti petunjuk yang sudah ada tepat di kolomnya.

Jika sudah selesai meng-input data-data tersebut, klik tombol “Publish” agar websitemu bisa diakses oleh pelanggan.

Ketika berhasil, akan muncul keterangan “Websitemu Berhasil Dibuat” beserta link-nya. Kamu bisa share link itu ke siapa saja deh.

Jika kamu masih penasaran dengan fitur Website Usaha dari Qasir kamu bisa cek di sini.

Baca juga:

Share artikel ini