Edukasi

Mengapa Data Pelanggan Penting untuk Bisnismu?

17 Nov 2021, Ditulis oleh peniasih rara

Mengapa Data Pelanggan Penting untuk Bisnismu?

Sebagai pebisnis pemula, selain menentukan strategi bisnis, kamu juga harus bisa mengenal siapa konsumen produkmu. Salah satu caranya adalahdengan mengumpulkan data pelanggan.

Tidak seperti di masa-masa sebelumnya, mengumpulkan data pelanggan bukanlah hal yang sulit di era digital kini. Sebab, kita lebih mudah mengetahui nama, email, dan nomor telepon pelanggan. Dengan data ini, strategi bisnis seperti melakukan promosi pun lebih mudah dijalani.

Untuk memanfaatkan teknologi, kamu bisa mengandalkan aplikasi point of sale (POS) agar mempunyai data pelanggan secara digital. Salah satunya yakni memanfaatkan fitur “Pelanggan” pada aplikasi Qasir.

Download Qasir gratis di sini.

Berikut keuntungan yang didapat jika seorang pebisnis mengenali pelanggannya.

1. Tepat Sasaran

Tepat sasaran marketing

Sama halnya ketika kita sedang bermain dart game. Untuk mendapatkan skor tinggi, kita harus membidik titik paling tengah. Begitu juga ketika menjalani bisnis, data pelanggan adalah sebagai target bidikan bagi pebisnis. 

Data pelanggan dapat memberi ‘petunjuk arah’ agar produk yang kamu jual tepat sasaran. Tanpa adanya data pelanggan, kamu akan lebih sulit untuk mengetahui target pasar bisnismu.

2. Prediksi Kebutuhan Pelanggan

Belanja online

Setiap orang mempunyai pola belanja yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pelanggan A setiap awal bulan selalu belanja keperluan rumah, sedangkan pelanggan B belanja di akhir bulan.

Nah perilaku pelanggan ini dapat kamu ketahui jika menggunakan aplikasi point of sale (POS) yang secara otomatis membuat data base pelanggan. Sehingga, kamu bisa terapkan strategi bisnis ketika mengetahui kebiasaan pelanggan. 

Misal, jika pelangganmu paling banyak berbelanja kebutuhan dapur di awal bulan, kamu bisa lakukan penawaran diskon menarik atau menawarkan produk baru yang harganya lebih terjangkau.

3. Memperoleh Laba

Keuntungan usaha

Siapa sih yang nggak mau untung? Setiap pelaku usaha pasti mengejar keuntungan. Nah dengan adanya data pelanggan, kamu bisa melakukan sebuah inovasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Cara ini perlu dilakukan agar kamu dapat mengembangkan bisnismu dan siap bersaing dengan kompetitor. Tak menutup kemungkinan hal positif yang kamu dapatkan adalah meningkatnya penjualan dan kamu pun memperoleh laba.

4. Mempermudah Proses Evaluasi

Evaluasi bisnis

Berbisnis tanpa evaluasi rasanya sangat tidak mungkin, apalagi jika goals kamu adalah memperoleh laba sebesar-besarnya. Ya, sebagai seorang pengusaha kamu tidak bisa hanya mengandalkan intuisi saja. Sebab, dengan melakukan evaluasi, kamu bisa mengetahui apakah kamu salah langkah atau tidak.

Untuk membantu mengetahui kendala yang dihadapi, kamu bisa mencocokkan hasil penjualan produkmu dengan data pelanggan. Jika ternyata hasil penjualan tidak sesuai dengan perilaku atau kebutuhan pelanggan, bisa jadi produkmu tidak tepat sasaran.

Sehingga evaluasi berdasarkan data pelanggan sangatlah penting agar kamu bisa menentukan strategi bisnis secara obyektif.

5. Promosi Lewat Email

Promosi lewat email

Dengan menggunakan fitur ‘Pelanggan’ dari Qasir, kamu sudah pasti memiliki data base pelanggan. Salah satu yang bisa kamu ketahui adalah email pelangganmu. Data ini sayang sekali jika tidak kamu manfaatkan untuk membuat sebuah promosi.

Era digital seperti ini, baik perusahaan besar hingga menengah mempunyai strategi email marketing. Strategi tersebut adalah dengan cara mengirim newsletter kepada para pelanggan. Newsletter adalah email yang isinya berupa update terbaru dari perusahaan kepada pelanggannya.

Nah, kamu juga bisa menerapkan strategi email marketing dengan cara mengirim newsletter kepada pelangganmu. Dalam newsletter, kamu bisa mengumumkan jadwal diskon hingga product knowledge agar pelanggan semakin mengenalmu.

Untuk atur program diskon, Qasir juga menyediakan fitur khusus, yaitu Kelola Diskon dan Diskon Membership. Kamu bisa mengatur program diskon secara otomatis, mulai dari menentukan minimum pembelian, tanggal periode diskon, model diskon precentage atau cashback, hingga memilih pelanggan mana saja yang diikutsertakan dalam program diskon. 

Klik di sini untuk dapatkan Diskon Membership

6. Mudah Melakukan Survey

Survey pelanggan

Dalam berbisnis, tentu kamu akan melakukan evaluasi setiap quarter. Tetapi tanpa memiliki data base pelanggan, kamu akan kesulitan untuk melakukan survey kepuasan pelanggan atas produkmu.

Jadi jika ingin melakukan survey sesuai sasaran dan mendapatkan saran serta kritik langsung dari pelanggan, kamu harus punya data base pelanggan.

Kini kamu sadar kan bahwa data pelanggan itu sangat penting? Apalagi dengan memiliki data yang detail kamu bisa meningkatkan omzet pula, lho.

Baca juga:

 

  

Share artikel ini