Edukasi

Pakai Fitur Self Order di Qasir, Lebih Efisien Terima Pesanan Pelanggan

20 Mar 2022, Ditulis oleh peniasih rara

Pakai Fitur Self Order di Qasir, Lebih Efisien Terima Pesanan Pelanggan

Kamu pernah nggak sih, kewalahan menangani pesanan pelanggan, disaat restoran lagi ramai? Padahal sudah ada karyawan, tetapi pelanggan yang datang belum juga dilayani? 

Kalau pernah mengalami hal ini, kamu bisa siasati dengan coba menggunakan fitur Self Order di Website Qasir. Jadi, nggak perlu pusing mencatat pesanan yang menumpuk. Antrean panjang pun berkurang karena pelanggan bisa pesan sendiri dari meja. Lebih efisien, bukan? 

Keuntungan lain menerapkan fitur self order yaitu menghindari kesalahan penyajian. Apabila topping makanan yang dipesan ternyata tidak sesuai keinginan, maka tanggung jawab berada di tangan si pemesan. 

Di sisi lain, penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Lantaran, mereka tak perlu lagi mengantre lama untuk bisa memesan. Sementara dari sisi pemilik usaha, jumlah karyawan bisa dibatasi sehingga menekan pengeluaran lebih banyak.  

Kelebihan sebanyak ini, sayang sekali jika tak dimanfaatkan. Oleh karena itu, yuk simak cara menggunakan fitur self order dari Website usaha Qasir, di bawah ini. 

Cara Mengatur Fitur Self Order

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah berlangganan ke Qasir Pro. Setelah upgrade versi terbaru, beberapa fitur penunjang kegiatan bisnis jadi lebih lengkap dan bisa diakses. 

Setelah memiliki Qasir Pro, barulah kamu bisa mengatur menu self order di bagian dashboard website. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut agar bisa digunakan. Menariknya, bukan hanya untuk satu outlet saja, tetapi kamu bisa menerapkan untuk beberapa outlet yang ditangani. 

Langkah untuk mengaktifkan cukup sederhana, yaitu klik tombol merah di bagian kanan untuk mendapatkan kode QR. Nantinya, pelanggan yang ingin pesan hanya perlu scan menggunakan smartphone. 

Apabila ingin diperbanyak juga bisa, tekan perintah unduh. Kemudian, tempel di penyangga dan tempat strategis lainnya. Sebaliknya, jika kamu ingin menghemat penggunaan kertas, maka kirimkan barcode digital ke pelanggan. 

Cara Menggunakan QR Code untuk Pelanggan

Penggunaan QR code mulai diaplikasikan di beberapa restoran tanah air. Hal ini demi menghemat waktu pelayanan sehingga bisa dialihkan untuk memproses pesanan. 

Bagi pemilik bisnis kuliner, mengaplikasikan teknologi untuk menunjang bisnis penting dilakukan. Sebab, akan memakan waktu lama jika pelayanan hanya menggunakan cara konvensional. Selain itu, tak sedikit pelanggan yang malas berjalan jauh dan antre lama. Jadi, dengan fitur semacam ini makin memudahkan konsumen. 

1. Scan barcode di browser

Menghadapi antrean panjang bisa bikin kamu kewalahan dan panik, terlebih jika jumlah karyawan tidak memadai. Alhasil, banyak pelanggan yang menunggu lama bahkan beralih ke restoran lain. Risiko ini dapat diminimalisir, lho. 

Setelah memiliki barcode di setiap meja, pelanggan tinggal buka smartphone dan scan QR untuk pesan menu favorit. Arahkan kamera untuk menangkap seluruh kode batang. Apabila sudah berhasil, selanjutnya muncul link dan kamu akan diarahkan ke browser. 

2. Pilih menu di katalog website

Bagaimana pelanggan bisa lihat menu makanan yang dijual? Tenang, pelanggan dapat memilih menu di katalog Website usaha. Jumlah dan menu makanan serta minuman yang tertera di dalam katalog, pasti sesuai dengan yang ada di papan list menu kamu. 

Sebelumnya, pastikan telah mengunggah setiap menu ke dalam website sehingga nggak ada kesalahan. Baik berupa foto maupun deskripsi. Masukkan pesanan ke dalam keranjang untuk dikumpulkan dan diproses. 

3. Verifikasi pesanan di bagian keranjang

Website Usaha Qasir turut melindungi pemilik usaha dari risiko cancel pesanan. Pesanan yang masuk ke keranjang akan dicek lebih dulu oleh pelanggan sebelum diproses. Sehingga, apabila ada yang tidak pas bisa langsung dikurangi. 

Di dalam menu sudah tertera jumlah harga yang harus dibayarkan. Pelanggan bisa menyesuaikan membeli makanan sesuai dengan budget tanpa takut terlalu mahal. 

4. Lakukan pemesanan

Nah, kalau pesanan di dalam keranjang sudah sesuai, langkah selanjutnya klik ikon pesan. Semua menu makanan dan minuman yang dipilih langsung tercatat di mesin penjual dan akan diproses. 

Namun, pelanggan harus mengisi data berupa nomor meja, nama pemesan, outlet, tipe order hingga alamat surel yang aktif. 

5. Pembayaran dilakukan di kasir

Pesanan sudah selesai dipilih, lalu berikutnya apa? Pelanggan akan mendapatkan kode batang untuk melanjutkan transaksi. QR code berupa identitas orderan ini, diserahkan ke kasir untuk dibayar sesuai jumlah tertera. Barulah pesanan akan diproses. 

Setelah transaksi selesai, pelanggan kamu bisa duduk santai sambil menunggu pesanan dibuat. Kamu sebagai penjual, nggak perlu catat-catat lagi deh, tinggal pindai kode semua langsung beres. 

6. Pindai kode QR

Kalau kamu masih bingung dengan cara menerima pesanan pelanggan, simak artikel ini sampai habis. Semua pesanan yang tercatat di website hanya perlu dipindai di menu transaksi. 

Pada halaman website, penjual juga bisa memasukkan ID transaksi secara manual. Terakhir, lakukan proses pembayaran seperti di aplikasi Qasir. 

Jadi, bagaimana menurut kamu dengan kehadiran fitur self order ini? Semakin membantu bisnis efisien dan efektif bukan? Sistem order sendiri juga melindungi penjual dan pelanggan dari risiko terpapar Covid-19 karena tidak ada kontak fisik.

Untuk bisa menggunakan Self Order, kamu hanya perlu berlangganan Qasir Pro. Klik di sini untuk mendapatkan penawaran spesial Qasir Pro. 

#Qasir

Baca juga:

Share artikel ini