Edukasi

Pentingnya Point of Sales untuk Usaha Online yang Kamu Perlu Tahu

15 Nov 2021, Ditulis oleh peniasih rara

Pentingnya Point of Sales untuk Usaha Online yang Kamu Perlu Tahu

Point of Sale atau POS System adalah sistem yang terdiri dari hardware dan software untuk mencatat transaksi jual beli secara modern dan praktis. Kenapa praktis? Sebab, POS system memang sengaja dibuat terintegrasi dengan aplikasi kasir online.

Sehingga, usahawan seperti kamu tak perlu repot menghitung dan mendata barang yang sudah laku terjual secara manual karena sistem POS amat mendukung transaksi online.

Singkatnya, point of sale adalah pengganti mesin kasir konvensional yang ada di berbagai toko. Point od sale Qasir, misalnya, cuma perlu gadget sistem Android untuk menggunakannya. Dengan langkah-langkah sederhana, kampu pun dapat melihat laporan transaksi hingga stok barang secara realtime dan detail!

Jadi sudah kebayang dong betapa mudahnya jika kamu menggunakan point of sales dalam berbisnis yang mengutamakan transaksi online? Supaya lebih update, ketahui dulu pentingnya mempunyai catatan transaksi online dengan point of sale.

1. Mempunyai Asisten Berbasis Teknologi

Jika sebelumnya kamu terbiasa melakukan stock opname manual bersama pegawai, dengan sistem point of sale, kamu nggak perlu lagi melakukan cara ini. Dengan teknologi yang canggih, POS system yang mendukung transaksi online sudah melengkapi kebutuhanmu. 

Mulai dari mencatat metode pembayaran transaksi, membuat laporan penjualan dan keuangan, mencetak struk adalah kemudahan yang akan kamu dapatkan, jadi nggak perlu lagi mencari asisten dan melakukan stock opname secara manual. 

2. Mengurangi Risiko Fraud

Biasanya ketika melakukan stock opname, kendala yang dihadapi adalah perbedaan jumlah barang yang terjual dan sisa produk, alias timpang. Kejadian seperti ini tak akan terjadi jika menggunakan point of sale, karena dihitung secara realtime.

Begitu juga dari hasil pendapatan. Jika dihitung secara manual, jumlah pendapatan yang berbeda dengan hasil rekap sangat sulit melacaknya. Sedangkan jika menggunakan sistem POS, hal ini tak akan terjadi. Jika terjadi, berarti ada kemungkinan terjadinya fraud atau kecurangan.

Nah buat kamu, usahawan yang tak ingin terdampak fraud, bisa lho menggunakan fitur yang disediakan oleh Qasir. Jika kamu usahawan kuliner, kamu bisa menggunakan aplikasi GrabFood. Keuntungannya adalah Qasir dapat membantu kamu mengelola produk dan terima pesanan langsung dari Grabfood. Cocok buat kamu yang ingin mengaplikasikan transaksi online dalam setiap transaksi.

Pelajari Integrasi GrabFood di sini

3. Dapat Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Digital Payment

Salah satu kenyamanan yang wajib dipenuhi adalah metode pembayaran yang dapat dipilih konsumen. Dengan POS system, kamu bisa menawarkan konsumen untuk memilih sistem pembayaran yang tersedia. Mulai dari cash, non cash, debit, kredit hingga uang elektronik via QRIS. Di Qasir, sistem pembayaran ini bisa kamu nikmati secara gratis dan tidak perlu mendaftar. Hari ini kamu install, langsung bisa gunakan QRIS.

Dengan metode pembayaran ini pun, kamu tak perlu repot mencatat, karena sudah ada aplikasi point of sale canggih dan sangat terjangkau, Qasir.

Pelajari QRIS di sini

4. Mempermudah Manajemen Promo Diskon

Happy seller

Kasir yang menggunakan sistem point of sales secara otomatis akan menghitung barang dengan harga diskon, sehingga lebih mudah dikelola. Dengan penghitungan yang otomatis, dapat mengurangi pegawai salah hitung. Jadi sudah siap tinggalkan kasir konvensional, belum nih?

Di Qasir, kamu bisa mengatur sendiri aneka program diskon. Mulai dari tanggal periode, minimum pembelian, diskon persentase dan cashback, hingga pelanggan yang masuk dalam program diskon. Pelajari tentang fitur Kelola Diskon di sini. 

5. Menghemat Waktu

Menawarkan produk

Tak hanya menguntungkan mempunyai laporan keuangan yang detil, tetapi dengan menggunakan POS system, kamu juga dapat menganalisis hasil kerja karyawan. Mulai dari jumlah jam kerja dan transaksi yang ia tangani. 

Selain itu, dapat pula menghemat waktumu ketika harus melihat jumlah transaksi di cabang lainnya. Cukup dari jarak jauh saja, kamu bisa mengecek perkembangan bisnis dan hasil kinerja karyawan. 

Kamu bisa dapatkan semua kemudahan ini melalui fitur Pegawai, Absensi dan Otorisasi Pegawai. Lengkap!

6. Memudahkan Membuat Strategi Penjualan

Alat hitung manual vs otomatis

Sistem point of sale yang merekap hasil penjualan secara realtime jelas memudahkanmu untuk mengetahui produk mana saja yang paling laku terjual. Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi penjualan dengan lebih mudah dan tentu saja akurat. 

Jadi dari banyak keuntungan yang didapat setelah menggunakan point of sales, kamu sudah siap dong tinggalkan kasir konvensional yang tak dapat mendukung transaksi online?

Untuk medapatkan semua kemudahan itu, kamu hanya perlu mendownload Qasir di sini. Lalu gunakan gratis saat ini juga. 

Baca juga:

Share artikel ini