Edukasi

Fitur-Fitur Gratis di Aplikasi Point of Sale Qasir yang Diperlukan Usahawan Mikro

16 Oct 2021, Ditulis oleh Bentangku

Fitur-Fitur Gratis di Aplikasi Point of Sale Qasir yang Diperlukan Usahawan Mikro

Mulut Ika ternganga, ketika makan malam di sebuah warung pecel lele kaki lima di Tebet, Jakarta Selatan. Warung Lamongan itu menggunakan point of sale (POS) dalam setiap transaksinya.

Keheranan Ika dimulai saat pelayan mencatat pesanan dalam sebuah tab.

Pesanan itu dicetak di atas kertas struk, lalu ditempel ke meja pemesannya. Sama seperti saat dia sedang makan di restoran di pusat perbelanjaan berpendingin ruangan. Hanya saja, meja makan yang ini sederhana sekali, dengan cover brand minuman teh terkenal. Khas tempat makan kaki lima. 

Cetak Tiket pesanan

Keheranannya tak berhenti di situ. Saat membayar usai makan pun, Ika tersentak. Sang pemilik menggunakan mesin kasir dalam aplikasi point of sales di tab-nya itu. Ia kemudian memberikan selembar struk sebagai bukti transaksi Ika.

Ika pun tergelitik bertanya mengapa warung ini menggunakan point of sale, tidak seperti warung pecel lele lain yang biasa Ika temui. "Lebih mudah," jawaban si pemilik warung. Dia tak perlu repot-repot mencatat dan menjumlahkannya secara manual. Pembukuannya pun sudah tersusun rapi tanpa ada yang terlewat.

Yang dikatakan si pemilik warung pecel lele benar sekali. Menurut catatan Qasir, paling tidak, ada 8 keuntungan menggunakan aplikasi kasir atau point of sale (POS). Apa saja itu?

1. Menghemat waktu. Jika menghitung dengan manual atau kalkulator, sangat memakan waktu dan beresiko salah hitung. Dengan point of sale, tinggal masukkan produk ke keranjang, sistem yang akan menghitungnya.

2. Stok lebih terpantau. Saat penjualan terjadi, jumlah stok otomatis berkurang. Ini tentunya memudahkanmu untuk mengecek ketersediaan produk.

3. Laporan Real Time. Jika kamu adalah pemilik usaha dan kebetulan tidak bisa selalu ada di tempat usaha, kamu bisa mengamati jumlah penjualan dari jauh.

4. Punya struk dengan logo di dalamnya. Ini mungkin sepele, tapi ini sangat penting di zaman sekarang. Struk bukan hanya membuat tokomu jadi keren, tapi juga jadi punya alat bukti pembayaran yang resmi dan akurat.

Cetak Struk

5. POS mampu menaikkan value usahamu karena bisa menerima pembayaran tunai maupun nontunai. Zaman sekarang penggunaan cash atau tunai semakin berkurang. Itu mengapa kamu harus bisa terima cashless atau nontunai untuk bisa bersaing.

"Tapi toko saya baru buka, dan saya belum ada budget untuk menggunakan teknologi canggih yang pastinya mahal."

Kalau kamu masih berpikir begitu, tandanya kamu belum tahu Qasir. Qasir adalah aplikasi point of sale atau aplikasi kasir lengkap dan sangat cocok utuk usahawan mikro sepertimu karena bisa digunakan secara GRATIS. 

Jangan khawatir, fitur gratis Qasir sangat lengkap dan tidak dibatasi batas waktu penggunaan dan bukan trial ya. Jadi kamu bisa gunakan selama yang kamu butuh. 

Berikut ini adalah fitur-fitur gratis Qasir yang bisa kamu gunakan saat ini juga. 

1. Kelola Produk Tanpa Batas

Pusing mengatur produk jualan? Jangan khawatir. Fitur Qasir Free yang satu ini mampu membantumu untuk kelola produk.

Fitur tersebut akan memudahkan kamu untuk mengatur, menambah, hingga mengedit variasi produk.

2. Catat Transaksi

Aplikasi Qasir dapat mencatat transaksi tunai dan digital. Jadi, usahwan bisa bertransaksi kepada pelanggan dengan cara online atau pun offline.

3. Cetak Struk dan Struk Digital

Dengan mendownload aplikasi Qasir, kamu sudah mendapatkan fitur cetak struk lho. Satu lagi, karena berbasis online, Qasir memungkinkanmu mengirim struk digital ke pembeli.

4. Pembayaran digital QRIS

Zaman sekarang, segalanya serba digital, termasuk metode pembayaran. Nah, aplikasi Qasir mendukung pembayaran dengan menggunakan QRIS. Jadi pembeli dapat membayar menggunakan QRIS hanya dengan scan QR code tanpa perlu tambahan mesin EDC khusus. Transaksi pun lebih aman dan nyaman.

5. Laporan Penjualan 30 Hari Terakhir

Aplikasi point of sales Qasir juga membuat kerjamu dalam memantau kondisi usaha dan laporan transaksi penjualan menjadi praktis. Semua bisa kamu akses secara real-time dan dari mana saja.

Qasir pun memiliki fitur laporan yang berisi daftar produk terlaris, laporan penjualan lengkap per kategori, serta berbagai informasi lain untuk mendukung usaha.

Bagaimana, menarik bukan?

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak go digital. Apa pun usaha kamu, baru mulai atau sudah lama berdiri, offline ataupun online, gunakan aplikasi point of sale Qasir sekarang juga!

Untuk cari tahu lebih banyak tentang fitur Qasir atau ingin download Qasir gratis, klik di sini.

Baca juga:

Share artikel ini