Inspirasi

5 Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Banyak Dicari

05 Oct 2021, Ditulis oleh Putri Anggia

5 Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Banyak Dicari

Mau buat usaha tapi tidak punya banyak modal untuk membeli produk? Eits, tunggu dulu. Tidak semua modal harus berupa uang dan barang. Kreativitas juga bisa menjadi modal, bahkan ini adalah modal yang tidak terbatas.

Ya, jika kamu adalah orang yang suka berkreasi, berkarya dan menciptakan sesuatu, ada baiknya jika kegemaranmu itu diubah jadi cuan. Karena saat ini, peluang usaha semakin luas dengan adanya media sosial serta perkembangan teknologi internet yang semakin pesat. 

Seperti apa saja ide usaha kreatif rumahan yang bisa kamu mulai? Berikut ini daftarnya.

  1. Desain Hantaran & Mahar

Di zaman sekarang di mana media sosial sudah menjadi kebutuhan penting, estetika menjadi sangat diperhatikan. Tidak terkecuali estetika hantaran dan mahar untuk lamaran. Hal inilah yang mendorong kemunculan ide jasa desain uang mahar.

Jasa hantaran

Usaha ini cocok untuk kamu yang menyukai keindahan dan hal-hal yang detail. Karena untuk membuat design yang spesial, membutuhkan orang dengan keterampilan dan kesabaran dalam menyusun kertas, kain, dan pernak-pernik lainnya.

  1. Souvenir Pernikahan 

Masih berhubungan dengan pernikahan, suvenir menjadi salah satu yang diperhatikan fungsi dan estetikanya di masa sekarang ini. Kehadiran souvenir pernikahan menjadi sebuah lambang sebagai ucapan terima kasih yang dibagikan kepada para tamu undangan untuk mengenang momen pernikahan. 

Mengingat peluang bisnis souvenir pernikahan sangat menguntungkan, kamu bisa memanfaatkan peluang ini. Meski permintaan souvenir pernikahan hanya datang dalam suatu event pernikahan saja, namun dalam satu kali event saja ada ratusan bahkan ribuan jumlah souvenir pernikahan yang dibutuhkan. 

Bisa dibayangkan kan, jumlah keuntungan yang bisa kamu didapatkan lewat bisnis souvenir pernikahan ini?

  1. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Sewa perlengkapan bayi menjadi salah satu ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Bagi yang sudah berkeluarga pastinya tahu berapa biaya yang diperlukan untuk keperluan bayi Anda. Beragam kebutuhan pokok, seperti pakaian, konsumsi, dan kesehatan sudah memakan banyak biaya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang tua yang berharap bisa menyewa fasilitas-fasilitas untuk buah hatinya daripada harus membeli. Dari sinilah ide penyewaan perlengkapan bayi muncul.

Kamu bisa meraih profit besar dengan menjalankan paket usaha perlengkapan bayi grosir yang sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar dan daya beli masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan peluang usaha sewa perlengkapan bayi yang kini tengah marak sebagai alternatif, alih-alih membeli perlengkapan bayi yang terlalu mahal.

  1. Fotografer dan Videografer

Bisnis fotografi dan videografi tidak pernah redup. Apalagi di zaman konten dan media sosial seperti sekarang ini, jasa foto dan video jadi makin banyak permintaan. Selain itu, foto video juga diperlukan untuk foto produk, konten marketing, dokumentasi acara, bahkan untuk acara gowes atau sepedaan. 

Ya, selama pandemi, sepeda menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat yang bermain sepeda saat ini dilengkapi dengan outfit yang keren, mulai dari helm, kacamata, sepatu, hingga pakaiannya. Berbeda dengan booming sepeda di tahun-tahun sebelumnya.

Itu mengapa peluang untuk fotografi dan videografi sangatlah besar, tak terkecuali untuk pemula. Jadi jangan takut tidak kebagian pasar. 

  1. Kursus Musik Privat

Kalau kamu punya keahlian bermusik tapi tidak tertarik untuk menjadi seorang musisi, sepertinya kamu cocok untuk bisnis ini. Saat ini memang sudah ada tempat-tempat kursus musik kenamaan, terutama di kota-kota besar. Akan tetapi, banyak orang yang tidak mampu memanfaatkan jasa tersebut karena biaya yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan alternatif les musik privat dengan harga yang lebih terjangkau. 

Namun sebelumnya kamu mesti menentukan dulu, dengan skill yang kamu miliki, siapa tagret pasarmu? Apakah anak usia dini, remaja, atau orang dewasa. Dengan menentukan pangsa pasar, kamu dapat menyesuaikan cara penyampaian. Ini juga berpengaruh ke biaya kursus juga. 

Kamu juga perlu membuat silabus yang terstruktur agar perkembangan muridmu bisa terukur dengan baik. Tentukan juga tempat belajarnya. Apakah di tempatmu, atau di rumah murid atau secara door-to-door.

Namun Qasir sarankan kamu memiliki ruangan yang dilengkapi peredam suara. Jika beum memungkinkan, kamu bisa menyewa sebuah studio untuk melangsungkan kegiatan belajar-mengajar.

Jadi, bisnis kreatif mana yang paling cocok buatmu? 

Baca juga:

 

 


 

Share artikel ini