Inspirasi

Ide Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga

18 Aug 2020, Ditulis oleh Fiona

Ide Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga

 

Di rumahmu masih ada ruang untuk berkarya? Simak ide tips di bawah ini, siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk beranikan dirimu mulai usaha rumahan kreatif.

Di masa pandemi kita jadi belajar betapa dana darurat sangatlah penting. Itu mengapa penghasilan tidak bisa dari satu pintu saja. Mumpung masih banyak di rumah aja, harusnya kita jadi lebih kreatif dan produktif dari biasanya. Salah satu caranya dengan membuka mata akan adanya peluang usaha yang bisa jadi tambahan penghasilan kamu di rumah.

Mengulik-ngulik skill supaya bisa jadi uang sudah pasti akan jadi awal kamu dalam mencari peluang usaha. Satu demi satu dicari tahu, rasanya sih ada banyak ide di kepala tapi realisasinya belum tentu nyata. Segala potensi diri digali, sampai pada akhirnya nggak tahu mau mulai dari mana. Kamu mengalami itu nggak? Dari mulai potensi mengulik resep hingga jadi makanan lezat, mencari networking untuk usaha reseller, bahkan kembali mengambil benang dan jarum untuk buka usaha seputar jahit-menjahit. Jadi mau mulai dari mana?

Jangan pusing dulu, artikel ini ada untuk bantu kamu wujudkan usaha rumahanmu. Jadi, simak dulu referensi ide usaha rumahan kreatif yang dapat memudahkan langkah kakimu ke jenjang yang lebih baik.

Referensi Ide Usaha Rumahan Kreatif untuk Memulai Usahamu

Ide Usaha #1: Makanan dan Minuman

Belakangan ini usaha makanan dan minuman sangat digemari oleh generasi milenial. Banyak usaha yang menyajikan berbagai menu dan penyajian yang tidak biasa.

Dilansir dari Food Detik, hal ini juga diakui oleh jurnal yang dirilis oleh International Foodservice Manufacturers Association (IFMA) bahwa selama masa pandemi Corona industri kuliner di seluruh dunia mengalami banyak perubahan. Perubahan yang terjadi bisa dilihat dari peningkatan layanan pesan antar makanan, kemasan makanan, hingga tata cara menikmati makanan.

Tak bisa keluar rumah akhirnya membuat beberapa orang jadi produktif dan kreatif di dapur. Terbukti dari viralnya donat kentang saus coklat, kopi dalgona sampai jajanan stasiun Gangnam Korean Garlic Cheese Bread yang terkenal. Ketiganya pun langsung dilirik dan dijadikan menu dan ladang usaha baru bagi usahawan jeli.

Tak ingin membuka bisnis kopi-kopian atau camilan? Kamu juga bisa mulai bisnis katering rumahan kok. Kamu bisa menambah satu layanan home service pada bisnis restoran kamu, seperti home service barbecue atau shabu-shabu yang belakangan ini sedang tren. 

Nah itu dia berbagai bisnis makanan dan minuman yang sedang tren. Ayo, gimana nih, sudah ada bayangan mau buka bisnis kuliner apa?

Ide Usaha #2: Seputar Fashion

Hobi posting Outfit of The Day alias OOTD  di media sosial, tentu kamu punya passion di dunia fashion. Yuk manfaatkan peluang dan menjadikannya sebagai pemasukan tambahan! 

Nggak punya skill untuk jahit menjahit, tenang aja dengan modal Rp5 juta kamu sudah bisa kok mulai usaha dengan menjadi reseller pakaian. Caranya, kamu cukup membeli fashion item yang sekiranya akan laku di pasaran melalui supplier, kemudian menjualnya kembali ke pihak konsumen. Agar kamu mendapatkan laba lebih maksimal, kamu bisa menyimpan beberapa produk tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa kok membuat bisnis clothing line bersama teman-teman. Punya teman yang pandai desain grafis, kamu bisa mengajaknya berkolaborasi dan membuat clothing line bersama. Nah, lain soal kalau kamu sendiri memang punya skill menjahit. Dengan modal Rp5 juta, kamu bisa membeli peralatan dan perlengkapan jahit, serta membuka jasa jahit di rumah. 

Lalu bagaimana cara menjualnya? Dengan lini bisnis ini kamu bisa menjualnya dengan media sosial, e-commerce, maupun membuat website sederhana. Yuk mulai cek-cek phone book kamu, siapa tahu ada teman yang bisa kamu ajak berkolaborasi!

 

Ide Usaha #3: Membuka Beragam Jasa

Punya skill menulis? Check! Jago fotografi? Check! Bisa design? Check! Yup, ternyata skill ini bisa bikin kamu punya penghasilan tambahan lho, BossQ. Nggak cuma di kantoran, kamu juga bisa buka jasa pekerja lepas. 

Dengan skill ini, kamu bisa menggeluti berbagai pekerjaan lepas, antara lain admin social media, menulis konten, desainer grafis, ilustrator, bahkan animator. Modalnya juga nggak banyak kok, cukup dengan smartphone, laptop, dan kuota internet, kamu langsung bisa bekerja.

Dapat kliennya dari mana? Yup, ini dia yang paling penting. Sudah punya skill tapi kliennya kok nggak ada. Tenang aja, kamu bisa cek website penyedia jasa freelance, grup fanpage sesuai dengan skill, situs kerja, LinkedIn, bahkan tanya-tanya teman kantor lama atau teman-teman sekolah.

Selain ketiga bidang ini, kamu yang memang mencintai dunia edukasi, coba deh buka layanan jasa menjadi guru privat online sesuai dengan skillmu. Yuk mulai gali potensi diri kamu dan pasarkan skillmu di media sosial! Sebarkan informasi bahwa kamu membuka bisnis jasa edukasi online.

Baca juga:

Ide Usaha #4: Custom Made

Sering lihat masker gemas yang matching bila dipadupadankan dengan casing smartphone, notebook, maupun tas belanja? Wah tentu kamu jadi ingin memilikinya ya? Kalau kamu sampai ingin memilikinya begitu, kenapa tidak kamu jadikan lahan usaha saja?

Kamu bisa berkolaborasi bareng teman kamu yang memiliki skill ilustrasi dan jahit menjahit. Untuk menjual masker kain, kamu bisa mulai dengan kain bahan scuba atau masker kain katun dengan motif-motif unik. Bila ingin memiliki varian harga, kamu bisa membedakan pada kualitas jenis kain yang digunakan serta warna dan motif yang beragam.

Produksi barangnya pun bisa kamu lakukan sendiri. Misalnya dengan mencetak lalu menjahitnya sendiri. Namun, bila kamu tidak punya skill yang dibutuhkan untuk membuat usaha custom made sendiri, kamu juga bisa kok memulai usaha ini dengan menjadi reseller atau dropshipper. Tenang aja, ada banyak jalan menuju Roma!

Ide Usaha #5: Sayuran Hingga Tanaman Hias

Sering berada di rumah, kadang membuat muncul ide-ide baru. Dari yang sebelumnya tidak hobi masak, jadi suka masak. Begitu juga dengan hobi berkebun. Usaha dari hobi itu tentu menyenangkan. Selain kita memang suka mengerjakannya, kita pun bisa mendapat penghasilan tambahan dari hobi tersebut.

Buat kamu yang memiliki lahan perumahan yang sempit atau memang tinggal di apartemen, jangan sedih ya. Kamu tetap bisa memulai usaha ini ok. Lalu usaha apa saja yang bisa kamu lakukan dalam industri pertanian ini? 

Yup ada beberapa peluang usaha yang bisa kamu terapkan di rumah. Bila kamu punya lahan yang kecil, kamu bisa mencoba usaha pertanian sayuran dengan teknik hidroponik yang tidak perlu menggunakan elemen tanah. Namun bila kamu punya lahan yang cukup besar, kamu juga bisa membuat usaha pertanian lain, misalnya usaha menjual tanaman hias bunga atau daun. Adapun tanaman-tanaman yang bisa kamu jual, antara lain jenis adenium, aglaonema, euphorbia, anthurium, anggrek, maupun bonsai. 

Skill yang dibutuhkan dalam menjual tanaman hias pun beragam, kamu harus cukup jeli dalam merawatnya. Sebab jenis hama setiap tanaman itu berbeda-beda. Jadi, kamu perlu mendalami berbagai jenis tanaman yang akan kamu pilih untuk dijual.

Modalnya pun ada berbagai macam, antara lain sebidang tanah, pot-pot keramik yang unik, rak kayu atau besi untuk memajang tanaman-tanaman hias kamu, katalog berisi foto-foto produk tanaman hias yang kamu jua, juga kartu nama. Jadi, siapa yang sudah siap menjadi petani? Kira-kira tanaman apa saja yang akan kamu budidayakan untuk dijual pertama kali?

Biar usaha kamu makin cuan, jangan lupa promosikan melalui katalog digital yang ada di Website Usaha Qasir. Hanya Rp180.000 per bulan, kamu sudah bisa buka toko online-mu secara profesional. Pembeli bisa memesan produkmu semudah menggunakan platform marketplace. 

Klik di sini untuk berlangganan Website Usaha. Jika kamu belum download Qasir, klik di sini untuk download dengan HP Androidmu. 

Nah, itu dia kelima ide usaha yang bisa kamu terapkan di rumah. Dari kelimanya, mana nih ide usaha yang dapat membuat kamu tertarik untuk menggelutinya? Selamat mencoba!

#Qasir

Share artikel ini