Inspirasi

Cara Membangkitkan Jiwa Usahawanmu Seketika

17 Sep 2020, Ditulis oleh Fiona

Cara Membangkitkan Jiwa Usahawanmu Seketika

Berencana membuat sebuah usaha baru bersama teman-teman kamu? Sebagai usahawan pemula perlu banget menjaga konsistensi niat dan tekad yang kuat untuk terus gigih membangun usaha, kita sebut saja motivasi ya. 

Sebenarnya apa sih motivasi itu?

Secara umum definisi atau pengertian motivasi dapat diartikan sebagai suatu tujuan atau pendorong, dengan tujuan sebenarnya tersebut yang menjadi daya penggerak utama bagi seseorang dalam berupaya dalam mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkan.

Keberadaan motivasi ini tentu penting, BossQ. Apalagi ketika kamu dihadapkan pada kendala atau beberapa hambatan. Dengan motivasi yang kuat dan datang dari diri sendiri, kamu bisa tetap semangat dan lebih cepat bangkit bahkan menjadi lebih sukses dari sebelumnya.

Lalu bagaimana cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap termotivasi sebagai pengusaha? Nah, kalau kamu penasaran, yuk segera cek apa saja sih motivasi yang bisa kamu lakukan!

Rekomendasi Cara untuk Membangkitkan Motivasi Usaha

Ada banyak jalan menuju Roma alias ada banyak cara untuk membangkitkan motivasi agar kita cepat sukses. Untuk membangkitkan motivasi pengusaha sukses, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan 8 hal di bawah ini. Yuk langsung scroll down apa saja cara-caranya!

1. Tetapkan Goal Pribadi

Sebelum membuka usaha, tentu kamu sudah merencanakan goal atau tujuan usaha kamu. Goal tersebut tentu juga sudah termasuk core values. Namun tak hanya itu saja, kamu sebaiknya tidak lupa untuk membuat goal pribadi. Untuk membuatnya, sebaiknya tulislah goal kamu menjadi usahawan itu seperti apa. Boleh ditulis di atas kertas, smartphone, maupun catatan di komputer. Tujuannya sederhana. Di saat kamu kehilangan motivasi, kamu bisa ingat kenapa kamu memulai usaha ini. 

Alasannya pun tak perlu muluk-muluk. Misalnya, ingin jadi bos bagi diri sendiri, membuka lapangan kerja untuk orang lain, bahkan membuat perubahan bagi lingkungan dengan usaha yang kamu geluti. Nah sekarang tunggu apa lagi? Yuk segera tulis goal pribadi kamu dan memulai usaha!

2. Baca atau Nonton Film Tentang Kesuksesan

Selain menetapkan goal pribadi, kamu juga perlu belajar dari pengalaman-pengalaman pengusaha sukses. Kisahnya bisa kamu dapatkan dari membaca buku atau bahkan menonton film. Kisah sukses mereka tentu bisa kamu gunakan untuk menjadi sumber motivasi. Terlebih kamu juga bisa belajar bagaimana mereka mengatasi masalah dalam menjalankan usaha mereka.

Salah satu film yang Qasir rekomendasikan untuk ditonton adalah film drama Korea berjudul “Itaewon Class.” Sudah nonton belum? Nah...Kegigihan Park Sae-ro-yi dalam mencapai kesuksesan patut diacungi jempol. 

Ini dia pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan saat menyaksikan “Itaewon Class”:

  • Selalu berjuang meskipun badai menerjang usahanya sampai titik darah penghabisan.

  • Menghargai hasil yang dikeluarkan dari hasil keringat sendiri.

  • Selalu terbuka pada siapapun dan memiliki informasi yang transparan.

  • Percaya penuh pada karyawan dan selalu memberikan motivasi yang kuat.

  • Tidak pernah berhenti berharap dan terus mengembangkan usahanya.

3. Gabung dengan Komunitas Usahawan

Pengalaman adalah guru terbaik. Bisa berbagi sambil belajar mengatasi masalah dan mencari solusi bersama tentu akan meringankan sedikit problem usaha kamu. Salah satu cara belajar dengan usahawan lain adalah bergabung dengan komunitas di media sosial atau pun forum khusus usahawan.

Dengan gabung ke komunitas kamu nggak hanya bisa mendapatkan relasi baru, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang memiliki pemikiran bahkan visi yang sama. Terpentingnya lagi mereka tidak ‘pelit’ ilmu. 

Walaupun dari industri yang berbeda, mereka tetap akan membantu kamu meningkatkan motivasi serta memberi trik sukses yang telah mereka terapkan saat melakukan usaha. Dengan begitu, kamu bisa saling belajar karena kamu pun bisa membagikan segala pemikiran dan memecahkan masalah bersama usahawan lainnya.

Kalau kamu mau gabung dalam Komunitas Usahawan Qasir, kamu bisa hubungi tim kami melalui WhatsApp di wa.me/6282122103401 (Willman). Di sini kamu bisa bertemu sesama usahawan pengguna Qasir. Kamu bisa bertukar pikiran, dan update informasi serta ilmu terbaru di dunia usaha. Qasir juga kerap mengadakan training, workshop dan webinar dengan pembicara yang kompeten di bidangnya untuk mengisi wawasan dalam usaha. 

4. Bangkitkan Semangat dengan Ilmu Bermanfaat

Ada kalanya kita tak melulu fokus dengan pekerjaan. Manusia juga punya batas dalam bekerja. Ide mandek atau usaha belum mencapai target juga bisa bikin kita jadi patah semangat. 

Namun jangan berhenti dulu. Yuk bangkitkan semangat dengan ilmu bermanfaat! Dari mana kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu tersebut? Kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti sharing session yang bisa memperkenalkan kamu dengan banyak pengusaha sukses lainnya. Siapa tahu mereka bisa memberikan kamu ide-ide segar yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Tak lupa, selain membaca buku, nonton film, dan ikut kelas sharing session, kamu juga bisa saling berbagi kasih sayang dengan keluarga tercinta. Dengan begitu, kamu akan kembali semangat. Karena kalau bukan untuk mereka kamu bekerja, untuk siapa lagi?

5. Lakukan Rutinitas Sehat Sebagai Ajang Lepas Penat

Fokus pada kesuksesan tentu sudah pasti kamu jalani dalam mengejar impian menjadi usahawan sukses. Berbagai rintangan, halangan, dan hambatan pun selalu datang menyertai namun kamu bisa menghadapi dengan baik.

Namun terlalu memfokuskan diri juga ada efek sampingnya. Ini bisa membuat kamu stress, kesehatan menurun, dan depresi. Fokus memang baik, namun nggak ada salahnya kok kamu juga tetap menjalankan rutinitas yang sehat agar terhindar dari risiko stress. Misalnya tetap meluangkan waktu olahraga satu jam dalam sehari, minum dan makan bergizi secara teratur, merawat diri, serta istirahat yang cukup. 

Setidaknya dengan kamu melakukan rutinitas seperti ini, kamu bisa memiliki mental dan fisik yang terus terjaga. Yuk lakukan gaya hidup ini secara rutin!

6. Rutinitas Pagi Usahawan Sukses Itu Beda!

Kalau biasanya kamu mengisi pagimu dengan menyeruput kopi, sarapan, lalu berangkat kerja, ternyata kamu masih belum bisa dikatakan produktif lho. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, “Apa sih rahasia pengusaha sukses?” Ternyata rahasianya adalah mereka menjalani hari-hari yang berbeda. Perbedaannya itu mencakup bangun lebih awal, mandi, tidak pernah melewatkan sarapan, dan membuat to do list (rencana kerja) setiap hari. 

“Ya, itu sih mudah,” begitu mungkin pikirmu. Namun ternyata ada yang lebih spesial. Mereka juga melakukan beberapa hal, antara lain menghubungi calon investor, menyusun strategi promosi media sosial, menulis konten baru untuk blog, memiliki gaya hidup yang seimbang antara hidup dan karier, menonton film favorit, dan olahraga secara rutin. Ayo, kamu melakukan keenam kegiatan ini atau tidak?

7. Disiplin dalam Mengendalikan Diri

Tujuan hidup sudah mantap. Tujuan bisnis pun sudah matang. Namun nggak menutup kemungkinan kalau kita juga sering kehilangan fokus. Misalnya alih-alih sibuk merencanakan tentang usahamu, kamu malah kehilangan fokus membuka media sosial.

Ini dia yang perlu kamu waspadai. Sebagai usahawan kamu tentu perlu disiplin dalam mengendali kan diri. Sebab godaan yang datang tak hanya satu, melainkan banyak. Kuat mengendalikan diri agar tidak kehilangan fokus tentu harus kamu lakukan. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengingatkan diri?

Pertama, kamu perlu memberikan deadline pribadi untuk menyelesaikan tugas-tugas kerja dalam waktu tertentu. Sehingga kamu akan menyelesaikannya tepat waktu. Kedua, kamu juga perlu menetapkan berapa lama kamu boleh membuka media sosial. Setelah waktunya habis, kamu juga harus disiplin untuk keluar dan kembali fokus pada pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Ketiga, kamu perlu berani mendisiplinkan diri untuk tidak melanggar peraturan yang kamu buat sendiri.

8. Teliti dalam Laporan Keuangan

Karena itu, buatlah sistem pembukuan yang memudahkan kamu dalam pencatatan uang. Nggak usah repot mencari lagi, kamu sudah berada di tempat yang tepat. Download aplikasi Qasir di sini, kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan otomatis yang langsung dikirim ke email. Kamu pun bisa tahu penjualan lebih mudah dan bebas memilih waktu pengiriman. Yuk langsung download agar sistem keuangan kamu tetap terjaga dengan baik!

Dengan Laporan Penjualan Otomatis, setiap harinya kamu perlu memeriksa pengeluaran maupun pemasukan secara lengkap tanpa ada yang terlewat. Karena dengan begitu, kamu bisa memprediksi sampai di mana usaha kamu akan bertahan dan berapa lama jangka waktunya. 

9. Begadang Jangan Begadang

Ternyata lirik lagu ini banyak benarnya lho, BossQ. Begadang itu memang tidak ada artinya. Alih-alih ingin mendapatkan ide segar tengah malam, yang ada fisik dan mental kamu jadi melemah karena kita kehilangan waktu tidur yang nyenyak.

Selain fisik melemah, kamu juga jadi kurang konsentrasi dan cenderung ‘menghalalkan’ ide yang masuk tanpa disaring karena sudah lelah. Akibatnya ide-ide yang diperjuangkan tengah malah justru tidak ada yang bisa dipakai. Daripada seperti itu, lebih baik kita ikuti kebiasaan pengusaha sukses yang tidak pernah melewatkan waktu tidur malam mereka. Sebab mereka sadar bahwa tidur malam sangat diperlukan untuk kesehatan fisik dan mental. Ayo siapa nih yang masih sering begadang?

10. Berikan Apresiasi Terhadap Diri Sendiri

Mencapai target setelah bekerja dengan baik itu pasti menyenangkan. Rasa senang itu tidak ada salahnya kalau tidak dirayakan. Nah, agar kamu terus termotivasi dan semangat dalam menjalankan usaha, ada baiknya kalau kamu mengapresiasi diri sendiri dengan memberi hadiah kecil. 

Ada bermacam-macam hadiah yang bisa kamu berikan pada diri sendiri, antara lain adalah cuti sejenak dan melakukan perjalanan singkat atau sekadar makan malam bersama orang tersayang. Kalau kamu lebih sering melakukan yang mana nih, BossQ?

Itu dia 10 hal yang bisa bikin motivasi usahawan kamu terus bangkit. Kalau semangat kamu sudah melemah, coba dengarkan lagu Kunto Aji yang berjudul “Pengingat”. Dalam lirik itu Kunto menyanyikan, “Ingatlah mimpimu yang kau kejar dulu, jangan layu. Jangan kau ragu-ragu sekarang.” Jadi artinya, kalau kamu sudah mulai kehilangan arah, jangan ragu untuk mengingat tujuan awal kamu membuat usaha ini ya. Tetap semangat!

#Qasir

Baca juga:

 

 

 

Share artikel ini