Inspirasi

Ketahui Cara Memulai Usaha Laundry Bagi Pemula

24 Aug 2020, Ditulis oleh Fiona

Ketahui Cara Memulai Usaha Laundry Bagi Pemula

Modal sudah ada, sayangnya belum tahu mau usaha apa. Gimana kalau membuka usaha laundry. Cukup menjanjikan, lho!

Beberapa tahun ini usaha laundry terbilang cukup menjamur. Asiknya menjalankan usaha ini, kamu tidak dituntut harus memiliki banyak skill. Karena itu, banyak pengusaha pemula yang memulai usahanya dengan usaha laundry. 

Sejarah Usaha Laundry

Yup, sebelum mengenal lebih jauh ada baiknya kamu mengerti dulu mengenai usaha laundry ini. Usaha laundry merupakan sebuah bidang jasa yang menawarkan pelanggan untuk mencuci barang milik konsumen. Umumnya barang yang dicuci adalah pakaian dan sepatu.

Usut punya usut, usaha laundry ini sudah ada sejak tahun 1851 lho, BossQ. Usaha laundry ini didirikan oleh salah seorang imigran asal Cina bernama Wah Lee. Ia adalah orang pertama yang menjalankan usaha laundry tangan. Sejak saat itu, usaha laundry mulai menyebar hingga ke seluruh dunia. Hingga kini, usaha laundry merupakan salah satu usaha yang mendatangkan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Skala usaha ini pun beragam, kamu bisa memulainya dari usaha rumahan sederhana sampai usaha laundry yang menuntut ketelitian dan perencanaan matang. Jenis-jenis usaha laundry pun berbeda-beda, antara lain laundry konvensional, kiloan, sepatu, hotel, express, dan usaha. Kamu tentu sudah menemui satu di antaranya. Selain keenam jenis laundry tadi, ternyata ada lagi nih jenis laundry yang baru, yaitu laundry koin.

Buat kamu yang nggak sabar mau memulainya, eits tunggu dulu. Ada yang perlu kamu ketahui nih bahwa setiap usaha tentu punya kelemahan dan kelebihannya. Sama halnya seperti usaha laundry ini. 

Kenali Kelemahan dan Kelebihan Usaha Laundry

Kelemahannya, usaha laundry merupakan jenis usaha sederhana, setiap orang bisa melakukannya, nggak heran kalau persaingan usaha ini cukup ketat sehingga kamu perlu perang harga bahkan membuat pembeda dengan jenis usaha lainnya. Selain itu, bila usaha kamu masih terbilang usaha rumahan yang tidak memakai mesin cuci dengan pengering khusus, kamu juga perlu mengkhawatirkan dari segi cuaca. 

Nah, di samping itu ada lagi nih yang perlu kamu pikirkan lagi. Kamu perlu memperhitungkan dari segi ruang. Sebab, usaha laundry tentu membutuhkan ruang yang dapat menampung mesin cuci, pengering, area menjemur, papan setrika, bahkan area pengepakan. Namun jangan khawatir, di samping kelemahan tentu usaha laundry ini juga punya banyak kelebihan.

Baca juga:

Kelebihan usaha laundry ini adalah dibutuhkan banyak orang, sehingga nggak heran kalau banyak dicari. Selain itu usaha ini juga tidak menuntut kamu untuk memiliki skill terlalu tinggi. Siapapun bisa mempelajarinya, asal kamu konsisten, tentu kamu bisa meraup keuntungan. Tidak hanya dua kelebihan itu saja, kamu juga bisa memulai usaha ini dari rumah kamu sendiri lho. Bila kamu memiliki ruang kosong yang tidak terpakai, kamu bisa menggunakannya tanpa harus menguras modal untuk biaya sewa bangunan. Praktis, kan?

Jadi semakin penasaran sama jenis-jenis laundry dan bagaimana cara memulai usaha masing-masing laundry tersebut? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Tips Cara Memulai Usaha 3 Laundry Rumahan yang Begitu Menjanjikan

1. Laundry Kiloan

Dalam beberapa tahun belakangan, usaha laundry kiloan kian menjadi salah satu ladang usaha yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Sepanjang mata memandang, banyak laundry kiloan muncul di beberapa area perumahan. Usaha ini memang terbilang cukup menjanjikan, terlebih apabila kamu memang tinggal di daerah dekat area kampus atau perkantoran. 

Modalnya pun tak begitu banyak. Cukup memiliki modal kurang dari Rp4 juta, kamu sudah bisa membuka usaha laundry kiloan. Dengan modal tersebut, kamu dapat membeli mesin cuci standar, pengering, setrika, timbangan, deterjen dan pewangi, serta peralatan lain seperti ember, jepitan jemuran, serta penggantung jemuran.

Lalu dari modal tersebut, berapa banyak pemasukan yang bisa kamu dapatkan? Yup, dari perhitungan keuntungan dengan rata-rata order cucian baju 20 kilo dalam sehari dengan tarif Rp5 ribu per kilogram plus layanan setrika, maka pemasukan yang bisa kamu dapatkan sebulan adalah sekitar Rp3 juta dalam sebulan. 

Hmm… cukup menjanjikan kan, BossQ? Tapi sebelum berkhayal terlalu jauh, kamu juga perlu beberapa hal yang perlu diperhitungkan nih. Salah satunya adalah penggunaan mesinnya. Apakah satu mesin cuci cukup untuk melayani semua orderan dalam sehari. Begitu juga dengan perhitungan mempekerjakan pegawai. Apakah kamu akan memerlukan tambahan pegawai atau cukup kamu saja yang mengerjakan keseluruhannya? 

2. Laundry Koin (Laundromat)

Kini usaha laundry koin kembali lagi menjadi tren. Mungkin beberapa dari kamu sudah sering melihat pengusaha jasa laundry koin sejenis ini di Eropa, Amerika, Australia, dan beberapa kawasan Asia lainnya. Sejak tahun 2012, laundry koin sudah mulai dilirik oleh pengusaha di Indonesia. Di tahun itu memang sedikit yang masih menggunakan teknologi koin. Sehingga kompetitornya pun belum terlalu banyak.

Padahal laundry jenis ini cukup memiliki kelebihan lho, BossQ. Sebab laundry ini menawarkan privasi bagi pelanggannya karena pakaiannya tidak disentuh oleh pekerja laundry atau pelanggan lainnya. Proses pencuciannya pun lebih cepat, hanya 1-2 jam. Pelanggan pun bisa langsung melihat bagaimana proses pengerjaannya secara langsung. Harganya juga relatif lebih murah karena pelanggan tidak perlu membayar jasa pegawai untuk mencucinya. Ketika menunggu, pelanggan bisa bersosialisasi dengan pelanggan lain sehingga pengalaman mencuci pun bisa terasa lebih menyenangkan.

Sebagai pengusaha, kamu juga bisa mendapatkan beberapa manfaat nih. Usaha kamu jadi lebih minim pekerja. Kamu nggak membutuhkan banyak ruang untuk menjemur, pengemasan, bahkan penyimpanan pakaian, risiko komplain pun lebih kecil karena usaha ini menggunakan sistem self service. 

Namun sayangnya untuk memulai usaha ini modal yang kamu perlukan cukup besar nih, BossQ. Seharga Rp200 juta, kamu sudah bisa membangun usaha laundry koin. Dengan modal awal ini, kamu bisa mendapatkan 3 unit mesin laundry kapasitas 6 kg seharga Rp50 jutaan. 

Untuk memulainya, kamu perlu mempersiapkan tempat usaha dengan pegawai 1-2 orang, mesin cuci, dan berbagai perlengkapan lainnya. Sebaiknya pilih kapasitas dan harga mesin cuci yang sesuai dengan anggaran belanja kamu. Bila tempat usahamu sudah siap, maka ini saatnya kamu mulai menentukan harga. 

Bayangkan begini estimasi perhitungannya. Mesin cuci kapasitas 6 kg umumnya beroperasi selama 15 menit. Dalam 1 kali pengerjaan, mesin cuci ini mematok 1 koin. Begitu juga dengan mesin pengering. Setiap koinnya diberi harga Rp 10.000 - Rp15.000. Bila dalam sehari kamu berhasil menjual 100 koin, maka kamu bisa mendapatkan omset kurang lebih Rp30 jutaan setiap bulan. Nah, kalau kamu sudah memutuskan tarif jasanya, lalu kamu bisa melanjutkan ke tahap pemasaran.

Bentuk pemasarannya pun beragam. Kamu bisa menggunakan spanduk, brosur yang disebarkan ke lingkungan sekitar atau media sosial. Kalau mau lebih mudah, kamu bisa coba memulai usaha ini dengan cara franchise yang sudah jelas perhitungannya.

3. Laundry Sepatu

Belum lama ini sejumlah generasi millenial punya hobi baru, yaitu mengoleksi sepatu. Kamu adalah salah satunya? Ternyata seiringnya banyak yang mengoleksi sepatu, usaha laundry sepatu juga turut naik daun nih. Usaha ini memang tidak butuh modal besar seperti usaha laundry lainnya. Jadi buat kamu yang mau usaha laundry rumahan dan punya modal kecil, usaha ini cocok banget.

Untuk memulainya, sebaiknya analisa dulu nih. Apakah usaha ini memiliki potensi yang bagus atau tidak di sekitar rumah kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan observasi langsung di daerah sekitar rumah kamu. Umumnya target market usaha ini adalah siswa, mahasiswa, pegawai kantor, atau bahkan kolektor sepatu. Kalau target market tersebut cukup banyak di wilayah kamu, artinya usaha laundry sepatu ini bisa mendatangkan cuan buat kamu. 

Setelah melakukan observasi lapangan, kamu bisa mulai melengkapi usaha kamu dengan area mencuci, area pengeringan, rak atau lemari sepatu, dan perlengkapan lain seperti deterjen dan pewangi. Di samping sikat dan sabun, bila kamu ingin serius sebaiknya investasikan modal kamu di mesin cuci khusus sepatu. Harga mesin cuci sepatu ini cukup bervariasi, mulai dari Rp2 juta hingga di atas Rp5 juta. Agar proses laundry lebih efektif dan efisien, pilihlah mesin cuci sepatu yang sudah dilengkapi dengan fitur dryer atau pengering. 

Setiap sepatu tentu memiliki bahan yang berbeda-beda. Pahami juga bagaimana cara merawat sepatu berdasarkan bahannya. Sebab berbeda jenis bahan, berbeda juga cara merawatnya. Umumnya jasa yang ditawarkan adalah quick cleaning, deep cleaning, special treatment, unyellowing untuk sepatu putih, repaint, dan leather care. Masing-masingnya memiliki harga beranekaragam. Tergantung pada bahannya.

Bila kamu mematok harga Rp25 ribu hingga Rp200 ribu, buka setiap hari, dan minimal pelanggan yang datang 20 orang per hari, maka omzet yang akan kamu dapatkan adalah Rp15 juta sampai Rp120 juta per bulan. Kalau diasumsikan, keuntungan bersih yang bisa kamu dapatkan adalah 25% dari omzet, yaitu sekitar Rp3,7 juta sampai Rp30 juta per bulan.  

Agar usaha laundry sepatu kamu bisa lebih dikenal oleh banyak orang, jangan lupa lakukan strategi pemasaran ya BossQ. Supaya pelanggan tetap loyal pada usaha laundry kamu, siapkan juga program loyalitas. Program tersebut bisa dalam bentuk cap 10 kali gratis 1 kali atau menggunakan aktivitasi digital agar hype-nya lebih besar.

Itu dia cara memulai tiga usaha laundry sebagai pemula lengkap dengan estimasi modal dan keuntungannya. Setiap usaha tentu ada tantangannya. Supaya hasil cuan kamu bisa lebih maksimal, jangan lupa untuk tetap konsisten ya. 

Bagaimana Qasir Bisa Membantu Usaha Laundry Kamu

Seperti juga usaha lainnya, usaha laundry pun memerlukan alat bantu pencatatan transaksi keuangan. Aplikasi Qasir sangat cocok untuk usaha laundry. Bukan hanya diperuntukkan bagi produk berupa barang, kolom produk di aplikasi juga bisa kamu isi sebagai produk layananmy. Apa lagi pada kolom produk kamu bisa masukkan satuan kilogram. Ini memudahkan kamu memberikan harga untuk setiap produk layanan kamu.

Misalnya: Nama produk "cuci saja" harga Rp6000 per kg. "Cuci setrika" harga Rp7500 per kg. "Setrika saja" harga Rp6000 per kg. Begitu ada pelanggan yang membeli layanan laundry-mu, kamu tinggal masukkan saja produk mana yang diambilnya, lengkap dengan kuantiti. Kamu bisa mencetak salinan struk pesanan dengan Cetak Struk Pesanan untuk pelanggan. Nantinya begitu cucian sudah selesai, dia tinggal menunjukkan salinan pesanan tadi dan ditukar dengan struk sebagai alat bukti pembayaran yang sah. 

Ingin tahu lebih banyak tentang fitur Cetak Tiket Pesanan? Klik link ini  dan baca cara menggunakannya pada aplikasi Qasir kamu. Jika ingin mengaktifkan fitur Cetak Tiket Pesanan, klik link ini, kamu cukup membayar sekali saja untuk mengaktifkan fitur Cetak Tiket Pesanan selamanya. Buat kamu yang belum menggunakan Qasir, kamu bisa menggunakan semua fitur dasar Qasir secara GRATIS dengan cara mendownload pada link ini.

#Qasir
 

 

 

 

Share artikel ini