Inspirasi

Fitur-Fitur Hebat di Point Of Sale Qasir yang Mungkin Kamu Belum Tahu

01 Jul 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

 Fitur-Fitur Hebat di Point Of Sale Qasir yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa aplikasi Qasir hanya terbatas pada alat untuk mencatat transaksi penjualan dan mencetak struk saja. Padahal ada banyak sekali fasilitas berupa fitur dalam Point Of Sale (POS) atau aplikasi kasir digital Qasir yang bisa kamu maksimalkan untuk bantu kamu jalankan usaha dengan efektif dan lebih efisien. 

Biar nggak berpanjang-lebar lagi, yuk kita kenalan dengan fitur hebat di aplikasi Point Of Sale Qasir yang mungkin saja belum kamu maksimalkan, atau bahkan belum kamu tahu. 

1. Fitur Kasbon

Sesuai namanya, fitur ini dibuat untuk memudahkan kamu mencatat transaksi tertunda (transaksi kasbon) lengkap dengan nama pelanggan dan tanggal jatuh temponya. Kamu juga akan menerima notifikasi di aplikasi Qasir kamu. 

Fitur Kasbon sangat cocok untuk usaha kelontong, agen grosir, ataupun supplier yang sering bertransaksi dengan cara “bayar di belakang”. Kadang ada kesulitan membuat usahawan yang sudah sangat nyaman dengan buku catatan kasbon dan banyak coretan-coretan untuk berpindah ke catatan digital. Padahal buku catatan kasbon manual sangat beresiko rusak, sobek, hilang, kena air, terbakar dan lain-lain.

Jika kamu menggunakan fitur Kasbon, catatan kramat kasbon pelangganmu bakalan aman tersimpan di cloud yang bisa diakses dari mana saja, kapan saja, hanya perlu melakukan login akun Qasir kamu. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

2. Variasi Produk

Variasi Produk digunakan jika suatu produk memiliki lebih dari satu jenis / variant baik itu harganya sama atau berbeda. Memasukkan variasi produk memudahkan kamu memecah informasi / deskripsi produk menjadi lebih detail. Ini tentu akan memudahkan kamu memantau inventory atau kelola produkmu. 

Namun nyatanya masih banyak usahawan yang hanya memasukkan nama produk dan harga produk, tanpa memasukkan variasi produknya. Meski kadang beberapa variasi produk memiliki harga yang sama, namun sebaiknya semua produk di-input berdasarkan variasinya. 

Apa gunanya? Salah satunya mudahkan kamu mengevaluasi produk mana yang paling diminati pelanggan, dan mana yang kurang mendapat respon bagus. Karena terkadang, variasi satu dengan yang lainnya dari suatu produk, bisa berbeda performa penjualannya. Fungsi lainnya adalah memberi masukan dalam pemenuhan stok bahan baku. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

Baca juga:

3. Scanner Barcode dengan Kamera HP

Sudah tahu belum kalau kamu dapat menggunakan kamera HP kamu untuk melakukan scan barcode di aplikasi Qasir? 

Scan barcode sangat berguna saat kamu melakukan transaksi. Tidak perlu search produk, tinggal scan saja, langsung masuk di menu Transaksi. Untuk bisa menggunakan Scanner Barcode, kamu tinggal masuk ke menu Kelola Produk, lalu saat menambahkan produk, pada kolom Kode Produk / Barcode kamu bisa klik simbol yang ada di sampingnya untuk input barcode dari produk tersebut menggunakan kamera HP kamu.

Nah, ketika transaksi, kamu tinggal scan lagi barcode saat pelanggan hendak lakukan pembayaran. Simpel. Canggih. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

4. Fitur Pelanggan

Fitur Pelanggan memungkinkan kamu menyimpan data pelanggan kamu mulai dari nama, foto, nomer telepon, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, dan alamat emailnya. 

Mengapa data pelanggan menjadi penting?

Yang pertama, dengan data pelanggan yang membeli di tokomu, kamu bisa tahu suatu produk lebih diminati oleh pelanggan dengan segmentasi yang seperti apa. Ini bisa jadi insight yang bagus untuk usahamu, terutama saat kamu perlu melakukan promosi diskon yang tersegmentasi. 

Kedua, dengan data pelanggan kamu jadi tahu siapa saja pelanggan yang paling sering berbelanja di tokomu. Kamu bisa memberikan program loyalty pada pelanggan setiamu agar mereka tidak berpaling dari tokomu. 

Masih banyak lagi fungsi fitur Pelanggan. Yang terpenting adalah kamu harus menjaga kerahasiaan data pelangganmu agar tidak sampai bocor ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

5. Pesan Barang

Iya, bukan hanya bisa membantu usaha kamu mulai dari pencatatan transaksi, cetak struk, laporan penjualan, kelola stok, pegawai dan outlet, Qasir juga bisa bantu memudahkan kamu untuk belanja bahan baku. 

Tinggal masuk ke menu Pesan Barang dan mengikuti petunjuk selanjutnya, kamu sudah bisa belanja untuk kebutuhan tokomu. Barang yang ditawarkan juga sangat variatif, mulai dari barang-barang FMCG, bahan baku segar dari supplier terpercaya, produk kemasan dan alat makan sekali pakai, hingga biji kopi.

Lengkap banget kan? Selain itu Qasir juga sering ngadain promo berupa diskon ataupun program gratis ongkir. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

6. Bayar Tagihan

Sayang banget lho kalau aplikasi secanggih ini kamu gunakan cuma untuk transaksi aja. Sementara sebenarnya kamu juga bisa dapat penghasilan tambahan dengan menjual pulsa, kuota, token listrik, saldo Go-Pay, dan lain-lain. 

Duplikasi saja cara Mbak dan Mas di minimarket, setiap ada pelanggan yang mau bayar belanjaannya, tawari juga untuk isi pulsa atau beli token listrik. Meski saat itu dia menolak, paling tidak pelangganmu sudah tahu kalau tokomu menyediakan aneka produk digital atau PPOB.

Oiya, karena PPOB di Qasir untuk dijual lagi, jadi harganya sangatlah murah. Kamu juga bisa gunakan untuk isi pulsamu sendiri, keluarga, pegawai, dan orang-orang terdekat. 

Lihat cara penggunaannya di sini.

7. Pembelian Produk via Backoffice

Salah satu fungsi Backoffice yang jarang banget dimanfaatkan pengguna adalah ini: Memasukkan daftar pembelian / pesanan untuk supplier. 

Iya, sebelum melakukan pembelian, kamu bisa melakukan listing untuk produk apa saja yang akan kamu pesan ke supplier langgananmu. Caranya juga mudah, tinggal klik Menu Inventaris di Backoffice, lalu pilih menu Supplier untuk memasukan data supplier / pemasok produk yang biasa kamu beli.

Setelah itu, setiap kamu ingin belanja, kamu tinggal meng-input apa saja yang ingin kamu beli. Begitu belanjaan / produk sudah tiba, kamu tidak perlu lagi menginput stok ke dalam inventory kamu, kamu hanya perlu menandai kalau produk sudah tiba, maka stok akan bertambah secara otomatis ke dalam data inventory kamu.

Canggih banget kan?

Lihat cara penggunaannya di sini.

Sudah kenalan kan dengan fitur-fitur hebat di Qasir? Yang lebih hebat lagi, semua fitur yang disebutkan tadi semuanya GRATIS. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu memiliki perangkat / ponsel Android, lalu download aplikasi Qasir di Google Playstore. Tampilan yang simpel dengan bahasa yang mudah dipahami bikin siapa pun bisa dengan mudah menggunakannya, bahkan pegawai baru kamu. 

#Qasir











 

Share artikel ini