Inspirasi

Mengapa UMKM Perlu Melek Teknologi?

08 Sep 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Mengapa UMKM Perlu Melek Teknologi?

Perkembangan teknologi bergerak seiring perubahan zaman. Mau nggak mau, kita harus beradaptasi. Bukan hanya beradaptasi dalam masyarakatnya saja. Demi cuan tanpa henti, kamu juga perlu beradaptasi dengan perubahan teknologi pada dunia usaha.

Dari CNNIndonesia.com dilansir, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan hingga saat ini ada 9,4 juta UMKM yang go digital. Jumlah tersebut, bertambah sebanyak 1,4 juta dari tahun 2019 yang masih di angka 8 juta UMKM. Fakta ini berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),

"Alhamdulillah adanya kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pelaku UMKM dipaksa untuk menggunakan teknologi informasi, maka penggunaan teknologi melonjak, sekarang di marketplace jumlahnya sudah 9,4 juta," ujar Arif dalam webinar yang digelar Gojek.

Arif melanjutkan, berdasarkan data yang dihimpun Kemenkop UKM dari 230 ribu responden UMKM, terdapat penurunan permintaan terhadap produk dan jasa UMKM sebesar 23,40 persen selama pandemi covid-19.

Penurunan permintaan terutama dialami sektor pariwisata dan transportasi lantaran anjloknya mobilitas orang selama pandemi. Meski demikian, ada sejumlah lapangan usaha yang meningkat tapi belum bisa dioptimalkan lantaran pelaku UMKM tak bisa mengakses pasar digital. Salah satunya, kata Arif, adalah sektor pangan dan obat-obatan.

Digitalisasi bagi UMKM amatlah penting, sebab perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah terbukti dapat memberi peluang lebih besar kepada UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.

Namun sayangnya, peluang tersebut belum dimanfaatkan secara optimal sebab dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13 persen yang telah go digital.

Dalam menghadapi perubahan teknologi ini, sebagai usahawan kamu juga harus memiliki pola pikir yang terbuka dan solutif. Mengapa? Karena dengan pola pikirmu itu, kamu bisa menghadapi banyak hal. Dari mulai tantangan dalam bisnis, hambatan, hingga masa-masa sulit. 

Nggak sedikit lho orang yang menolak perubahan zaman bahkan memandang miring sebuah “kebaruan”. Ini semua dikarenakan mereka terlalu nyaman dengan cara lama. Sayangnya beberapa usahawan seperti ini justru membuat usaha jadi stagnan. Bayangkan, ketika usahawan lain sudah mulai berkarya sampai kancah internasional, ia malah asyik tetap berkembang di ranah lokal.

Hal ini juga berlaku saat kemunculan internet. Nggak banyak lho yang memandang internet sebagai penghalang usaha mereka. Ketakutan mempelajari hal baru terus membuat mereka terperangkap di antara perubahan zaman. Padahal perubahan seperti ini seharusnya dijadikan sebagai tantangan yang harus ditaklukan.

Ketika ingin sukses di tengah perubahan zaman, kuncinya kita semua harus beradaptasi. Bagai hukum alam, siapa yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, terpaksa harus gulung tikar.

Karena itu yuk ubah pola pikir, mulai beradaptasi, dan benahi diri dengan strategi pasti di era digital seperti sekarang ini!

Strategi Hadapi Tantangan di Era Digital

Sebenarnya strategi seperti apa sih yang perlu kamu lakukan agar usaha kamu tetap cuan tanpa henti? Yuk cari tahu apa saja yang perlu kamu benahi!

1. Mulai dulu, belajar sambil jalan

Saat ini zaman sudah berubah. Pergerakan usaha pun sudah bergerak dari konvensional ke digital. Berpikir terbuka dan menerima perubahan dengan memanfaatkan teknologi tentu dapat meningkatkan strategi usaha kamu. 

Bagaimana caranya? Ya, pada dasarnya teknologi itu dibuat untuk mempermudah usaha kamu. Membuat segalanya yang rumit menjadi lebih sederhana, efektif, dan efisien. Lalu dari mana kamu bisa memulainya? Yup, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan teknologi internet untuk pemasaran maupun membuat pembukuan dengan menggunakan komputer atau aplikasi yang bisa digunakan dari telepon genggam. Praktis!

Kayak aplikasi Qasir, praktis dan mudah digunakan, Kamu hanya harus download aplikasinya lalu mulailah berjualan, dengan memasukkan semua produk dan jumlah stoknya dalam aplikasi. Semudah itu! Download Qasir di sini.

2. Akrab dengan Media Sosial

Indonesia merupakan salah satu pengguna media sosial terbanyak di dunia. Coba tanya ke samping kamu, apakah dia memiliki Twitter, Instagram, Facebook, BBM, WhatsApp, Line, Youtube, dan sebagainya? Tentu mereka punya salah satu dari media sosial tadi. 

Karena itu, nggak heran dong kalau pemasaran lewat sosial media itu efektif digunakan sebagai strategi usaha kamu. Selain cakupan areanya yang luas, penggunaannya pun mudah. Agar kamu memiliki konten yang menarik, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam masing-masing media sosial tersebut. 

3. Perluas Area Pemasaran dengan Digital Marketing

Setelah kamu belajar menggunakan media sosial yang fasih, kamu juga perlu menerapkan digital marketing. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? Digital marketing merupakan aktivitas promosi sebuah brand atau produk dengan menggunakan media elektronik atau digital.

Dengan teknik Digital Marketing, kamu bisa mengoptimalkan usaha kamu dengan menggunakan email marketing, iklan media sosial berbayar, Search Engine Optimization (SEO), Iklan di Youtube, bahkan penyebaran banner melalui Google Display Network. Agar fasih, kamu tentu perlu mempelajarinya satu per satu bahkan menyewa digital agency khusus yang menangani hal ini.

4. Tingkatkan Penjualan dengan E-Commerce

Selain media sosial dan digital marketing, kamu juga perlu mengembangkan usaha melalui e-commerce. Bidang usaha di sini tak pandang bulu. Kamu bisa menjual apapun di sana, dari mulai kuliner sampai kendaraan roda empat sekalipun.

Dengan memasarkan usaha kamu melalui e-commerce, kamu bisa memperluas pemasaran kamu ke arah global, menyederhanakan cabang daerah, mengurangi biaya perusahaan sehingga pendapatan bersih meningkat, bahkan harga untuk konsumen yang lebih murah melalui telepon genggam.  

5. Kenalan dengan aneka Aplikasi

Setelah download aplikasi sosial media, kamu juga perlu tahu ada aplikasi yang dapat mengoptimalkan usaha kamu jauh lebih baik. Terutama aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan dari segi pembukuan, e-Commerce, administrasi, dan lain-lain. 

Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan kamu dalam menyusun laporan penjualan adalah Qasir. Di mana segala laporan yang terjadi dalam sebulan bisa dikirim langsung ke e-mail. Jadi segala arsip usahamu pun tersimpan rapih dan aman. Kamu pun juga bisa mengetahui pergerakan penjualan kamu lebih mudah. Serunya lagi, kamu bisa bebas memilih kapan laporan itu harus dikirim. Efektif banget, kan? Uniknya lagi aplikasi ini bisa langsung ada di genggaman kamu sekarang! Caranya download saja aplikasinya di sini!

Dengan menggunakan aplikasi, kamu tentu bisa mendapat banyak keuntungan. Dari mulai menghemat biaya, waktu, hingga tenaga.

6. Terus Berinovasi Tanpa Henti

Mengikuti perkembangan zaman tanpa berinovasi tentu juga tidak benar. Sebab inovasi merupakan bagian penting dalam strategi usaha kamu. Mengikuti perubahan tren dari waktu ke waktu tentu dibutuhkan untuk tetap bersaing dengan kompetitor kamu. 

Misalnya saja kalau kamu punya usaha donat kentang. Bila semua kompetitor juga sudah mulai membuat donat kentang bertabur gula, kamu bisa berinovasi dengan donat kentang frozen, donat kepang, bahkan varian lain seperti bomboloni dengan macam-macam rasa. Begitu juga dari segi pembayaran. Kalau kamu biasa menggunakan uang tunai atau kartu, dengan berinovasi kamu bisa menggunakan pembayaran dengan memanfaatkan teknologi QR yang disambungkan ke aplikasi pembayaran lainnya. 

Karena itu, sebaiknya buatlah produk atau jasa yang berbeda dan istimewa dari yang lain. Membuat inovasi memang sulit, karena kita juga tidak bisa memprediksi apakah perubahan yang diberikan itu dapat membawa keuntungan ataupun tidak. Karena itu, pandai-pandai melihat pasar dan melakukan proses yang baik serta benar, kamu pasti bisa menciptakan  inovasi.

7. Layani Setiap Pelanggan dengan Baik

“Pelanggan adalah raja.” Tentu kamu tahu pepatah ini dong? Yup, sebab apapun yang kita lakukan pada akhirnya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini juga tak mencakup di offline saja, di online pun kamu juga perlu melakukan hal-hal ini. 

Layanan saat online itu bisa berbagai macam. Dari mulai merespon chat dengan cepat, sampai mengupdate informasi ekspedisi atau jasa pengiriman paket hingga sampai di tangan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan juga bisa merasa aman sehingga usaha kamu pun bisa dapat memperoleh kepercayaan dari pelanggan dengan cepat. 

Mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan terdengar sepele. Tetapi percaya deh, jika kamu melakukannya dengan baik, kamu tentu akan menuai keuntungan besar di masa depannya. Yuk mulai dibiasakan, BossQ!

Mengubah pola pikir sudah! Namun sayangnya, usaha mengembangkan usaha di tengah era digital tak hanya di situ saja. Kamu juga perlu terbuka dalam menggunakan teknologi agar usahamu dapat bersaing dengan kompetitor. 

7 strategi tadi tentu bisa kamu lakukan untuk mengembangkan usahamu. Karena itu, yuk mulai benahi diri dan lengkapi diri dengan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu usahamu agar bisa tambah cuan tanpa henti. Terus semangat, BossQ!

Baca juga:

Share artikel ini