Tips

Ternyata mudah! Ini dia cara untuk jadi usahawan pro.

30 Nov 2020, Ditulis oleh Devi Septi

Ternyata mudah! Ini dia cara untuk jadi usahawan pro.

Menjadi usahawan "profesional" adalah impian semua usahawan yang sedang merintis. Mungkin kam salah satunya? Untuk menjadi pro, berjuang untuk mempekerjakan para profesional. Jadi, sebenernya, bagaimana cara untuk profesional?

Jawaban yang sulit namun jujur, ​​untuk pertanyaan ini adalah bahwa bisnis tidak akan pernah bisa menjadi benar-benar profesional selama pemiliknya tetap “berada dalam” bisnis tersebut. Maksudnya gimana nih? Gini, kalau kamu masih mengurus semua pengelolaan usaha kamu tanpa bantuan, kamu belum bisa dibilang usahawan yang profesional.

Tenang, bantuan bukan selalu berupa pegawai yang harus kamu bayar lho, bisa juga berupa bantuan teknologi dan perangkat khusus untuk membantumu mengelola usaha. Teknologi yang bisa kamu andalkan adalah teknologi point of sale atau POS. 

Artinya, jika kamu lagi googling aplikasi point of sale (POS) terus kamu ketemu artikel ini, selamat, kamu sudah tepat!

Sekilas Point of Sale



Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan sistem point of sale. Tapi nggak apa-apa ya kalau kami ingatkan lagi. Point of sale menjalankan fungsi yang sama seperti mesin kasir tradisional - bedanya point of sale modern sudah  portabel. Banyak juga yang menyebut sistem ini dengan nama mobil point of sale atau mPOS. 

Karena sistem POS modern dapat dijalankan dari perangkat pintar atau digital yang terhubung ke internet, ini membuka dunia peluang bagi bisnis - terutama bisnis kecil, pedagang kaki lima, dan bisnis yang biasanya bergerak, seperti truk makanan.

Aplikasi POS yang bisa digunakan pada gawai smartphone memungkinkan kamu menjalankan bisnis dari mana saja. Ini berbeda sekali dengan mesin kasir tradisional. Sistem POS seperti ini sangat cocok untuk mereka yang tidak selalu berada di dekat toko mereka. Sistem POS seluler memungkinkan bisnis yang sedang dalam perjalanan ini memproses transaksi di mana pun mereka berada.

Jika Anda ingin bersaing dalam cakupan bisnis modern, memiliki terminal dan aplikasi POS jadi suatu kebutuhan. Selain memudahkan proses transaksi dan pencatatannya, istem POS dapat menyediakan data yang tak ternilai bagi bisnis kamu. Tak terkecuali, bisnsi yang baru saja mulai, atau bahkan yang sekelas mikro sekalipun.

Nah, jika kamu belum memanfaatkan teknologi ini, sayang sekali ya. Namun jangan sedih, kamu bisa mulai dengan aplikasi Qair, karena Qasir menyediakan layanan gratis tanpa batas waktu untuk kamu yang baru saja memulai.

Buat kamu yang sudah menggunakan Qasir, pasti kamu sudah merasakan banyak manfaatnya, kan?  

Apa itu POS Qasir?

Aplikasi kasir digital atau sering disebut POS (Point of Sale) adalah teknologi digital yang membantu pelaku usaha dalam mengelola bisnis. Aplikasi kasir dapat digunakan di mana saja. Entah itu di kantor hingga lokasi bisnis yang sedang kamu rintis.

Kamu pernah melihat mesin kasir seperti tablet atau smartphone? Jika pernah, biasanya mesin kasir tersebut terkoneksi langsung dengan sebuah aplikasi Point of Sale (POS). Kamu akan menemui beragam fitur lengkap pada aplikasi kasir. Semua yang kamu butuhkan untuk mengelola usaha ada di aplikasi kasir.

Salah satu startup yang menyediakan layanan kasir POS, yaitu Qasir.id. Aplikasi Qasir yang telah berdiri sejak April 2015 memberikan solusi mudah bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Qasir mendukung UMKM agar beradaptasi dengan teknologi menggunakan aplikasi digital yang mudah.

Jika dahulu UMKM masih menggunakan sistem konvensional,seperti perhitungan kas keluar dan masuk, total penjualan dan sebagainya. Saat ini semua dipermudah dengan aplikasi online. Menariknya, aplikasi Qasir ini bisa digunakan free tanpa ada pungutan biaya apa pun. Kini, apliaksi Qasir sudah didownload lebih dari 500.000 kali oleh penggunanya.

Segala jenis usaha baik produk/jasa bisa menggunakan aplikasi Qasir. Selain transaksi keuangan yang bisa diatur. Kamu juga bisa mengelola produk. Mau tambah keterangan, deskripsi produk pun bisa. Mulai dari nama produk, kategori, harga hingga barcode. Tambah foto produk, atur stok jadi lebih efisien.

Proses pembayaran gampang, pedagang tenang, dan pelanggan pun jadi senang. Kamu tidak perlu lagi deh hitung-menghitung kembalian. Apalagi harus menukarkan uang kembalian sana-sini. Jadi, serba praktis kan? Teknologi benar-benar membantu aktivitas sehari-hari, tak terkecuali proses penjualan. Aplikasi Qasir memudahkan pelanggan untuk membeli produk.

Apa Itu Qasir Pro?

Qasir Pro adalah program berlangganan tahunan yang sifatnya optional. Jadi, kamu dapat mengakses semua fitur Qasir tanpa batasan waktu. Pengguna Qasir Pro memiliki keleluasaan untuk mengelola usaha. Namun, perlu diingat kamu juga bisa menggunakan Qasir secara gratis.

Pengguna Qasir Pro bisa mengakses fitur-fitur dasar yang juga dapat dinikmati pengguna Qasir Free sebagai berikut.

1. Sistem kasir/transaksi tanpa batasan
2. Menambahkan outlet sebanyak apa oun
3. Menambahkan produk tanpa batasan
4. Laporan penjualan 1 bulan terakhir
5. Pembayaran digital dengan QRIS

Juga mendapatkan akses berikut:

•    Mengatur Tipe Order pada Transaksi

•    Melakukan Import / Upload Produk tak terbatas

•    Melakukan Eksport Produk ke Excel

•    Mengatur Pajak per produk tak terbatas

•    Mengirim Struk Digital ke pelangganmu

•    Mengakses Laporan tanpa batasan waktu

•    Melakukan Export Laporan Penjualan

•    Melihat Laporan Penjualan secara detail

•    Mengakses fitur baru khusus Pengguna Pro

•    Fitur Absensi dan Laporan Absensi

•    Laporan Penjualan Otomatis langsung ke email

•    Mengatur hak akses pegawai dengan Otorisasi Pegawai

Kapan Perlu Langganan Qasir Pro?

Ingin mendapat akses laporan tidak terbatas? Kamu perlu langganan Qasir Pro. Pasalnya Qasir Free hanya  bisa digunakan untuk mengecek laporan selama 30 hari terakhir saja.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan Qasir Pro? Kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Login dengan akun Pemilik.
  • Klik tombol “Upgrade Ke Pro” yang terletak pada halaman utama/beranda
  • Lalu, tampil halaman Pop Up Pertama yang mengingatkan kamu dengan Qasir Pro.
  • Klik “Lanjut” maka kamu akan melihat Pop Up Kedua yang berisi informasi akses yang kamu dapat saat mengaktifkan Qasir Pro.
  • Klik button berwarna hijau "Mulai Sekarang".

Setelah selesai, kamu akan diarahkan langsung ke Google Play untuk melakukan pembayaran. Pembayaran mudah dilakukan dengan pulsa prabayar, kartu kredit/debit, GoPay ataupun saldo Google Play yang bisa kamu beli di Alfamart. Kamu tinggal pilih mana pembayaran yang diinginkan.

Lalu, bagaimana bila tidak berlangganan Qasir Pro?

Kamu tetap bisa melakukan transaksi, mengelola produk, dan outlet secara gratis.

Lain halnya jika usahamu hanya membutuhkan fitur tertentu saja. Kamu bisa mencoba Fitur Premium Qasir. Meskipun tidak berlangganan Qasir Pro. Fitur ini dapat dibeli secara satuan dengan harga terjangkau. Sementara bila kamu memerlukan akses lebih bebas dan lengkap, kamu dapat berlangganan Qasir Pro dengan menyisihkan uang Rp360.000 per bulan.

Cukup dalam satu aplikasi saja, Qasir menjawab dan menyediakan kebutuhan pelaku usaha. Semua fitur yang ada di dalamnya dapat meringankan pekerjaan selama mengelola usaha. Kini, semua keputusan ada di tanganmu. Yang mana yang paling sesuai, Qasir Free, Qasir Pro, atau Qasir Premium dengan fitur tambahan yang bisa dibeli secara satuan.

Pelajari tentang Qasir Free di sini
Pelajari tentang Qasir Pro di sini
Download Qasir GRATIS di sini 



Apabila operasional usaha belum memungkinkan menggunakan fitur berbayar maka Qasir Free bisa menjadi solusinya. Yang penting, jangan biarkan usaha kamu tidak terpantau ya. Yuk, download dan daftar sekarang!

#Qasir

Baca juga:

 

Share artikel ini