Edukasi

7 Cara Jitu Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

10 Nov 2021, Ditulis oleh peniasih rara

 7 Cara Jitu Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan terbentuk dari pengalaman berbelanja. Pengalaman positif yang dirasakan pelanggan, membuat mereka percaya untuk melakukan pembelian berulang di toko yang sama. 

Hal ini tentu memberikan keuntungan pada bisnis jangka panjang. Contohnya, toko kamu jadi lebih mudah dikenal customer hingga direkomendasikan kembali oleh pelanggan setia. 

Satu yang tak kalah penting, sebuah toko yang mendapatkan kesetiaan dari customer akan dinilai lebih unggul di kalangan kompetitor atau bisnis sejenis. Sebab, bukanlah hal mudah mendapatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan. 

Sebagai pelaku usaha, tentunya kamu juga ingin bukan, kalau pelanggan membeli terus-menerus dari toko kamu? Yuk, coba terapkan cara jitu tingkatkan loyalitas pelanggan berikut ini.

1. Beri Reward

Salah satu cara meningkatkan kesetiaan pelanggan yaitu dengan memberikan keuntungan lebih. Coba tempatkan dirimu di posisi pelanggan. Pasti bahagia kan,  kalau saat berbelanja dapat  hadiah tambahan atau potongan harga dari toko langganan?

Nah, kamu bisa terapkan ini pada bisnismu. Gunakan fitur Poin Loyalitas dan Diskon Membership. Fitur Poin Loyalitas dari Qasir bisa dinikmati oleh pemilik akun yang sudah berlangganan Qasir Pro. 

Jadi, kamu bisa memberikan poin setiap kali pelanggan melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Nantinya, setiap poin yang terkumpul dapat digunakan sebagai potongan untuk pembelian berikutnya. 

Makin banyak poin yang terkumpul, maka peluang mendapatkan potongan harga lebih besar terbuka luas. Sementara, kalau kamu ingin memberikan diskon pada pelanggan tertentu saja, manfaatkan fitur Diskon Membership yang dikhususkan untuk para pengguna Qasir Pro. 

Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur secara otomatis periode diskon, minimal pembelian dan nama pelanggan terpilih yang masuk ke dalam daftar penerima Diskon Membership. Secara otomatis, diskon tersebut akan berlaku saat pelanggan melakukan check out barang.

Ya, dengan menggunakan fitur Diskon Membership, kamu bisa memilih pelanggan tertentu saja supaya bisa mendapatkan keuntungan ketika mereka berbelanja. Trik ini dijamin akan membuat pelangganmu semakin loyal.

2. Upgrade Kualitas

Sebelum mempertahankan kesetiaan pelanggan, pemilik usaha perlu mendapatkan kepercayaan customer lebih dulu. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, mampu memberikan kesan positif pada calon atau customer langganan. Pengalaman berbelanja yang positif dan berkesan, mampu membuat pelanggan berbelanja kembali di toko yang sama. 

Misalnya dalam hal pelayanan kamu bisa lakukan ini pada pelangganmu:

  • Biasakan menyapa saat berbelanja seperti mengucapkan selamat pagi atau selamat datang.

  • Melayani dengan ramah. 

  • Memberikan bantuan, misalnya membantu mengambil keranjang, produk sampai memberikan rekomendasi menu favorit.

Sementara dari segi produk, pastikan kalau produk yang dijual original, tidak rusak dan memiliki kualitas baik.

3. Mengingat Nama Pelanggan

Terdengar sederhana, namun bisa membawa pengaruh besar dalam bisnis. Pelanggan  akan merasa istimewa, kalau kamu mengingat nama mereka saat melayani loh.

Hal ini karena pelanggan merasa dihargai dan terkesan lebih personal, daripada hanya dipanggil dengan panggilan umum seperti ‘mba’ atau ‘mas’. Akan lebih personal jika kamu dapat memanggil nama sapaannya.

Saat menyapa, pastikan gunakan nada yang lembut dan ekspresi wajah yang ramah ya. Selain itu bersikap ramah secukupnya alias jangan terlalu berlebihan agar pelanggan tidak merasa risih.

4. Lakukan Survey Pelanggan

Loyalitas pelanggan itu penting, namun nggak banyak yang tahu nih bagaimana meningkatkan kesetiaan pelanggan jangka panjang. 

Cara yang dapat dicoba, yaitu kenali pelangganmu dengan melakukan survey. Melalui survey, kamu jadi tahu kekurangan dari produk maupun pelayanan di tokomu hingga alasan mengapa customer lebih memilih berbelanja di toko kompetitor hingga indikator apa saja yang dapat membuat mereka puas saat berbelanja.

Semakin kamu mengenal pelanggan, makin mudah pula mendapatkan kepercayaan dan loyalitas mereka. 

5. Libatkan Media Sosial

Media sosial menjadi cara efektif untuk mempromosikan bisnis dan meraih loyalitas pelanggan. Mengapa demikian? 

Di era digital, semua serba mudah. Kalau dahulu, beriklan menggunakan billboard dan pamflet, kini sudah beralih ke sosial media. Begitu pula jika ingin terhubung dengan customer. 

Selain karena jangkauan yang luas, perubahan gaya hidup masyarakat juga jadi alasan. Menurut data dari Weber Shandwick, total pengguna Facebook di tanah air menembus angka 63 juta. 

Sehingga, pemilik bisnis dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menawarkan promo menarik hingga konten yang unik serta dekat dengan keseharian. Tujuannya menciptakan brand awareness sampai purchasing.

6. Buat Mereka Istimewa

Menjalin hubungan dengan customer jadi faktor penunjang keberhasilan dalam meningkatkan loyalitas. Setelah pelanggan berbelanja, cobalah menghubungi mereka via Email atau telepon. Tanyakan pengalaman mereka dan apa yang perlu di-improve dari tokomu atau produkmu. Jangan lupa tawarkan untuk datang membeli kembali dan janjikan harga dan pelayanan terbaikmu, apalagi jika variannya bisa sesuai dengan kesukaan pelanggan. 

Misalnya, pelangganmu seorang yang suka berdandan, kebetulan ada produk terbaru berupa beauty blender hadir di toko, sebisa mungkin tawarkan pada pelangganmu di hari yang sama. 

Pelanggan biasanya sangat tertarik, apabila mereka mendapatkan penawaran eksklusif dari toko. Hal ini menunjukkan, bahwa mereka dinomorsatukan oleh toko tersebut.

7. Tingkatkan Kualitas SDM

Demi menjamin kelancaran bisnis dalam hal pelayanan, tingkatkan pula kualitas pegawai yang kamu pekerjakan. Tentunya dengan melatih, bagaimana menerapkan pelayanan prima pada pelanggan.

Dengan memberikan pelayanan prima secara rutin dan maksimal, kepuasan pelanggan bisa dicapai dan loyalitas dapat terwujud. 

Itulah cara jitu meningkatkan loyalitas pelanggan, jangan lupa terapkan pada bisnismu. Tetap semangat dan terus berusaha ya.

Baca Juga:

Share artikel ini