Edukasi

17 Ide Penghasilan Tambahan yang Aman untuk Dijalankan Karyawan

10 Oct 2021, Ditulis oleh Bentangku

17 Ide Penghasilan Tambahan yang Aman untuk Dijalankan Karyawan

Punya penghasilan tambahan barangkali adalah impian sebagian besar karyawan ya, terutama yang berada di kota-kota besar yang biaya hidupnya relatif tinggi. Ditambah lagi dengan gaji yang segitu-gitu aja, sementara kebutuhan meroket gara-gara inflasi dan lain-lain.

Tapi banyak yang merasa kepentok, karena tak punya banyak waktu, juga modal belum mencukupi. Sebagian lagi malah masih bingung, enaknya  berbisnis apa ya?

Sebenarnya, yang kamu perlukan adalah kreativitas, kerja keras, dan sikap pantang menyerah untuk mewujudkan keinginanmu memiliki penghasilan tambahan di sela pekerjaan utamamu. 

Namun, harus diingat, usaha sampingan jangan sampai mengganggu konsentrasi dalam bekerja ya. 

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan aturan di perusahaan tempatmu bekerja tentang karyawan yang mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama.

Jika hal di atas tadi sudah aman, yuk kita simak 17 ide usaha untuk menghasilkan tambahan cuan nih.

1. Camilan

Snack

Beruntung sekali jika kamu memiliki kemampuan untuk memasak. Kamu bisa buat camilan untuk dijual ke rekan-rekan kerjamu.

Mulai dari yang paling sederhana, gorengan misalkan. Atau jualan es lilin yang kamu buat sendiri.

Kalaupun kamu tidak bisa memasak, jangan berkecil hati. Kamu bisa ambil makanan dari penjual lain. Jika tertarik bisnis jajan gorengan, kamu bisa beli dari warung sekitar rumahmu, jual lagi deh di kantor. Bisa juga kamu beli camilan di toko grosir makanan ringan, Mereka biasanya memberi harga yang lebih murah dan bonus ketika kita membeli untuk dijual lagi.

Jangan terbatas hanya di kantormu. Kamu bisa menitipkannya ke kantor-kantor temanmu atau kantor pasanganmu jika memungkinkan.

2. Sarapan Ringan

Mirip dengan bisnis camilan, tapi makanan yang kamu jual harus lebih mengenyangkan. Kamu bisa berjualan bihun atau mi goreng yang kamu kemas dalam wadah plastik kecil. Bisa juga nasi goreng, nasi uduk, atau nasi kuning. Kamu juga bisa menjual dimsum atau siomay.

Menurut survey kecil-kecilan yang Qasir jalankan, usaha sarapan ini jarang yang nggak laku. 

3. Online Shop

Usaha online tak ada matinya. Di tengah pandemi, online shop justru makin jaya. Zaman yang super canggih, serba instan dan ditambah adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Online shop menjadi cara berbelanja yang praktis dan lebih aman dari paparan Virus Corona. Otomatis online shop semakin moncer.

Peluang ini bisa kamu sabet untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Saran Qasir, jual barang yang bakal tetap dicari orang dalam kondisi apapun.

Bagaimana jika modalmu masih sedikit? Tenang, kamu bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper.

Untuk detail soal dropshipper ini, kamu bisa baca di artikel Dropship Mesin Kasir Digital: Peluang Besar yang Masih Jarang Dilirik

Dropship

4. Laundry Kiloan

Jika kamu punya modal yang mumpuni, coba deh bisnis laundry kiloan. Bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang memuaskan.

Yang penting, cari lokasi dengan pasar yang bagus, contohnya wilayah dekat kampus atau kos-kosan.

Jangan lupa utamakan kualitas dan pasang harga bersaing.

5. Bisnis Hampers atau Bingkisan

Ide lain untuk memperoleh pendapatan tambahan adalah bisnis hampers atau bingkisan. Hampers dipesan di waktu-waktu tertentu saja, jadi kamu lebih mudah mengatur waktu dan mempersiapkannya.

Misal sebelum Ramadan, kamu sudah bersiap membuat paketan produk dan harga. Jika tidak laku, masih bisa disimpan toh untuk moment lainnya.

Isi hampers bermacam-macam, mulai dari kue, buah, makanan kecil hingga perabotan rumah tangga.

6. Jual Foto

Jika kamu hobi memotret dan punya alat yang mumpuni, ide usaha ini sangat cocok untukmu. Sebab, kamu bisa menjual hasil jepretanmu ke laman-laman penjualan foto seperti Shutterstock, Pixabay, Pexels, Unsplash dan lain-lain.

Dapat uang tambahan dari hobi, senangnya dua kali bukan?

7. Jadi Penerjemah

Penerjemah

Punya kemampuan berbahasa asing, jangan lah disia-siakan. Sebab, ini bisa jadi modal jitu untuk menambah penghasilanmu jika masih menjadi karyawan fulltime.

Caranya bagaimana? Tawarkan jasamu melalui situs yang menawarkan berbagai jasa.

Usaha ini bisa kamu kerjakan dari mana saja usai bekerja, jadi tidak menganggu pekerjaan utamamu.

8. Agen Asuransi

Berbekal pengetahuan tentang asuransi dan kemampuan berbicara atau melobi, kamu sudah bisa menjadi agen asuransi. Modalnya kecil, tapi uang tambahan ke rekeningmu bakal mengalir terus. Asalkan kamu rajin menawarkan produk asuransi ke rekan atau jejaring pertemananmu.

9. Cuci Sepeda Motor

Tak perlu muluk-muluk. Cukup sediakan sedikit lahan di rumah, pompa air, kompresor, kain lap, kanebo, shampo motor dan semir ban, kamu sudah bisa memulai usaha ini.

Tapi perlu dihitung-hitung secara cermat jika kamu sewa tempat.

10. Fesyen

Jika peluang usaha yang menghasilkan uang tambahan di atas belum sesuai minatmu, coba bisnis yang satu ini.

Fesyen lebih mudah dipasarkan, karena termasuk dalam lima kebutuhan pokok manusia. Kamu bisa membuatnya sendiri atau ambil dari produsen.

Coba juga lihat minat pasar. Misal kantormu mengharuskan pegawainya memakai seragam dan celana hitam. Nah, manfaatkan situasi ini untuk berjualan celana hitam dengan berbagai model.

11. Make Up

Kamu suka dandan? Bagaimana jika menggeluti bisnis satu ini. Kamu bisa membeli produk kecantikan di toko grosir untuk mendapat harga miring, tapi pastikan keasliannya ya. Bisa juga kamu berburu produk diskon atau beli make up dari luar negeri untuk dijual lagi.

12. MLM

Banyak orang yang berhasil mendapatkan uang dari mengikuti bisnis Multi Level Marketing (MLM). Cari label-label terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya seperti Sophie Martin atau Oriflame.

Kamu hanya perlu menaruh katalog dan bilang, “Ada yang baru niih, silakan dilihat-lihat. Kalau tertarik, just text me.”

Kamu juga bisa pasang foto katalognya di status media sosialmu.

13. Jasa Titip

Jasa Titip

Suka berbelanja? Kamu suka diskon? Yuk manfaatin!

Buka jasa titip. Jadi sepulang kantor, kamu bisa hunting barang  dan diskon di pusat-pusat perbelanjaan. Belanja tapi dibayarin, yaa…meski barangnya bukan buat kita sendiri. Tapi seru kan yes?

14. Jasa Les Privat Online

Pembelajaran tatap muka masih digelar terbatas di kala pandemi Covid-19. Orangtua banyak yang kewalahan mendampingi anaknya menyelesaikan tugas sekolah atau menjelaskan materi pelajaran.

Gunakan momentum ini sebagai ladang mencari uang tambahan dengan menjadi guru privat online.

15. Bumbu Instan Siap Pakai

Tak semua orang bisa memasak. Apalagi, di zaman yang serba praktis seperti saat ini. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjual bumbu instan siap pakai. Tawarkan bumbu instan yang sehat tanpa penyedap rasa, misalkan.

16. Broker Properti atau Kendaraan

Properti dan kendaraan bermotor, salah satu bisnis yang menjanjikan. Tak perlu repot menjadi kontraktor. Cukup jadi agen alias broker. Kamu pun tak memerlukan modal.

Komisi yang ditawarkan cukup besar.

Tipsnya, pilih lah jadi broker online, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utamamu sebagai karyawan perusahaan.

Kamu juga bisa memulainya sebagai makelar kecil-kecilan. Misal membantu teman atau saudara menawarkan sepeda motor atau tanahnya yang akan dijual.

17. Beli Franchise

Bisnis franchise bisa jadi salah satu pilihanmu untuk mendapat penghasilan tambahan. Pilihannya beragam, ada makanan cepat saji, minuman kekinian, atau makanan tradisional.

Kamu hanya butuh modal awal untuk membeli franchise yang kamu mau. Kamu sudah mendapatkan booth, barang atau jasa yang bisa kamu tawarkan. Bahkan, pelatihan yang bisanya disediakan franchisee. 

Sesuaikan franchise dengan anggaran dan minatmu ya. Untuk tipsnya, bisa kamu baca di artikel Tips Memilih Bisnis Franchise Bagi Usahawan Pemula.

Apa pun usahamu, jangan lupa untuk selalu mencatat setiap transaksi, meskipun transaksi itu kecil sekali nilainya. Jika kamu mencatat dengan cara manual mungkin akan menyulitkan, namun jika kamu menggunakan aplikasi Qasir, kamu bisa mencatat semua aktivitas dalam usahamu ke dalam satu platform. Canggih. Selain itu, aplikasi Qasir juga bisa digunakan gratis. Untuk informasi lebih lengkap tentang fitur Qasir, klik di sini.

Selamat mencoba!

Baca juga:

 

Share artikel ini