Edukasi

Ide Bisnis Minuman di 2022 Terinspirasi Kopi Susu Gula Aren

23 Oct 2021, Ditulis oleh Bentangku

Ide Bisnis Minuman di 2022 Terinspirasi Kopi Susu Gula Aren

Bisnis minuman tidak ada matinya. Lebih-lebih dengan berkembang pesatnya budaya ngopi di kalangan muda-mudi. Salah satu produk minuman yang sukses menjadi icon sepanjang tahun 2019-2021 adalah kopi susu gula aren.

Bahkan, meskipun yang menjualnya sudah banyak, tetap saja, bisnis baru yang menjual produk sama kian bermunculan. Seolah tidak takut persaingan dan turunnya animo akan minuman ini, mereka percaya diri turut meramaikan pasar. Meskipun pada akhirnya tidak semua survive, tidak sedikit juga yang gulung tikar. Ya, tapi itulah seleksi alam.

Itu mengapa sebagai pengusaha, sangat dituntut untuk terus kreatif, bukan hanya dalam mencipta produk, namun juga memasarkannya. 

Perpaduan Modernitas dan Tradisional

Bicara tentang kopi susu gula aren, Liputan6.com mengutip Head Trainer ABCD School of Coffee Willy Sidewalk, kopi susu gula aren ini pertama kali dicetuskan oleh Kopi Tuku. Harga yang dibandrol pun cukup ekonomis. Tidak sampai dua puluh ribu, sementara pada waktu itu cafe franchise luar negeri sudah membandrol kopinya 40-50 ribu segelas.  

Kreativitas dan harga yang ramah kantong membuat produk ini kian hits di tengah gempuran kedai kopi pop. Kopi susu gula aren merupakan pengamatan yang jeli untuk dijadikan peluang usaha.

Mengapa? Pertama, kopi sangat lekat dengan budaya kita. Sejumlah orang terbiasa membuka atau menutup harinya dengan secangkir kopi.

Kopi tradisional aceh

Budaya nongkrong di kedai kopi juga sebenarnya bukan barang baru di negeri ini. Sebut saja di Aceh, banyak kedai kopi tradisional di sana. Namun, masing-masing kedai tetap memiliki banyak pelanggan yang menghabiskan waktu di warung kopi itu.

Budaya ini pun menurun ke anak muda sekarang.

Lalu mari kita bahas gula arennya. Gula aren yang memang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk menggantikan gula putih di makanan ataupun minuman. Contohnya di minuman cendol.

Gula aren dipercaya lebih sehat karena cara pembuatannya sangat simpel, jadi masih banyak enzim dan zat-zat baik bagi tubuh ketimbang gula pasir. Rasanya pun gurih legit, menambah cita rasa unik dalam minuman kopi susu.

Tapi siapa sangka sih, kopi susu yang digulai dengan gula aren bisa segitu fenomenalnya.

Bahkan, riset Toffin yang bekerja sama dengan Majalah MIX MarComm SWA Group menyebutkan, selama 2019, kalangan muda penggemar kopi, hampir 40 persen menghabiskan uang rata-rata Rp200.000 per bulan untuk membeli kopi.

Riset yang dilansir IDNtimes itu juga memprediksi, bisnis kedai kopi akan tumbuh signifikan pada tahun-tahun berikutnya. 

Salah satu usahawan yang sukses dengan usaha kopi gula aren di tahun 2021 ini adalan Dhimas Pringgorodianto, pemilik Makna Senja Coffee.

Sejak pertama kali membuka bisnis kopi, dia merasa optimis kalau kopi masih akan terus diminati karena budaya ngopi ini bukanlah budaya musiman.

Selain itu dia juga menawarkan kelebihan lain, selain kopi yang segar dan terjangkau, lokasi yang strategis dan tempat ngopi yang nyaman juga menjadi kunci.

“Jadi kami memberi banyak alasan untuk orang-orang datang dan kembali lagi ke Makna Senja. Selain kopinya harus enak dan terjangkau, kami juga menawarkan kenyamanan untuk mereka yang mau bawa keluarga, pasangan, ataupun untuk meeting di tempat kami," kata Dhimas.

Ide Bisnis Minuman Tahun 2022

Sampai dengan kopi susu gula aren lahir, tidak ada yang menyangka produk ini akan booming dan cukup bertahan peminatnya. Sementara banyak kita tahu, produk yang booming sebentar lalu redup beberapa waktu kemudian. 

Riset Qasir menemukan, ini karena kopi susu gula aren menambahkan unsur tradisional dan kembali ke cita rasa asli. Dari sini, bisa kita pelajari bahwa bisnis yang mengusung unsur trandisional akan lebih muda diterima masyarakat Indonesia. 

Berikut ini ide bisnis minuman yang berpeluang populer seperti kopi susu gula aren di tahun 2022. 

1. Wedang Ronde

Iya, bukan boba. Ini adalah wedang ronde. Konon minuman ini aslinya adalah kuliner khas tradisional China bernama Tangyuan. Memiliki rasa manis hangat dan dilengkapi topping-topping serupa mochi kenyal di dalamnya, minuman ini bisa berpeluang laris manis di pasaran.

2. Bandrek

Sejak adanya pandemi, minuman kesehatan jadi naik daun lagi. Ini bisa jadi peluang buatmu. Bandrek mungkin tidak asing lagi di tanah pasundan. Dibuat dari susu yang dicampur jahe dan gula aren, bandrek tentu bisa jadi minuman kekinian.

3. Es Teler

Teler bukan mabuk, tapi konon, saking enaknya sampai bikin teler. Minuman manis menyegarkan ini dijual mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga pengusaha restoran bintang lima. Berisi aneka topping seperti nangka, kelapa muda dan alpukat, kalau dikemas dengan baik, nggak akan kalah dengan minuman dari luar negeri. 

Es Teler

4. Bajigur

Menghidupkan kenangan masa lalu, bajigur bisa jadi peluang tersendiri. Apalagi, minuman langka ini memang sudah semakin susah dicari. Dibuat dari gula aren dan santan yang diberi campuran jahe, bajigur memiliki fungsi layaknya bir di luar negeri yang mampu membuat tubuh hangat. Saat ini ada banyak produsen bajigur instan, ini membuktikan pangsa pasarnya masih terbuka lebar. 

5. Es Cendol

Dibuat dari tepung beras yang diberi kuah santan dan gula merah cair, siapa yang bisa menolak kesegaran minuman asli Banjarnegara ini. Meskipun sat ini marak bobba milk tea, tapi saat ini banyak restoran besar juga menyajikan minuman ini. Triknya, kamu harus bikin kemasan menarik untuk menarik minat Gen Z.

6. Es Cincau

Bahasa Inggrisnya grass jelly drink, tapi di negara kita, es ini sudah lama dikenal dan dipopulerkan oleh abang-abang gerobak keliling. Berisi cincau, gula dan santan, serta serutan es batu, es cincau pas banget untuk mengusir gerah. Kamu jual es ini dengan tampilan kekinian, dijamin bisa mengalahkan es grass jelly impor. 

Upgrade Cara Berjualan

Salah satu kiat berjualan di masa sekarang adalah: mengembalikan memori sekaligus mengupgrade produk dengan menaik-kelaskan layanannya seperti kemasannya, tampilan toko, dan perangkat kasirnya. 

Meskipun jualan kamu adalah minuman tradisional, wajib banget tokomu menggunakan aplikasi point of sale yang bisa mencetak struk, biar kekinian. 

Kamu nggak perlu khawatir, aplikasi point of sale saat ini nggak semuanya mahal, kok. Bahkan ada yang sangat terjangkau fitur-fiturnya seperti Qasir. 

Untuk usaha minuman, kamu wajib banget menggunakan fitur Opsi Tambahan. Opsi Tambahan adalah fitur yang memungkinkan kamu meracik variasi menu minuman dengan tambahan-tambahan topping yang bisa dipilih oleh pelangganmu. 

Baca tentang Fitur Opsi Tambahan di sini.

Untuk bisa mendapatkan kemudahan Opsi Tambahan, kamu cukup membelinya sekali saja untuk dipergunakan selamanya. Sedangka, untuk fitur point of sale dasar bisa kamu gunakan secara gratis. 

Tertarik ingin mengetahui aneka fitur yang ada di Qasir? Klik di sini

Tidak perlu ragu lagi, buat bisnis minumanmu laris manis dengan kecanggihan dan kemudahan aplikasi point of sale Qasir. 

Baca juga:

 

 

 

 

 

 

Share artikel ini