Inspirasi

10 Ide Bisnis yang Cocok Dirintis Perempuan

20 Mar 2022, Ditulis oleh Bentangku

10 Ide Bisnis yang Cocok Dirintis Perempuan

Tahukah kamu, lebih dari setengah Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di Tanah Air dikelola oleh perempuan? Ya, data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 mengungkap sebanyak 64,5 persen dari total UMKM dikelola oleh kaum perempuan.

Kementerian Koperasi dan UKM mengutip riset dari Sasakawa Peace Foundation & Dalberg yang mencatat, persentase wirausaha perempuan di Indonesia cukup tinggi, yaitu 21 persen.

"Ini potensi kekuatan ekonomi perempuan yang harus kita dorong bersama, karena ternyata sektor usaha mikro ini banyak digeluti oleh kaum perempuan," ucap Teten, Surabaya, Rabu 22 Desember 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Kamis 28 Oktober 2021 juga mengungkapkan hal yang sama. “Kaum perempuan yang memang secara naluri memiliki keinginan untuk survive bagi keluarganya sehingga mendorong mereka menjadi entrepreneur,” ujar Airlangga seperti dikutip Liputan6.com.

Menurutnya, dibandingkan dengan rata-rata dunia, perempuan Indonesia memiliki rasio kepemilikan usaha lebih tinggi. Data Google dan Kantar pada 2020 menunjukkan, respons perempuan di Indonesia semakin positif untuk berwirausaha.

Masih mengutip data yang sama, jumlah perempuan di Indonesia yang berwirausaha sebanyak 49 persen, dan perempuan yang ingin berwirausaha sebanyak 45 persen.

Ini merupakan bukti peran perempuan dalam menggerakkan roda perekonomian Tanah Air. Jika kamu ingin mengambil bagian dan masih memilah-milah bisnis apa yang kira-kira cocok denganmu, coba cek pembahasan di bawah ini.

Pertama, bagaimana cara memilih ide bisnis yang cocok untukmu? Kuncinya, pilih sesuatu yang kamu sukai, dan mempertimbangkan keterampilan serta sumber daya yang kamu miliki. Ketiga hal ini dapat membantumu menemukan ide bisnis yang sempurna untukmu dan memulainya.

Kedua, coba cari inspirasi dari sejumlah usaha yang Qasir rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Fesyen

Bagi kamu yang memiliki kecintaan pada fesyen, manfaatkan hal itu untuk ide bisnis. Kamu bisa membuka butik kecil-kecilan, dagang baju melalui e-commerce atau media sosial, atau produksi fesyen sendiri.

Platform e-commerce dan media sosial memungkinkanmu untuk menjangkau pasar yang lebih besar dan memamerkan desain karyamu. Terlebih, sekarang sudah banyak metode pembayaran online yang membuat seluruh proses menjadi lebih mudah.

2. Perawatan Kulit dan Kecantikan

Perempuan adalah mayoritas konsumen industri kecantikan. Namun, mengutip dari Bisnis.com, hanya 29 persen eksekutif dan anggota dewan di merek kecantikan terkemuka adalah wanita.

Hal ini bisa banget kamu manfaatkan. Jika kamu adalah penyuka perawatan kulit dan produk kecantikan, bisnis ini bisa dipertimbangkan.

Terlebih, wajahmu bisa menjadi etalase bisnis ini.

Seperti yang dilakukan oleh Ika (30). Kepada Qasir, dia menceritakan pengalamannya berbisnis produk kecantikan. Awalnya, dia hanyalah pengguna produk kecantikan yang sekarang dijualnya. Namun, dia mendapat hasil yang memuaskan. Kulit berjerawatnya menjadi mulus, dari situ lah dia berani menawarkan produk tersebut ke orang lain.

“Saya pakainya udah bertahun-tahun, karena ini produk alami. Makanya berani jualan. Saya jualnya melalui media sosial, jadi pakai soft marketing, pakai muka saya untuk buktinya. Alhamdulillah dalam sebulan saya bisa menghasilkan uang belasan jutaan hanya dengan dari rumah sembari jaga anak,” tutur Ika.

3. Makanan dan Minuman

Jika kamu sering menerima pujian atas keterampilan memasakmu, maka bisnis makanan cocok untuk dimulai. Ini adalah ide bisnis paling populer untuk perempuan. Apalagi, bisnis ini bisa dimulai dengan modal minim.

Di era pandemi Covid-19, bisnis ini salah satu yang paling laris. Resep keluarga, masakan tradisional atau makanan sederhana ala rumahan lah yang biasanya dicari.

Untuk memulai, buat daftar teman dan keluarga di media sosial atau aplikasi chat seperti WhatsApp. Lalu foto hasil masakanmu, sebar ke akun media sosial dan daftar teman atau keluarga melalui WhatsApp.

Jika punya modal lebih, kamu bisa membuka cafe atau rumah makan. Bisa juga kamu membuka bisnis katering untuk acara-acara tertentu.

4. Kerajinan Tangan

Punya kelebihan untuk menciptakan kerajinan tangan? Jangan sia-siakan tangan hebatmu itu. Bisnis kerajinan tangan patut kamu pertimbangkan.

Contohnya, membuat suvenir pernikahan atau pesta yang unik.

Manfaatkan e-commerce lokal maupun internasional untuk memasarkan produkmu. Sebab, orang mancanegara, biasanya tertarik dengan sesuatu yang unik, original dan buatan tangan.

5. Layanan Pendidikan

Contohnya membuka bimbingan belajar, mengajar bahasa, kursus, musik, atau persiapan kuliah. Bisnis ini pun memungkinkanmu mengatur jam kerja sendiri.

Orang tua yang bekerja, biasanya tidak memiliki waktu untuk mengajar anak-anaknya bukan?

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan akan lebih mudah karena tak perlu menunggu memiliki modal banyak untuk membuka tempat kursus. Kamu bisa melakukannya dari rumahmu. Sekarang juga banyak aplikasi dan laman yang membantu tenaga pendidik menawarkan jasanya untuk bimbingan belajar.

6. Influencer

Media sosial menjadi salah satu tempat terbesar untuk membangkitkan kesadaran orang akan sebuah merek. Oleh karena itu, menjadi influencer media sosial adalah ide bagus untuk bisnis dengan investasi rendah. Bakat atau hal apa pun yang kamu sukai, dapat membantumu menjadi seorang influencer.

Riasan, perjalanan, makanan, kebugaran, dan mode adalah area utama influencer media sosial beroperasi. Modalnya hanya pengetahuan soal fotografi dan video, editing serta luwes dalam berbicara.

Tak perlu menggunakan kamera profesional, ponselmu pin bisa jadi pintu gerbang bagi jalanmu menjadi influencer. Kuncinya sajikan konten kreatif dan beri nilai tambah reguler yang dapat dinikmati setiap orang. Biasanya, seorang influencer yang sukses membutuhkan waktu sekitar satu hingga tiga tahun untuk mendapatkan popularitas. Inipun tergantung pada kualitas konten itu tadi.

7. Content Creator

Kamu yang ide-ide kreatif dapat membuka jasa agensi content creator. Mulai dari konten tulisan, fotografi, desain grafis, hingga animasi. Sekarang ada banyak platform konten yang membantu mereka yang mencari content creator menemukan orang-orang sepertimu.

Sebagian besar pembuat konten memulai bisnis mereka tanpa investasi. Keunggulan lainnya, kamu dapat memilih berapa banyak pekerjaan yang ingin kamu terima dan mengatur kecepatan agar sesuai dengan jadwalmu.

Pastikan kamu tetap mengikuti perkembangan terbaru di bidangmu ya. Agar kontenmu terasa fresh dan kekinian.

8. Daycare

Suka dengan anak-anak dan senang menghibur mereka? Maka ide bisnis yang bagus untukmu adalah membuka fasilitas penitipan anak kecil. Ketika kedua orang tua bekerja, tempat penitipan anak seringkali menjadi salah satu pilihan. Sebuah fasilitas kecil yang aman bagi anak dengan jadwal yang dirancang dengan baik dan sesuai dengan kelompok usia, menjadi kunci keberhasilan bisnis ini. Kamu juga bisa mengambil bisnis daycare waralaba. 

Keterampilan dalam manajemen, customer service, dan minat besar pada anak-anak, diperlukan dalam bisnis ini.

9. Digital Marketing

Digital marketing telah menjadi salah satu layanan paling dicari dan memiliki potensi besar memberi keuntungan bagi mereka yang ingin mencaploknya sebagai peluang bisnis bisnis.

Kamu bisa membuka jasa digital marketing. Bisa saja membuka kursus online atau offline soal digital marketing.

10. Perawatan Hewan

Kalau kamu menyukai binatang, maka bisnis ini akan menjadi pekerjaan yang tepat. Lebih baik lagi jika memiliki lisensi dan menyiapkan tempat yang nyaman agar dapat lebih dipercaya ketika memutuskan membuka jasa grooming atau klinik hewan.

Atau kamu bisa membuka toko aksesoris atau makanan untuk hewan peliharaan. Toko bisa kamu buka secara offline maupun online lho.

Baca juga:

Share artikel ini