Inspirasi

10 Jenis Usaha Jasa yang Profitnya Menjanjikan

21 Mar 2022, Ditulis oleh Bentangku

10 Jenis Usaha Jasa yang Profitnya Menjanjikan

Tak punya modal banyak, tapi hasrat memulai usaha dalam dirimu sudah tak tertahan? Kalau begitu, cobalah mulai bisnis jasa atau layanan.

Pada usaha jasa ini, kamu akan menukar keterampilan atau pengetahuan dengan uang. Oleh karena itu, yang terpenting dalam usaha ini adalah --tentu saja-- keterampilan, semangat yang kuat serta pelayanan yang baik.

Mengapa kepuasan pelanggan atau konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha ini? Sebab, testimoni pelanggan sangat dibutuhkan untuk promosi bisnismu karena tidak ada produk yang bisa ditawarkan.

Selain itu, ketika konsumen puas terhadap jasa yang kamu berikan, peluang mereka kembali menggunakan jasamu sangat besar. Usahamu pun menjadi lancar dan pelanggan lainnya akan berdatangan.

Lalu, apa saja bisnis di bidang jasa yang profitnya menjanjikan? Berikut 10 daftar bisnis di bidang jasa tersebut versi Qasir:

1. Laundry

Bisnis laundry ini menguntungkan karena selalu dibutuhkan. Well, mengurus pakaian terkadang lebih sulit daripada pekerjaan kantor bukan?

Kesibukan dan ingin simple membuat seseorang memilih menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci pakaian atau sepatu sendiri. Tidak semua orang juga memiliki lahan untuk menjemur baju. Bukalah usaha ini di area kos dan apartemen. Kehadiran jasamu pun menjadi solusi permasalahan mereka.

Untuk membuka bisnis laundry, kamu harus menyediakan tempat, mesin cuci, gantungan, sabun pembersih, pewangi dan pegawai (jika tidak mengurusnya sendiri).

2. Dropshipper

Maraknya bisnis online membawa satu usaha di bidang jasa yang diminati dan menguntungkan, dropship. Dropship sangat ideal untuk mereka yang tidak memiliki modal, baru mau belajar bisnis atau sedang melatih jiwa bisnisnya. Bisnis ini memiliki risiko kerugian yang sangat kecil.

Kamu tidak perlu memikirkan persediaan barang, packing hingga pengiriman. Juga sama sekali tidak ada risiko barang menumpuk lantaran tidak laku. Kamu pun tak perlu menyewa atau menyediakan tempat penyimpanan barang. Fokusmu hanya untuk mencari pembeli.

Carilah supplier yang menawarkan kualitas prima sehingga tidak mengecewakan pembeli kamu. Perhatikan juga kuantitas yang dimilikinya, sebab tidak seluruh supplier mampu memenuhi pesanan yang kamu ajukan. Penting pula untuk memperhatikan reputasi supplier. Cek track record calon suppliermu.

Selain itu, perhatikan peluang produk yang akan kamu jual. Semakin rendah kompetisinya, semakin baik. Semakin luas pasarnya, juga semakin baik.

Jangan lupa untuk memperhatikan harga.

3. Afiliasi

Jasa yang satu ini belum banyak yang tahu. Afiliasi merupakan program penawaran produk atau jasa orang lain dengan soft selling. Pernah lihat akun di Tiktok yang mencantumkan link sebuah toko di Shopee? Seperti itu lah cara kerjanya.

Namun, kamu baru mendapat komisi jika ada konsumen yang menyelesaikan transaksi melalui link yang kamu bagikan.  Sejumlah e-commerce sudah menawarkan partnership jasa ini. Kamu tinggal kunjungi website mereka dan mengisi formulir yang ada di sana.

4. Menjual Desain

Jika kamu memiliki keahlian dalam mendesain, bisa banget manfaatkannya untuk membuka usaha di bidang jasa. Mulai dari desain grafis hingga pakaian. Sekarang ini sudah banyak situs yang menjadi platform jual beli desain, misal Freepic.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat pemasaran desainmu.

5. Layanan Menulis Artikel

Usaha jasa yang satu ini pas buat kamu yang suka dan punya skill menulis yang bagus. Saat ini, banyak perusahaan media maupun nonmedia yang membutuhkan freelancer untuk menulis artikel.

Akan lebih baik jika kamu memperkaya kemampuan menulismu dengan SEO. Tawarkan layanan menulis artikel SEO. Artikel SEO adalah tulisan yang dibuat dengan kaidah penulisan yang baik serta sesuai dengan teknik Search Engine Optimization. Jadi, selain tulisanmu enak dibaca orang, juga memungkinkan ditarik oleh mesin pencari.

Biaya layanan penulisan artikel bervariasi. Ini tergantung dengan sejumlah faktor. Misalnya, jumlah kata, tingkat kesulitan, dan sesuai SEO atau tidak.

6. Layanan Pendidikan

Orang tua yang bekerja, biasanya tidak memiliki waktu untuk mengajar anak-anaknya. Bimbingan belajar adalah solusinya. Oleh karena itu, bimbingan belajar, kursus bahasa, musik, atau bimbingan persiapan masuk universitas kuliah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini pun memungkinkanmu mengatur jam kerja sendiri.

Saat ini, sudah banyak situs yang membantu orang-orang mendapatkan jasa bimbingan belajar lho.

7. Ekspedisi

Kini, penjualan online lebih baik dibandingkan usaha yang masih berbasis konvensional atau offline. Seiring dengan berkembangnya transaksi dan bisnis online, usaha ekspedisi pun ikut moncer. Oleh karena itu, bisnis ekspedisi menjadi peluang emas.

8. Konsultan

Usaha jasa ini menawarkan konsultasi dengan para ahli dalam bidang tertentu. Misal, konsultan hukum, konsultan pajak, konsultan pendidikan, konsultan media atau konsultan keuangan. Nah, jika kamu memiliki keahlian dan mendalami bidang tertentu, usaha ini cocok dipertimbangkan.

9. Jasa Perawatan Kendaraan

Usaha terkait perawatan kendaraan ini meliputi banyak hal. Salah satunya jasa cuci kendaraan. Cuci sepeda motor atau mobil tidak pernah ada matinya. Untuk mencuci sepeda motor atau mobil yang kotor membutuhkan ketelitian dan waktu. Oleh karena itu, masyarakat terutama kaum urban lebih memilih membayar jasa cuci kendaraan.

Jika berminat membuka usaha ini, siapkan tempat yang strategis dan tenaganya. Usaha kedua terkait perawatan kendaraan ini adalah jasa servis mobil atau sepeda motor. Lihat saja bengkel yang ada di sekitarmu, selalu ramai dengan pelanggannya.

10. Potong Rambut

Kok bisa jasa potong rambut menjadi bisnis yang menguntungkan? Tentu saja, karena setiap orang pasti akan memotong rambutnya.  Jika kamu memiliki keahlian memotong rambut, bisnis ini bisa menjadi pilihan. Pilih lokasi yang strategis.

Kunci dari bisnis ini adalah kepercayaan. Rambut adalah mahkota. Oleh karena itu, bagi mayoritas masyarakat, urusan rambut adalah personal. Untuk bisa bersaing, buatlah layanan yang berbeda dari salon lainnya. Misalnya, kualitas layanan yang prima, pengetahuan akan mode terkini, dan skill pemotong rambut yang terus di-upgrade.

Apa pun usahamu jangan lupa untuk mencatat semua penjualan dengan aplikasi Qasir. Pelajari di sini.

Baca juga:

Share artikel ini