Tips

18 Aplikasi AI yang Gratis dan Berbayar untuk Bisnis Kamu!

03 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

18 Aplikasi AI yang Gratis dan Berbayar untuk Bisnis Kamu!

Baru-baru ini masyarakat dibuat terkagum-kagum dengan kemudahan yang didapat dari berbagai aplikasi AI, salah satunya OpenAI Chat GPT. Aplikasi AI yang satu ini biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis tulisan konten. 

Kalian bisa menggunakan aplikasi AI ini untuk menuliskan artikel, mencari keyword, membuat newsletter, hingga caption di social media. Selain Chat GPT itu, ada banyak sekali aplikasi AI lain yang gratis maupun berbayar untuk mendukung bisnis kalian lho. Tapi sebelum tahu mengenai hal tersebut, pastikan kalian tahu apa sih Aplikasi AI itu ya!

 

Pengertian Aplikasi AI 

AI merupakan kepanjangan dari Artificial Intelligence, atau bisa diartikan sebagai kecerdasan buatan. Teknologi AI ini memungkinkan mesin atau komputer untuk melakukan tugas-tugas yang sebelumnya memerlukan kecerdasan manusia, seperti menulis, menggambar, memecahkan masalah, dan lain sebagainya. 

Kegunaan AI ini adalah mempermudah tugas manusia, termasuk membantu bisnis kalian. Berikut beberapa aplikasi AI yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis kalian!

1. MarketMuse
Aplikasi AI yang satu ini mampu mengoptimalkan konten digital dan meningkatkan visibility di mesin pencarian seperti Google. MarketMuse mampu memberikan rekomendasi konten untuk meningkatkan peringkat kamu di mesin pencarian, membantu mengidentifikasi dan memperbaiki konten, menyesuaikan dengan keyword dan topik yang diinginkan. 

2. Grammarly

Butuh membuat campaign promosi berbahasa Inggris tapi khawatir dengan tata bahasanya? Gunakan saja aplikasi AI Grammarly ini! Kamu bisa mengecek grammar, ejaan, pemilihan kata, dalam bahasa Inggris. 

3.  ManyChat

Aplikasi AI ini bisa membuat kamu mengirimkan pesan secara otomatis ke pengguna yang berlangganan. Kamu juga bisa membuat bot untuk melakukan otomatisasi dan menjadwalkan pengiriman pesan di Facebook Messenger. Tersedia gratis dan berbayar yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Pattern89

Pattern89 merupakan aplikasi AI yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja kampanye iklan digital di berbagai platform, seperti Facebook, Instagram, dan Google. Aplikasi AI yang satu ini dapat memberikan rekomendasi pada iklan kalian, seperti strategi penargetan, tingkat kreativitas, dan pengaturan budget iklan. 

5. Writesonic.com

Platform AI yang digunakan untuk membantu kamu menulis konten otomatis dalam bahasa Inggris. Sama seperti MarketMuse menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML) untuk menganalisis data dan membuat konten yang sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Aplikasi AI ini dapat menulis berbagai jenis konten seperti artikel, deskripsi produk, dan tagline. Kalian hanya perlu memasukkan topik atau judul lho!

6. Headline Studio

Ternyata penggunaan headline dalam tulisan kalian menentukan apakah orang akan membaca tulisan itu atau tidak lho! Kalian bisa mengecek keefektifan headline buatan kalian, serta memaksimalkan SEO dengan aplikasi AI ini.

7. WordTune.com

Butuh aplikasi AI lainnya untuk membantu mengedit dan memperbaiki tulisan yang berbahasa Inggris? Gunakan saja WordTune.com! Bahkan tak hanya tata bahasa, aplikasi AI ini bisa memperbaiki gaya bahasa!

8. Hemingway App

Aplikasi AI yang satu ini mampu memperbaiki tulisan agar mudah terbaca, dan isi pesannya jelas tersampaikan kepada pembaca. Kalian bisa menggunakannya untuk artikel berbahasa Indonesia juga. Menarik kan?

9. PhotoRoom

Menampilkan foto produk yang butuh background transparan kini bisa dilakukan secara otomatis dengan aplikasi AI PhotoRoom ini! Apalagi fitur yang satu ini gratis.

10. Uberduck

Sekarang kalian tidak perlu talent untuk voice over video kamu, karena ada aplikasi AI Uberduck yang akan melakukannya untukmu! Namun untuk versi yang gratis hanya tersedia untuk 5 audio clips saja. Tapi tenang tersedia yang berbayar dengan lebih banyak fasilitas yang bisa kalian gunakan!

11. Dall.E2

Biasa menggunakan OpenAI Chat GPT untuk tulisan? Sekarang kamu bisa membuat gambar atau ilustrasi realistis menggunakan Dall.E2! Dall.E2 merupakan versi terbaru aplikasi AI yang dibuat oleh OpenAI. Kalian hanya perlu memasukkan text dan biarkan sisanya dikerjakan oleh aplikasi AI ini.

12. Luma Labs

Aplikasi AI yang wajib digunakan oleh kamu yang berada di industri keuangan! Luma Labs menawarkan solusi untuk meningkatkan efisiensi operasional hingga mengurangi risiko kredit, hingga menganalisis pasar. 

Luma Labs mengembangkan algoritma yang dapat mengumpulkan dan menganalisis data keuangan secara cepat, dengan tingkat keakuratan yang tinggi. 

13. Uizard

Platform untuk mengembangkan website dan aplikasi dengan teknologi AI. Uizard membantu kamu untuk menghemat waktu dan biaya dalam pembuatan desain website dan aplikasi dengan desain grafis yang cakep nan kompleks dalam waktu singkat!

14. Let's Enhance

Aplikasi AI yang bisa memperbesar gambar kalian tanpa mengurangi kualitasnya. Bahkan Let's Enhance ini bisa menyempurnakan warna dan resolusi gambar kamu secara otomatis. Bagi kalian yang sering zoom out foto katalog, bisa banget memanfaatkan aplikasi AI yang satu ini!

 

Aplikasi AI yang Berbayar untuk Mengembangkan Bisnis

1. Brand24

Ingin mengetahui seberapa sering brand kalian dimention? Terus gimana sih sentimen publik terhadap usahamu? Gunakan saja aplikasi AI Brand24 ini untuk mengetahuinya! 

Brand24 merupakan platform yang bisa digunakan untuk memantau dan menganalisis aktivitas di internet. Aktivitas media social, blog, forum, hingga situs web yang berhubungan dengan brand kamu, dapat kamu ketahui melalui aplikasi ini.

2. Influencity

Cari influencer untuk brand kita memang susah-susah nggak gampang. Karena itu ada aplikasi AI yang bisa membantu menemukan dan berkolaborasi dengan influencer yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan usahamu. 

Di aplikasi AI ini, kalian juga bisa mendapatkan data analitik untuk mencari influencer yang sesuai target audiens kamu, hingga mengukur dampak kampanye pemasaran.

3. Synthesia

Synthesia mampu memungkinkan membuat video berkualitas tinggi dalam waktu singkat, tanpa perlu keahlian teknis yang khusus. Aplikasi AI ini menggunakan teknologi AI dan deep learning. 

Aplikasi AI ini mampu menghasilkan video dengan menggunakan pengisi suara dan pemodelan gerakan tubuh untuk menciptakan pengalaman yang realistis. Pengguna bisa membuat video dalam berbagai bahasa, dengan berbagai karakter, dalam hitungan menit! Tak heran ada harga yang dibayar untuk teknologi AI sehebat ini.

4. Qasir

Aplikasi POS yang bisa membantu kalian untuk transaksi penjualan, mengelola outlet, memonitor pegawai, hingga laporan otomatis? Yup, Qasir jawabannya! Dengan harga termurah di kelasnya, Qasir mampu membantu kalian mempermudah mengelola usaha. Sehingga lebih efektif dan cuan meningkat!

 

Kenapa Menggunakan Tools AI Bisa Mengembangkan Bisnis?

Kecepatan adalah hal utama mengapa kalian harus menggunakan aplikasi AI ini. AI dapat memangkas biaya pengeluaran, meningkatkan efektifitas, sehingga bisnis kalian bisa lebih maju dan berkembang.

Itulah beberapa aplikasi AI yang gratis dan berbayar yang bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan bisnis kalian. Adakah aplikasi AI yang sudah kalian gunakan?

 

Baca juga:


#Qasir
 

Share artikel ini