Edukasi

5 Tools Pendukung yang Bikin Jualan Online Makin Cuan

20 Mar 2022, Ditulis oleh peniasih rara

5 Tools Pendukung yang Bikin Jualan Online Makin Cuan

Banyak yang bilang membuat bisnis online itu mudah, tapi akan lebih gampang lagi kalau kamu memanfaatkan aneka tools untuk membuat usaha onlin kamu jadi lebih efektif dan efisien.

Karena bagaimanapun membuat bisnis online itu tidak sama dengan membuat usaha offline. Kamu perlu menyesuaikan diri untuk berkenalan degan aplikasi digital dan software. Tenang saja, tidak perlu bingung, Qasir sudah merangkumnya untuk kamu. 

Berikut daftar tools untuk jualan online yang wajib kamu miliki.

1.  Website Usaha Qasir

Bagi kamu yang telah berlangganan dan upgrade ke Qasir Pro, nggak perlu lagi beli situs jualan. Sebab Qasir Pro sudah memfasilitasi usahawan dengan fitur situs jualan online dan diakses tanpa biaya tambahan. 

Kamu hanya perlu klik bagian katalog online lalu pilih website business. Nantinya akan muncul halaman pengaturan untuk mengatur tampilan situsmu. 

Baca Lagi: Intip 5 Rahasia Sukses Jualan di Whatsapp

Di bagian edit profil masukkan nama toko, logo, link, alamat, deskripsi, dan jam operasional. Kemudian, kamu bisa setting tema hingga mengatur katalog online. Dengan menggunakan katalog online, kamu akan mendapat kemudahan untuk mengatur jasa pengiriman dan pembayaran online melalui situs. 

Keunggulan yang diberikan Website usaha Qasir, juga nggak kalah lengkap dari situs buatan developer. Diantaranya tampilan menarik dan cepat unggah foto produk otomatis, hanya dari satu aplikasi. Nggak perlu upload satu per satu. 

Menariknya, semua transaksi yang dilakukan di situs langsung tercatat di Point Of Sale (POS) Qasir. Jadi, lebih mudah memantau laporan penjualan dan hemat waktu serta tenaga. 

Manfaat situs jualan online gratis dari Qasir Pro dengan upgrade ke versi terbaru. Semoga kegiatan bisnis lancar dan cuan makin mengalir. 

Cari tahu tentang Website Usaha di sini.

2. Canva

Di dunia digital marketing, konten itu segalanya. Karena itu, kamu perlu membuat visual yang menarik di channel marketing yang kamu pakai. Untuk memudahkan pekerjaan sekaligus menghemat ongkos menyewa desainer, kamu bisa pakai Canva.

Canva adalah solusi bagi kamu yang awam dengan dunia desain visual. Platform ini menyediakan begitu banyak template untuk kebutuhan marketing kamu. Dengan software ini, kamu bebas mengeditnya, kamu juga bisa mengubah susunan elemen pada template.

Selain versi gratis, ada juga pilihan elemen premium yang bisa kamu beli. 

Di versi terbarunya, Canva juga menyediakan enam opsi download untuk desain yang telah kamu buat. Keenam format tersebut adalah PNG, JPG, PDF Standard, PDF Print, Video (MP4), dan Animation (MP4/GIF). 

3. Unsplash

Untuk membuat konten di sosial media, menambahkan ilustrasi di web, dan melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan desain grafis lainnya, kamu tentu membutuhkan bank image.

Untuk mengamankan stok foto, coba bukalah Unsplash. Unsplash memuat jutaan foto berkualitas HD yang bisa kamu download dan pakai secara gratis. Tak perlu membayar lisensi untuk memakai foto. Bahkan, ketika kamu bermaksud menggunakan foto tersebut untuk tujuan komersial.

Tenang, semua foto di Unsplash punya kualitas yang tak sembarangan.

4. Hootsuite

Dengan platform ini, kamu bisa memantau beberapa akun sosmed sekaligus. Ada 20 lebih macam media sosial yang terintegrasi di Hootsuite. Beberapa di antaranya ialah Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn.

Hootsuite juga memastikan kamu bisa mengelola akun sosmed dengan gampang. Kamu bahkan bisa membuat konten dan menyimpannya sebagai draft. Tak sampai di situ saja, konten yang kamu buat bisa diatur agar terupload sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Dengan Hootsuite, kamu juga bisa menampilkan semua laporan analytics dalam satu halaman. Selain data umum seperti mentionsengagementlikes, dan semacamnya, Hootsuite juga memiliki opsi untuk menampilkan data yang berhubungan dengan performa tim. Secara spesifik, platform ini bisa menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan admin untuk merespons engagements dari audiens.

5. Mailchimp

Berjualan online pasti akan membuatmu membutuhkan email marketing. Dengan software ini, kamu bisa mendesain email supaya nampak apik. Tak cuma berhenti di situ, Mailchimp juga membolehkan kamu melihat performa email marketing yang kamu sebarkan.

Namun, tak banyak yang tahu kalau email marketing hanyalah satu di antara banyak fitur Mailchimp punya. Lengkapnya, Mailchimp memiliki layanan customer relationship management (CRM), alat desain untuk brand, pembuat campaign yang terintegrasi, hingga penyedia analytics lengkap. 

#Qasir

Baca juga:

Share artikel ini