Edukasi

Macam-Macam Pembayaran Cashless Ini Bisa Kamu Dapat Di Qasir

12 Nov 2021, Ditulis oleh Bentangku

Macam-Macam Pembayaran Cashless Ini Bisa Kamu Dapat Di Qasir

Tak hanya makhluk hidup yang berevoluasi, sistem dan alat pembayaran pun mengalami perubahan. Zaman dahulu, manusia melakukan pembayaran memakai sistem barter atau dengan tukar-menukar barang dan/atau jasa.

Sistem barter kemudian digantikan dengan commodity currency. Masih menggunakan barang, namun barang itu harus diterima secara umum sebagai media pertukaran maupun sebagai suatu standard nilai yang digunakan dalam pertukaran barang oleh masyarakat. Contohnya, emas.

Namun, kebutuhan manusia terus meningkat dan sistem comodity currency tidak lagi efisien. Kemudian dikembangkanlah alat tukar yang lebih efisien dan terukur, yakni uang.

Evolusi Cara Pembayaran

Evolusi sistem pembayaran tak berhenti di situ. Saat ini, pembayaran bahkan sudah bisa dilakukan secara nontunai. Ini sejalan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan perekonomian. Kemajuan teknologi membuat belanja bisa dilakukan secara online. Usahawan pun tak harus memiliki toko offline.

Tak terbayang jika sistem pembayaran masih dilakukan secara manual. Jika hanya ada satu toko yang menjual kaos boyband k-pop BTS. Toko itu ada di Korea Selatan. Mau tak mau, kita harus ke sana untuk membeli kaos tersebut.

Tentu harganya menjadi sangat mahal karena kita harus membeli tiket pesawat hingga penginapan. Atau bisa saja kita meminta bantuan dari teman yang akan ke sana. Tapi, kapan ada teman atau rekan yang akan ke Korea Selatan?

Pembayaran Modern

Saat ini semakin banyak konsumen yang lebih nyaman bertransaksi dengan menggunakan metode pembayaran modern. Terutama konsumen milenials dan Gen Z. 

Kemajuan teknologi dan perekonomian, memungkinkan seseorang berbelanja di luar negeri sekalipun dari tempat tinggalnya. Dari tempat tidur sekalipun.

Pembayaran nontunai dinilai lebih praktis untuk transaksi jumlah kecil, apalagi ketika melakukan transaksi dalam jumlah besar. Pembayaran seperti ini juga lebih aman dari potensi pencurian hingga pemalsuan uang tunai.

Berikut ini beberapa jenis pembayaran nontunai yang harus ada di tokomu. 

QRIS

Semakin lama, bentuk pembayaran nontunai beragam. Saat ini, pembayaran dilakukan secara digital menggunakan QR Code.

Melansir laman OJK, QR Code atau kode QR adalah sebuah kode matriks (kode dua dimensi) yang dibuat pertama kali oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994.

“QR” merupakan singkatan kata “Quick Response.“ Kode ini diciptakan agar kamera digital mampu membaca kode/data yang terkandung di dalamnya dengan cepat dan mudah. 

Cukup bermodal aplikasi dan smartphone, kamu sudah bisa melakukan transaksi menggunakan QR Code yang sumber dananya berupa simpanan atau dari kartu debit dan kartu kredit.

Indonesia sendiri punya yang namanya Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS.

QRIS adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital kode QR di Indonesia. QRIS merupakan hasil kolaborasi Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang diluncurkan pada 17 Agustus 2019 lalu.

Keberadaan teknologi ini memudahkan masyarakat dalam bertransaksi digital. Kamu tak perlu menginstal berbagai jenis aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking. Sebab, QRIS menyatukan berbagai kode QR yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan teknologi finansial tersebut.

BI melalui Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran mewajibkan setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) untuk mengadopsi teknologi tersebut.

Nah Usahawan, jika kamu ingin menikmati fasilitas pembayaran QRIS dengan mudah, kamu hanya perlu mengaktifkannya dari aplikasi Qasir kamu. Pengaktifan ini pun tidak dikenakan biaya sama sekali, alias gratis.  

Dengan pembayaran QRIS, tokomu bisa menerima pembayaran dari sejumlah teknologi finansial seperti Go-Pay, OVO, DANA, ShopeePay, dan LinkAja.

Jika kamu belum menggunakan aplikasi Qasir, kamu tinggal download saja melalui gawai Android-mu di link ini

Lalu, apa saja keunggulan menggunakan QRIS di Qasir?

  1. Kamu tidak perlu mendaftar untuk dapat menggunakan QRIS dan  menerima semua pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran digital.
  2. Menerima semua pembayaran mulai dari Shopeepay, DANA, OVO, Go-Pay, LinkAja, hingga mobile banking yang sudah support untuk bertransaksi di QRIS.
  3. QRIS sudah bisa digunakan di seluruh Indonesia.
  4. Mempercepat proses transaksi. Sebab, pelangganmu cukup scan dari digital wallet atau mobile banking (support QRIS) saat membayar.
  5. QRIS dari Qasir  memudahkan kamu untuk langsung mengetahui status pembayaran pelanggan tanpa meminta bukti dari pelanggan.
  6. Qasir memastikan uang transaksi QRIS aman karena H+2 akan dicairkan ke rekening yang sudah kamu isikan pada data rekening pencairan.
  7. QRIS dari Qasir memastikan pelanggan membayar sesuai dengan nominal transaksi yang akan dibayarkan tanpa repot mengurus kembalian.
  8. QRIS menjadi solusi bagi pelanggan karena tidak perlu membawa uang tunai, menghindarkan dari transaksi dengan uang palsu, dan mengurangi kerepotan kamu untuk menghitung uang tunai.

Lalu, bagaimana cara menggunakan QRIS pertama kali?

  1. QRIS bisa langsung digunakan tanpa melalui registrasi. Cukup dengan klik “Aktifkan Sekarang” pada menu transaksi penjualan.
  2. Kemudian kamu perlu menyetujui Syarat dan Ketentuan yang muncul saat pertama kali akan menggunakan QRIS.
  3. Persetujuan Syarat dan Ketentuan hanya dilakukan oleh user Admin atau Owner, cukup satu kali menyetujui S&K sudah bisa digunakan untuk seterusnya untuk transaksi penjualan pada aplikasi Qasir.

Pertanyaan yang sering dilontarkan bagi pengguna baru pembayaran digital adalah terkait keamanannya. Terlebih, ini menyangkut uang kita. Nah, bagi usahawan yang memakai QRIS di Qasir, tak perlu khawatir yang tak sampai di rekeningmu.

Sebab, pencairan dilakukan otomatis H+2 dari transaksi berhasil. Tapi perlu ingat, uang transaksi tidak akan dicairkan jika kamu belum mengisi data rekening pencairan.

Lalu, uang tadi ada di mana ketika pengguna belum mengisi data rekening pencairan? Tenang, uang transaksi yang belum dicairkan itu aman dan berada di Qasir.

Jadi, kamu harus isi data rekening pencairan dari halaman saldo pengguna pada aplikasi Qasir dulu ya.

Keuntungan yang lain menggunakan QRIS di Qasir, kamu bisa melihat detail dari transaksi digitalmu hari itu.

Semua uang hasil transaksi dari QRIS akan tercatat di menu Detail Saldo, Usahawan.

Online Payment

Saat ini di aplikasi Qasir sudah bisa menggunakan Pembayaran Online untuk transaksi. Pembayaran online ini adalah tambahan opsi pembayaran bagi pengguna Qasir sehingga pelangganmu lebih leluasa memilih metode pembayaran.

Pembayaran Online di aplikasi Qasir bekerja sama dengan Xendit, platform payment gateway yang terpercaya yang akan membantumu memudahkan transaksi online di aplikasi Qasir.

Ada beberapa pilihan Pembayaran Online yang bisa kamu pilih. Mulai dari terima transfer Virtual Account dari Mandiri, BNI dan BRI, serta kartu debit atau kredit tanpa perlu mesin EDC. Pembayaran online juga bisa dilakukan dengan scan QR Code bank yang sesuai dengan pelangganmu.

Bagaimana Mengaktifkan Pembayaran Online di aplikasi Qasir?

Untuk dapat mengaktifkan pembayaran online, kamu dapat masuk ke dalam menu transaksi lalu melakukan transaksi penjualan seperti biasa hingga ke bagian pembayaran.

Selanjutnya pilih Pembayaran Online untuk di mengaktifkan fitur ini. Ini cuma perlu dilakukan sekali saja.


Dengan adanya kedua sistem pembayaran cashless tadi, dijamin tokomu jadi auto-canggih dan makin disayang pelanggan. 

Untuk bertanya tentang sistem pembayaran nontunai di aplikasi Qasir kamu bisa menghubungi tim Customer Happiness Qasir dari aplikasi maupun dari chat box di sebelah kanan bawah halaman ini. 

Baca juga:

 

 

 

Share artikel ini