Inspirasi

BreadQ Kahuripan Mendidik Siswa Mandiri dengan Roti

29 Jul 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

BreadQ Kahuripan Mendidik Siswa Mandiri dengan Roti

Usaha atau bisnis umumnya dibangun untuk mendapatkan keuntungan. Tapi ada juga, usaha yang dibangun dengan tujuan utama pemberdayaan. Sebut saja BreadQ Kahuripan. Oleh pendirinya, produsen roti yang satu ini dibuat untuk memajukan pendidikan dan sarana keterampilan bagi anak-anak usia sekolah.

BreadQ Kahuripan adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner, khususnya roti dan pastry yang berdiri pada Januari 2020 lalu. Meski baru seumur jagung, saat ini BreadQ Kahuripan sudah memiliki 4 outlet dengan 40-an reseller yang tersebar di Jabodetabek. 

Berawal dari keprihatinan sang pendiri -- Jauhar Khanafi --  pada dunia pendidikan dan keterampilan, BreadQ akhirnya lahir. Mengapa roti? “Karena sebelum mendirikan BreadQ Kahuripan, Pak Jauhar Khanafi sudah terlebih dahulu memiliki pengalaman dalam membangun usaha roti di daerah Semarang,” ungkap Adam Mulia Kusuma, salah satu penanggung jawab marketing di BreadQ. 

“Dengan semangat kepedulian terhadap pendidikan itulah, Pak Jauhar mendedikasikan pengalaman dan kemampuannya kepada puluhan siswa yang berasal dari penjuru Jabodetabek bahkan beberapa daerah di luar Jabodetabek dengan menjadi pelatih keterampilan siswa di Rumah Produksi Kahuripan, di Telaga Kahuripan, Parung, Bogor,” tambah Adam.

Bagi BreadQ Kahuripan, roti hanyalah salah satu sarana untuk mengasah keterampilan siswa. Selain roti, para siswa-siswi juga dididik dengan aneka keterampilan lain, seperti pertanian dan produksi pasca panen, tehnik menjahit, memasak, instalasi kelistrikan, hingga manajemen usaha. Siswa-siswi ini tergabung dalam Sekolah Alam Paket B & C  ini datang dari berbagai latar belakang, di antaranya anak-anak yatim piatu dan dari keluarga tidak mampu. Itulah mengapa BreadQ Kahuripan hadir dengan moto "Hadir untuk Pendidikan".  

Meski dilatarbelakangi motivasi pendidikan dan pemberdayaan, BreadQ Kahuripan tetap mengutamakan kualitas di setiap produknya. Semua produk roti, pastry dan kue, dibuat dari bahan berkualitas dan akan selalu dijaga konsistensinya, sehingga mampu menghasilkan produk premium yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak mengherankan jika produk BreadQ sangat laris. Di awal-awal produksi saja, mereka mampu menjual hingga 3000 buah roti. 

Baca juga: 

 

Pengawasan terhadap kualitas dibantu oleh para pengawas yang sudah berpengalaman di industri bakery. Ini dilakukan agar hasil produksi siswa bisa laku di pasaran. Dengan demikian, siswa bisa merasakan sendiri bagaimana berkompetisi di dunia usaha. Yang lebih penting, semua keuntungan dari penjualan BreadQ Kahuripan sepenuhnya dialokasikan untuk pengembangan produksi dan kebutuhan pendidikan siswa.

Untuk pemasaran, BreadQ Kahuripan membuka outlet dan cabang di daerah-daerah yang banyak terdapat perumahan baru, di pinggiran kota Jakarta. Selain itu mereka juga menggandeng reseller dan penjual gerobak di seluruh Jabodetabek. Pendekatan marketingnya pun terbilang tidak terbiasa. Dilakukan secara lebih personal kepada pelanggan, dengan tujuan agar pelanggan memahami konsep “Dengan membeli 1 potong roti, maka Anda sudah berkontribusi untuk pendidikan.” 

Jika kamu berminat, BreadQ Kahuripan bisa ditemui di dearah Tangerang Selatan, Pamulang, Depok dan Bogor. Selain di outlet maupun reseller, BreadQ Kahuripan juga bisa ditemui di GrabFood dan GoFood. 

Meski tumbuh di masa krisis pandemik, di luar dugaan BreadQ Kahuripan malah berhasil membuat beberapa pengembangan produk. Tidak hanya roti, BreadQ juga memproduksi kue pia, cake, cokies, pastry, juga aneka donat kekinian yang amat menggugah selera. Untuk harga roti, berkisar antara 3500 hingga 7000-an rupiah saja. 





Sebagai usaha yang sudah memiliki banyak produk dan outlet, BreadQ Kahuripan tentu memerlukan sistem yang mampu membantu pencatatan transaksi hingga monitoring. “Pada saat kami memutuskan untuk  membantu memasarkan produk melalui outlet, di situ kami sadar bahwa kami butuh sistem POS agar bisa memonitor penjualan dan juga masih terjangkau untuk kami, baik dalam segi biaya ataupun penggunaanya. Sebelumnya mencoba beberapa aplikasi, sampai akhirnya mendapatkan Qasir, yang paling sesuai dengan kondisi kami yang sedang merintis pemasaran,” tutur Adam.

Adam juga menambahkan, selain mudah digunakan, Qasir juga memiliki laporan dan ringkasan penjualan yang cukup lengkap. Dalam kegiatan transaksi harian, Qasir juga dapat membantu pencatatan jadi lebih rapi. Sejak awal penggunaan, BreadQ Kahuripan dibantu oleh tim Qasir. Mulai dari edukasi penggunaan aplikasi, bagaimana memaksimalkan fitur, hingga pertanyaan dan keluhan.  

Meski sudah meraih banyak sekali pencapaian, BreadQ Kahuripan tidak lantas berpuas diri. Mereka masih ingin menambah outlet dan skala produksi agar semakin banyak siswa yang bisa bergabung. Kepada para usahawan, Adam juga berpesan untuk tidak berhenti untuk berusaha. “Proses adalah tujuan kita, sedangkan hasil hanyalah akibat. Teruslah berfikir positif. Satu lagi, kerja tim akan selalu lebih baik ketimbang sendiri,” kata Adam menambahkan.

Jika kamu memiliki usaha yang serupa dengan BreadQ Kahuripan dan mencari lebih dari sekadar aplikasi yang tepat untuk usahamu, pakai Qasir aja, gratis! Klik di sini untuk mendownload. Jika kamu baru ingin bertanya-tanya seputar aplikasi Qasir, kamu bisa hubungi tim Qasir di sini. Baik aplikasi maupun pendampingan tidak ada biaya langganan! Iya, kamu bisa menggunakan semua fitur dasar di aplikasi secara gratis. 

Jika usahamu sudah mulai berkembang dan kamu memerlukan keleluasaan lebih, kamu bisa menggunakan fitur premium yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang sangat terjangkau. Hubungi tim kami di link ini untuk mengetahui informasi seputar fitur premium.

#Qasir

Share artikel ini