Inspirasi

5 Usaha Kecil-Kecilan yang Diremehkan tetapi Menjanjikan

20 Mar 2022, Ditulis oleh peniasih rara

5 Usaha Kecil-Kecilan yang Diremehkan tetapi Menjanjikan

Kehadiran Covid-19 menyadarkan kita betapa pentingnya memiliki bisnis sampingan. Semenjak pertengahan 2020, berapa banyak karyawan yang telah dirumahkan akibat krisis keuangan karena pandemi. 

Oleh karena itu, sudah saatnya mencoba menambah pendapatan di luar gaji sebagai karyawan. Memulai usaha bisa dilakukan dengan dana terbatas sehingga tidak terlalu sulit mengumpulkan modal dan minim risiko kerugian. 

Walaupun terbilang usaha kecil-kecilan, tetapi jangan dianggap remeh. Kalau ditekuni dan diiringi promosi gencar, maka omzetnya lumayan bahkan bisa ditabung. 

1. Laundry

Membuka jasa cuci pakaian alias laundry terbilang menguntungkan. Apalagi jika kamu membuka di dekat area kos dan apartemen. Bagi mahasiswa atau pekerja urban seringkali tak ada waktu untuk mencuci pakaian kotor. Sehingga, mereka butuh penyedia layanan cuci. Selain karena biaya terjangkau juga menghemat waktu istirahat. 

Alasan lain mengapa laundry menjadi usaha menjanjikan yaitu tidak semua orang memiliki lahan untuk menjemur. Jadi, kehadiran jasa kamu membantu memecahkan permasalahan mereka. 

Sedangkan untuk peralatan yang harus ada adalah mesin cuci dan gantungan. Lalu siapkan pula sabun pembersih dan pewangi. Biaya untuk memulai bisnis sekitar Rp5-Rp7 jutaan saja. Apabila kamu ingin meningkatkan omzet, bisa tambahkan layanan seperti setrika kiloan. 

2. Warung Kopi alias Warkop

Warung kopi alias warkop yang dimaksud bukan cafe kopi yang kekinian. Tetapi warung kopi yang menyediakan kopi instan kemasan, mie instan, minuman jahe, hingga bubur kacang hijau. Dengan mengandalkan lokasi jualan di pinggir jalan yang strategis, kamu bisa meraup keuntungan yang sangat lumayan, lho.

Peralatan yang dibutuhkan diantaranya kompor, teko air, gas, gelas, sendok, dan tatakan piring, mangkuk dan masih banyak lagi. Sementara untuk jenis kopi dan mie bisa disesuaikan dengan selera pasar. Sebaiknya, sediakan beragam pilihan menu agar bervariasi. Modal untuk membuka usaha mulai dari Rp6 jutaan.

3. Sembako

Cari usaha yang nggak akan tergerus oleh zaman dan mampu hasilkan keuntungan besar? Jawabannya yaitu membuka usaha sembako. Ya, jualan sembilan bahan pokok di sekitar rumah, dapat menambah penghasilan kamu. 

Jenis usaha satu ini, dijamin tetap eksis walaupun zaman telah berubah. Sebab, semua orang perlu membeli bahan pokok, demi memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Di samping mampu meraup keuntungan, kamu juga bisa menghemat pengeluaran.

Mengapa demikian? Hal ini karena sembako yang dibeli di agen, cenderung dibanderol dengan harga murah. Jadi, bisa beli belanjaan untuk toko dan kebutuhan rumah. 

Peminat sembako cukup tinggi dan salah satu alasan usaha kamu bakal laris yaitu dekat dengan rumah. Biasanya, ibu rumah tangga malas pergi ke supermarket karena lokasinya jauh. Dengan adanya usaha kamu, tetangga dapat terbantu sekaligus. 

4. Gorengan

Usaha kecil-kecilan yang paling laris berikutnya adalah jualan gorengan. Siapa sih yang nggak suka makan gorengan, selain vegetarian dan orang yang lagi diet? 

Mayoritas penduduk Indonesia suka dengan gorengan karena citarasa gurih dan tekstur yang renyah. Jajanan murah meriah ini, cocok dijadikan camilan atau lauk saat tanggal tua.

Hampir di setiap gang dan pelosok kota, setidaknya ditemukan satu penjual gorengan.Walaupun terlihat sederhana dan kurang kekinian, tetapi usaha gorengan mampu bertahan lama. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, sering mengonsumsi gorengan. Terlebih menjelang puasa. Takjil yang paling dicari pasti gorengan dan lontong. 

Keuntungan yang kamu dapat yaitu harga bahan baku cukup terjangkau. Namun, menghasilkan omzet besar. Misalnya, untuk membuat gorengan tempe dibutuhkan modal Rp26 ribu. Lalu kamu berhasil menjual 50 keping gorengan dengan harga Rp1000. 

Jika dikalikan, maka sudah terkumpul Rp50 ribu. Itu hanya dari satu jenis saja, bayangkan kalau kamu menambahkan variasi gorengan lainnya.  

Demi meminimalisir risiko kerugian, ada baiknya menjual menu populer seperti tempe, tahu, bakwan, pisang goreng, dan cireng. 

5. Franchise Minuman

Minuman kekinian paling diganderungi anak muda saat ini, salah satunya boba dan matcha. Di pinggir jalan, banyak sekali orang membuka franchise minuman yang sedang trend. Bisnis yang lagi trend ini juga bisa kamu ikuti, lho. 

Keuntungan memulai franchise adalah minim kerugian dan manajemen bisnis terstruktur. Selain mampu menghasilkan omzet besar karena brand dikenal oleh masyarakat. Sebut saja, brand minuman Haus dan Chatime. 

Membuka franchise minuman turut memudahkan kamu dalam hal promosi. Biasanya, perusahaan membangun dan membantu mitranya mempromosikan produk. Peluang mendapatkan omzet tinggi jadi terbuka lebar. 

Paling penting ketika pilih bisnis franchise, pastikan perusahaan memiliki manajemen yang baik dan memberikan keuntungan lain. Seperti training karyawan dan pelatihan bisnis untuk pemilik usaha. 

Jadi, mana usaha kecil-kecilan yang akan kamu pilih? Walaupun pendapatannya tidak langsung besar, tetapi deretan peluang usaha di atas mampu bertahan lama.

Selain keuntungan, mempertahankan bisnis di tengah banyaknya persaingan juga penting, lho usahawan. Sehingga, jangan menyerah dan tetap konsisten menjalankan usaha ya. 

Baca juga:

Share artikel ini